Mahasiswa Indonesia Luncurkan MASA AI, Perusahaan Kecerdasan Buatan di Silicon Valley

Kamis 22 Juni 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi. MASA AI akan fokus pada teknologi pendidikan dan pengembangan tenaga kerja Indonesia yang berbasis kecerdasan buatan | Foto: Pixabay

Ilustrasi. MASA AI akan fokus pada teknologi pendidikan dan pengembangan tenaga kerja Indonesia yang berbasis kecerdasan buatan | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Startup ini berasal dari dua inovator muda asal Indonesia Jason Sudirdjo, 20 tahun, mahasiswa Berkeley, kakaknya, Davyn Sudirdjo, 22 tahun, lulusan master Stanford Symbolic Systems dengan fokus di AI.

Ada satu nama lagi yang menjadi co-founder adalah Wilson Liang, 23 tahun,Warga AS, lulusan master, Stanford Computer Science juga dengan fokus di AI. MASA AI adalah perusahaan solusi AI pertama di Indonesia dengan dua unit bisnis dalam vertikal yang berbeda: efisiensi bisnis besar dan pendidikan.

Masa menawarkan Solusi berbasis AI yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dalam tahap awal MASA AI akan fokus pada teknologi pendidikan dan pengembangan tenaga kerja Indonesia yang berbasis kecerdasan buatan.

Dengan sumber daya dari Silicon Valley, MASA AI bertujuan untuk meningkatkan keterampilan 150 juta pekerja dan 50 juta siswa Indonesia, dimulai dengan kemampuan Bahasa Inggris.
Dua produk dari MASA AI itu adalah JennieTest dan JennieSpeak.

Baca Juga: The Beatles Akan Rilis Lagu Terakhir, Suara John Lennon Gunakan Teknologi AI

JennieTest

JennieTest dapat digunakan untuk berlatih untuk TOEFL, IELTS, UTBK-SBMPTN dan bahasa Inggris umum, termasuk tes diagnostik cepat. AI akan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan, memberikan soal latihan tak terbatas, simulasi full test tak terbatas, materi pembelajaran tak terbatas yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dan ini yang menarik, ada robotutor 24/7 real-time atau tutor robot yang bisa Anda tanya apapun sebanyak yang Anda mau.

JennieSpeak

JennieSpeak adalah pelatih berbicara lengkap yang dapat mendeteksi pengucapan & intonasi, ritme & tempo, serta akurasi tata bahasa & kosa kata, sehingga meningkatkan kemampuan berbicara pengguna. Platform ini memulai dengan fokus pada bahasa Inggris, sebuah skill yang dibutuhkan secara universal sebagai fondasi skill-skill lainnya, tetapi sedang meluncurkan bahasa dan subjek lainnya.

JennieTest bisa diakses dengan harga berlangganan hanya Rp.19,000 per dua minggu, dan dapat digunakan tanpa batas. JennieSpeak dihargai sehemat Rp2,500 per praktek berbicara. Ini 95% lebih murah dibandingkan jutaan rupiah yang biasanya siswa habiskan setiap bulan di antara semua kelas zoom, video lessons, subscriptions, past papers, dan textbooks.

Baca Juga: Teknologi AI Tiru Rafathar hingga Messi, Awas Dampaknya pada Data Pribadi!

Tentang MASA AI

MASA AI beroperasi melalui model B2B, di mana mereka bermitra dengan sekolah, platform edtech, dan perusahaan multinasional, serta model D2C, di mana pengguna individual dapat berlangganan secara langsung. Bahkan, sebagai promo peluncuran, mereka menawarkan hadiah kepada pengguna acak, dengan hadiah utama berupa biaya kuliah untuk satu semester.

Mantan menteri perdagangan Indonesia Gita Wirjawan, yang merupakan pendukung kuat kesetaraan pendidikan, dan Daniel Surya Wirjatmo, akan menjabat sebagai dewan penasehat MASA AI.

Laporan PISA menunjukkan siswa Indonesia secara konsisten tertinggal dalam matematika, membaca, dan ilmu pengetahuan. Di atas itu, pada 2022, EF menempatkan Indonesia di peringkat 81 dari 111 negara untuk English Proficiency, jauh di belakang negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Baca Juga: Waspada Penipuan! Teknologi AI Tiru Suara Keluarga Pakai Modus Telepon

Lebih parah lagi, studi World Bank 2018 mengungkapkan hampir 60% guru Indonesia bahkan tidak memiliki akreditasi. Di negara di mana biaya bimbingan belajar berkisar antara Rp65,000/jam untuk opsi termurah hingga Rp750,000/jam untuk layanan khusus, MASA AI menyediakan alternatif berkualitas dengan biaya jauh lebih murah, memastikan bahwa pendidikan dapat diakses oleh semua orang Indonesia di seluruh kepulauan.

