Selain Pawai Barongsai, Ada Bazar Cap Go Meh Kota Sukabumi 9-11 Februari

Rabu 08 Februari 2023, 15:17 WIB
Boneka barongsai. Selain atraksi budaya perayaan cap go meh Kota Sukabumi juga akan dimeriahkan bazaar UMKM (Sumber: sukabumiupdate/saddam)

Boneka barongsai. Selain atraksi budaya perayaan cap go meh Kota Sukabumi juga akan dimeriahkan bazaar UMKM (Sumber: sukabumiupdate/saddam)

SUKABUMIUPDATE.com - Perayaan Cap Go Meh di Kota Sukabumi dipastikan tidak hanya menampilkan atraksi dan pawai barongsai. Akan ada bazar cap go meh yang menghadirkan banyak produk lokal Sukabumi, selama tiga hari mulai 9 hingga 11 Februari 2023.

Bazar ini akan memastikan Cap Go Meh Imlek 2023 di Kota Sukabumi semakin semarak. Tenda-tenda bazar sudah terpasang mengelilingi lapang Danalaga Square di Jalan Pajagalan, Warudoyong Kota Sukabumi.

Ajang belanja ini akan berlangsung mulai tanggal 09 Februari hingga 11 Februari 2023, dibuka pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Wisata belanja imlek ini akan menghadirkan beragam produk UMKM Sukabumi, baik kuliner maupun lainnya.

Baca Juga: Cap Go Meh: 11 Februari 2023 Ada Pawai Barongsai di Kota Sukabumi, Cek Rutenya

Kepala Museum Tionghoa Sukabumi, Irman Firmansyah mengatakan, bazar Cap Go Meh 2023 melibatkan beberapa pihak yaitu pihak dari Danalaga Square, Pihak Yayasan Dapuran Kipahare, Museum Tionghoa, dan pelaku UMKM dari area Odeon dan Kota Sukabumi.

“Koordinator bazar adalah tim dari Odeon Kampung naga. Ini kali kedua Bazar Cap Go Meh berlangsung di Kota Sukabumi. Daya tarik pariwisata yang sempat terhenti karena pandemi covid-19. Ajang ini juga menjadi pendongkrak perekonomian rakyat khususnya UMKM” ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (8/2/2023).

Menurut Irman, pembukaan Bazar Cap Go Meh rencananya akan dimeriahkan dengan acara debus dan tarian adat Sunda, namun masih dalam tahap konfirmasi, Selain itu ada penampilan violin, sulap dan angklung di depan Vihara Widhi Sakti.

Baca Juga: Banyak yang Tanya Kapan? Simak Rencana Atraksi Barongsai Cap Go Meh di Sukabumi

Stand-stand penjualan produk UMKM ini mendukung rangkaian keseluruhan dari perayaan Cap Go Meh di Kota Sukabumi. Keberadaannya lanjut Irman tidak terlepas dan selalu mengikuti agenda perayaan dari pengurus Vihara Widhi Sakti.

“Sekarang saja sudah ada 60 Stand yang terisi oleh teman-teman UMKM, mungkin nanti juga ada beberapa stand dari Yayasan Dapuran Kipahare, kita sediakan mungkin maksimal sampai 100 stand, baik pameran maupun jualan, lanjut Irman.

Mulai dari beragam kuliner seperti cemilan, makanan berat, oleh-oleh, stand hiburan seperti persewaan pakaian, dan lain-lain, :Itu yang sudah kita rencanakan untuk diadakan,” Beber Irman.

Baca Juga: Mengenal Gie Sai, Barongsai Singa Hitam Ikon Imlek dan Vihara Widhi Sakti Sukabumi

Ia berharap, acara ini bisa menjadi event besar dan membawa manfaat bagi seluruh masyarakat kota Sukabumi.

“Kita ingin acara ini menjadi event nasional seperti di Bogor dikarenakan perayaan Cap Go Meh di Kota Sukabumi merupakan acara terbesar dan menjadi acara penutup diantara kota-kota lain sejak zaman dahulu. Karena itu acara ini diharapkan bisa menjadi event nasional dan mengangkat potensi ekonomi dan pariwisata sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Sukabumi,” Kata Irman.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan perkumpulan barongsai akan menggelar atraksi jalanan atau pawai di Kota Sukabumi Jawa Barat pada, hari Sabtu 11 Februari 2023. Atraksi budaya yang menjadi penutup rangkaian acara tahun baru Imlek 2574 Kongzili di Kota Sukabumi, yang biasa dikenal dengan nama Cap Go Meh.

Baca Juga: Cerita Penjual Topeng dan Barongsai Mini di Sukabumi, Raup Rp200 Ribu per Hari

Vihara Widhi Sakti di jalan Pajagalan, sebagai pusat perayaan Imlek Kota Sukabumi, memastikan ada pawai atraksi dari banyak perkumpulan barongsai dan liong pada perayaan Cap Go Meh 2023.

Perayaan Cap Go Meh 2023 akan berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu 10-11 Februari, lanjut Jimmy Ong. Di hari Jum’at acara ritual di dalam vihara yang dikhususkan bagi umat saja, “Tapi warga bisa ikut menyaksikan dan biasanya banyak yang hadir karena Joli-Joli sudah terpasang.”

Selanjutnya pawai budaya Cap Go Meh 2023 pada 11 Februari yang akan dimulai pukul 10.00 WIB. Tak hanya Barongsai Gie Sai saja akan tampil dalam Cap Go Meh 2023, sejumlah perguruan barongsai yang terdaftar hingga saat ini sudah ada 10 group.

Reporter: Saddam (Kontributor)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto