Gak PD Punya Perut Buncit? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mencegahnya!

Sabtu 11 Februari 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi. Gak PD Punya Perut Buncit, Ini Cara Untuk Mencegahnya (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Gak PD Punya Perut Buncit, Ini Cara Untuk Mencegahnya (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Buncit adalah kondisi peningkatan tekanan perut dan perubahan ukuran lingkar. Perut buncit cenderung mengganggu penampilan sehingga tampil tidak PD atau Percaya Diri.

Sudah menjadi rahasia umum, perut buncit terkadang bertolak belakang dengan impian memiliki tubuh ideal. Ya, tampil lebih PD salah satunya bisa didukung dengan perut rata atau tidak buncit. Apalagi wanita dengan perut buncit biasanya malu bukan kepalang, karena dianggap mengganggu penampilan sehingga tampil tidak PD.

Punya Perut Buncit seringkali bikin Gak PD karena penampilan adalah segalanya bagi siapapun. Perut buncit bisa dialami oleh siapapun, baik laki-laki maupun perempuan. Penyebab perut buncit juga dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti pola makan yang buruk, tidak pernah olahraga, jarang bergerak, dan stres.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Mengutip Verywell Health via Tempo.co, buncit adalah kondisi meningkatnya tekanan perut dan perubahan ukuran lingkar. Makanan manis seperti kue, permen, dan minuman soda menyebabkan kenaikan berat badan, memperlambat metabolisme, mengurangi kemampuan membakar lemak. Asupan rendah protein dan tinggi karbohidrat juga mempengaruhi berat badan.

Sementara menurut laman Medical News Today, faktor utama penyebab perut buncit, yaitu pola hidup tidak sehat, yang mana terlalu banyak lemak perut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung atau diabetes.

Baca Juga: Kenapa Namanya Sukabumi? Sebelum Like Earth Kekinian, Ini Cerita Historis Kota Mochi!

Gak PD Punya Perut Buncit? Coba 5 Cara Ini Untuk Mencegah Perut Buncit. Yuk, Simak seperti dikutip via Eat This!

1. Banyak minum air mineral

Minum air mineral salah satu cara mengurai lemak di tubuh. Minum terlalu banyak minuman kemasan seperti soda, teh, dan kopi spesial menyebabkan perut buncit, karena banyak mengandung gula.

2. Tercukupi asupan protein

Terkadang kebiasaan yang tidak tepat dilakukan mengurangi terlalu banyak kalori untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak mendapat cukup protein dalam makanan. Padahal, protein bermanfaat membangun massa otot dan mengurangi lemak, terutama di bagian perut. Protein bisa membantu kenyang lebih lama.

3. Mengurangi minum alkohol

Minum segelas wine atau anggur merah sesekali ada manfaatnya. Tapi terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dari meningkatkan kemungkinan timbunan lemak perut. Mengkonsumsi alkohol berlebihan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit hati dan peradangan.

Baca Juga: Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi: Tempat Robin Hood Indo, Perampok Emas 70-an Bersembunyi

4. Cukup tidur

Tidur yang cukup 7 jam hingga 8 jam bermanfaat menjaga berat badan. Tidak cukup tidur menyebabkan penambahan berat badan dan lemak. Tidak cukup tidur juga menyebabkan perilaku makan yang tidak sehat yang menjadi penyebab perut buncit. Misalnya, makan bukan karena lapar, tapi dorongan emosional.

5. Olahraga

Mengutip Healthline, jogging mampu menguatkan sistem imun tubuh, memberi efek positif hormon insulin mengurangi risiko diabetes, mencegah stres, dan mengendalikan berat badan. Berjalan kaki pilihan olahraga sederhana yang bermanfaat. Berjalan minimal 30 menit perhari.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 17:03 WIB

Bupati Sukabumi Minta OPD Selalu Evaluasi Kinerja Demi Percepatan Target Pembangunan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menghimbau semua OPD dapat menjaga jiwa korsa sebagai ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memimpin rapat dinas bulan Mei 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)