5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

Jumat 10 Februari 2023, 05:45 WIB
Ilustrasi musim hujan - 5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C. | (Sumber : Pixabay.com).

Ilustrasi musim hujan - 5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C. | (Sumber : Pixabay.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Musim hujan kembali melanda beberapa kota di Indonesia, termasuk wilayah Sukabumi. Belakangan ini cuaca terkadang suka berubah-ubah, dari yang pagi hari terang kemudian siang hari tiba-tiba turun hujan.

Perubahan cuaca itulah yang mengakibatkan orang-orang mudah terserang penyakit seperti flu, demam, diare dan sebagainya. Maka dari itu, di musim hujan ini menjaga kesehatan sangat penting dilakukan.

Untuk itu agar tubuh tetap sehat dan tak mudah terkena penyakit, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya daya tahan tubuh tetap terjaga di musim hujan.

Baca Juga: 2 Anak Gadis yang Hilang di Cireunghas Sukabumi Ternyata Ikut Komunitas Anjal

Mengutip Suara.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar kesehatan tubuhmu tetap kuat.

1. Pastikan waktu istirahat kamu cukup

Setiap orang memiliki jam tidur yang berbeda-beda tergantung usia. Bagi orang dewasa lama jam tidur ideal selama 7 hingga 9 jam perharinya. Waktu tidur yang cukup begitu penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Termasuk Tol Bocimi Seksi 2, Ini 18 Ruas Tol yang Ditarget Beroperasi di 2023

Tidur yang cukup juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatur emosi. Bahkan menurut beberapa penelitian, tidur yang cukup dapat menurunkan emosi negatif hingga 60 persen.

2.Mengonsumsi makanan yang sehat

Rutin mengonsumsi makanan sehat saat musim hujan akan membuat tubuh kamu lebih kebal dari serangan penyakit. Makanan sehat kaya akan vitamin dan gizi yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi saat musim hujan tiba diantaranya sup, kacang almond, teh herbal, minuman dengan rempah kunyit di dalamnya, atau labu.

3.Rajin mencuci tangan

Tangan yang kotor jadi gerbang mudahnya berbagai bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena tangan jadi tempat yang paling sempurna bagi bakteri dan virus untuk menyebarkan berbagai penyakit menular.

Baca Juga: Kebakaran di Cikembar Sukabumi, IRT Penderita Stroke Tewas Terjebak Kobaran Api

Rajin mencuci tangan dengan benar setelah dari toilet atau memegang sebuah benda akan meminimalisir kemungkinan timbulnya diare, gangguan pernapasan, dan infeksi lainnya yang mungkin bisa saja terjadi.

4. Tetap melakukan olahraga ringan dari rumah

Meski musim hujan membuat kamu sulit untuk keluar rumah, tapi jangan sampai membuat kamu tidak berolahraga. Kamu bisa tetap sehat dengan melakukan olahraga ringan seperti workout dengan gerakan yang mudah.

Baca Juga: Sudah Dipulangkan, Ini Motif 2 Anak Gadis di Cireunghas Sukabumi Ikut Komunitas Anjal

Beberapa penelitian menyebutkan, melakukan workout saat musim hujan membuat ketahanan tubuh lebih membaik dan menjadi cara yang tepat untuk melepaskan perasaan stres serta menurunkan risiko depresi.

5. Rutin mengonsumsi vitamin C

Salah satu vitamin yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C mampu mendorong pertumbuhan sel darah putih yang menjadi faktor penting meningkatkan daya imun tubuh seseorang.

Vitamin C bahkan menjadi nutrisi penting yang dapat bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh dan menstimulasi pembentukan antibodi dengan baik. Namun sayangnya, vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga rutin mengonsumsi vitamin C menjadi cara yang tepat.

Baca Juga: Selain Pawai Barongsai, Ada Bazar Cap Go Meh Kota Sukabumi 9-11 Februari

Sebagai salah satu produk vitamin C, Healthy Care Vitamin C 500mg jadi suplemen vitamin C yang mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

Kandungan Asam Aksorbat dan Sodium Aksorbat di dalam satu tablet Healthy Care Vitamin C 500mg, mampu meringankan gejala flu akibat suhu dingin di musim hujan dan menangkal radikal bebas.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 08:00 WIB

7 Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah

Orang introvert yang kecewa pada kita mungkin menjadi lebih tertutup dan kurang responsif terhadap komunikasi atau interaksi sosial.
Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)