"Saya melihat masyarakat kelas menengah atau bawah di Indonesia mengkonsumsi ribuan 'paket belajar'. Anda bayar ratusan ribu, atau seringkali jutaan rupiah, untuk menerima 2- 3 jam seminggu bimbel - dan itu saja yang Anda dapatkan. Kemudian, jika Anda ingin lebih banyak materi belajar, harus bayar lagi. Textbooks? Harus bayar. Video lessons? Harus bayar. Contoh soal latihan? Harus bayar juga. Ketika kehabisan materi? harus beli lagi. Di situlah MASA.AI akan memberikan akses yang murah untuk mereka. Yang bisa dijangkau semua" kata Jason

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel13 Mei 2024, 10:30 WIB

7 Langkah Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Lada Hitam untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Rasa air rebusan lada hitam yang pedas dan hangat membuatnya cocok untuk diminum sebagai minuman penyegar di pagi atau sore hari.
Ilustrasi. Lada hitam untuk mengatasi nyeri sendi. (Sumber : Pexels/KarlinaGrabowska)
Life13 Mei 2024, 10:00 WIB

9 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Bahagia dan Kaya

Ada beberapa kebiasaan yang sering kali terlihat pada orang miskin yang membuatnya sulit untuk meraih kebahagiaan dan kekayaan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang sering kali terlihat pada orang miskin yang membuatnya sulit untuk meraih kebahagiaan dan kekayaan. (Sumber : pexels.com/@rebcenter moscow).
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 09:42 WIB

KPU: Tidak Ada Pendaftar Jalur Perseorangan di Pilkada Kota Sukabumi 2024

KPU Kota Sukabumi telah memberikan informasi dan bantuan teknis kepada calon perseorangan dalam proses penyusunan dan penyerahan berkas dukungan.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi13 Mei 2024, 09:30 WIB

Loker Lulusan SMA di Jakarta, Syarat: Punya Keterampilan Kelistrikan

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jakarta, Syarat Pelamar Punya Keterampilan Kelistrikan.
Ilustrasi.  Loker Lulusan SMA di Jakarta, Syarat: Punya Keterampilan Kelistrikan (Sumber : Istimewa)
Nasional13 Mei 2024, 09:14 WIB

Data Sementara BNPB: 37 Orang Meninggal Akibat Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Perubahan jumlah korban disebabkan dinamika laporan dari masyarakat.
Kondisi setelah banjir lahar dingin di Sumbar pada Sabtu malam, 11 Mei 2024. | Foto: BNPB
Sehat13 Mei 2024, 09:00 WIB

Turunkan Gula Darah Secara Alami,  7 Tips Ampuh dengan Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Sebaiknya Anda melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. (Sumber : Freepik/@xb100)
Food & Travel13 Mei 2024, 08:30 WIB

Sendi Sehat, 8 Cara Konsumsi Makanan Purin yang Benar untuk Penderita Asam Urat

Dengan memperhatikan dan mengontrol asupan makanan purin, penderita asam urat dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat dan menjaga kesehatan sendi.
Ilustrasi. Dengan memperhatikan dan mengontrol asupan makanan purin, penderita asam urat dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat dan menjaga kesehatan sendi. (Sumber : Pexels/RyutaroTsukata)
Sukabumi13 Mei 2024, 08:14 WIB

Diduga akan Transaksi Obat Terlarang, Tiga Pemuda Ditangkap di Ciutara Sukabumi

Penangkapan berawal dari beredarnya video di WhatsApp tentang ketiga orang ini.
(Foto Ilustrasi) Polisi mengamankan tiga pemuda karena diduga akan melakukan transaksi obat-obatan terlarang di Kampung Ciutara RT 20/08 Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life13 Mei 2024, 08:00 WIB

Masalah Ekonomi, 5 Cara Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Meskipun ada banyak faktor yang dapat membuat seseorang sulit untuk meningkatkan kekayaannya dalam kondisi miskin, penting untuk diingat bahwa dengan kerja keras, tekad, dan dukungan yang tepat, masih ada peluang untuk meraih kesuksesan finansial.
Ilustrasi.Masalah Ekonomi, Ketahui Sederet Cara Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/hiteshchoudhary)
Food & Travel13 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kemiri untuk Menurunkan Kolesterol LDL, Ini 7 Langkahnya!

Bisa untuk Menurunkan Kolesterol LDL, Biji Kemiri telah digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk sebagai bahan dalam masakan dan obat tradisional.
Ilustrasi - Biji Kemiri telah digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk sebagai bahan dalam masakan dan obat tradisional. (Sumber : Freepik)