3 Manusia Virtual yang Jadi Influencer dan Terima Iklan, Saingi Model dan Artis

Kamis 10 Agustus 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi. Manusia virtual yang menjadi influencer disebut bisa mengancam profesi model dan artis | Foto: Unplash

Ilustrasi. Manusia virtual yang menjadi influencer disebut bisa mengancam profesi model dan artis | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang. Setelah beberapa waktu lalu ramai hadirnya presenter AI, kini juga muncul manusia virtual yang menjadi influencer. Dikenal dengan AI Influencer atau virtual influencer.

Karakter digital ini dibuat menggunakan teknologi AI dengan penampilan dan kepribadian yang nyaris menyerupai manusia. Tak hanya itu, kini mereka mulai mengambil panggung dalam dunia digital.

Melansir dari Tempo.co, para manusia virtual ini aktif di media sosial dan membranding diri mereka sedemikian rupa hingga membuat beragam konten bahkan menerima iklan dari berbagai produk.

Baca Juga: 85 Juta Pekerjaan Akan Diganti Mesin, Apa Itu Artificial Intelligence?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah tiga Virtual Influencer yang sedang populer saat ini dan dianggap bisa menyaingi profesi model dan artis.

1. Luna Digitalis

Salah satu AI Influencer yang mencuri perhatian adalah "Luna Digitalis". Luna memiliki penampilan yang sangat realistis dengan wajah, gaya rambut, dan bahkan tren fashion terbaru. Luna mampu berinteraksi dengan pengikutnya di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan YouTube.

Dengan algoritma canggih, Luna dapat merespons komentar dan pesan pengikutnya dengan tanggapan yang terkesan otentik, menjadikannya seperti sahabat virtual bagi banyak orang.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Punya Pengalaman Trauma Masa Kecil, Yuk Kenali!

2. Max Byte

Tidak hanya Luna, masih ada banyak AI Influencer lain yang semakin populer. Salah satunya adalah "Max Byte", virtual influencer dengan fokus pada industri teknologi dan game.

Max ditampilkan sedemikian rupa dan digambarkan memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai aspek teknologi terbaru dan sering memberikan ulasan produk serta panduan kepada pengikutnya. Dengan cara ini, Max berhasil mendapatkan ratusan ribu pengikut yang tertarik dengan wawasan teknologinya.

3. Lu Do Magalu

Pada tahun 2022, Lu do Magalu adalah influencer virtual yang paling banyak diikuti. Dia memiliki lebih dari 14,6 juta pengikut di Facebook, 6 juta pengikut di Instagram, lebih dari 2,6 juta pelanggan YouTube, dan lebih dari 1,3 juta pengikut di Twitter dan TikTok.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Batin Terluka, Tak Terlihat Tapi Dampaknya Nyata

Dilansir dari metanesia, saat ini, dia juga manusia virtual yang paling banyak muncul di dunia, yang mudah dilihat mengapa dia berada di daftar teratas. Meski begitu, ketenaran dan jangkauannya sebagian besar terbatas pada Brasil, tempat asalnya.

Lu do Magalu pertama kali muncul lebih dari satu dekade lalu atas nama Majalah Luiza, salah satu perusahaan ritel terbesar di Brasil, untuk memasarkan iBlogTV di YouTube. Sejak saat itu, dia muncul dalam ulasan produk, video unboxing, dan dia juga berbagi tip perangkat lunak atas nama raksasa ritel tersebut.

Namun, tren AI Influencer juga menimbulkan berbagai pertanyaan dan perdebatan. Beberapa orang berpendapat bahwa kehadiran mereka bisa mengancam pekerjaan manusia dalam industri kreatif seperti model dan selebritas.

Pendukung AI Influencer berpendapat bahwa mereka hanyalah ekstensi dari kreativitas manusia dan bisa membantu menghasilkan konten yang lebih inovatif. Tidak hanya dalam dunia hiburan, AI Influencer juga mulai masuk dalam dunia bisnis. Beberapa merek telah bermitra dengan AI Influencer untuk memasarkan produk mereka.

Baca Juga: Penuh Kenangan, Armada PO Bus Tertua di Sukabumi Ini Masih Bisa Ditemui

Mereka melihat potensi dalam pengaruh yang dimiliki oleh karakter virtual ini terhadap generasi muda yang semakin terhubung dengan dunia digital. Meskipun keberadaan AI Influencer masih tergolong baru, tren ini terus berkembang. Dengan kecerdasan buatan yang semakin maju, karakter-karakter virtual semakin realistis dan mampu memberikan pengalaman interaksi yang mendekati manusia.

Dalam menghadapi masa depan yang semakin dikuasai oleh teknologi, AI Influencer menjadi contoh nyata bagaimana inovasi dapat membentuk cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.

Meskipun belum ada jawaban pasti tentang bagaimana peran mereka akan berkembang, satu hal yang pasti adalah bahwa virtual Influencer telah membuka pintu menuju dimensi baru dalam dunia digital yang menarik untuk dieksplorasi.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)