TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Catat! Lokasi Pos Pengamanan Mudik dan Libur Lebaran di Geopark Ciletuh Sukabumi

Kamis 28 Apr 2022, 09:36 WIB
Catat! Lokasi Pos Pengamanan Mudik dan Libur Lebaran di Geopark Ciletuh Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi alias Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark atau CPUGGP, khususnya di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu titik perhatian dalam mudik dan libur Lebaran Idulfitri 1443 Hijiriah. Sebab, diprediksi akan ada lonjakan pegunjung di jalur ini.

Kepala Kepolisian Sektor Ciemas Inspektur Polisi Satu Azhar Sunandar mengatakan jumlah pengunjung tahun ini diprediksi akan meningkat dari dua tahun sebelumnya karena tidak ada penyekatan pencegahan Covid-19. Sejumlah hal dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, salah satunya pendirian posko keamanan di beberapa titik.

"Kami mendirikan posko keamaan di titik rawan kecelakaan lalu lintas, rawan longsor, dan rawan kecelakaan laut," kata Azhar kepada sukabumiupdate.com, Kamis (28/4/2022). Pos-pos ini berada di Tanjakan Dini, Puncak Darma, simpang tiga Batu Cakup, tikungan Cimarinjung, Pantai Palangpang, Curug Sodong, dan Panenjoan.

photoGeopark Ciletuh Sukabumi. Foto ini diambil pada tahun 2011 dan menjadi foto pertama Teluk Ciletuh dari Puncak Darma. - (Dedi Suhendra)

Baca Juga :

Adapun titik rawan kecelakaan lalu lintas di Geopark Ciletuh Sukabumi, khususnya Kecamatan Ciemas, menurut data kepolisian adalah Jalan Panenjoan Desa Tamanjaya, Tanjakan Cipeucang, Jalan Ciwaru, jalur menuju Pantai Palangpang, Tanjakan Cimarinjung Batu Cakup, Tanjakan Aher, tanjakan arah Puncak Darma, dan Tanjakan Dini.

Sementara titik kemacetan diprediksi terjadi di sepanjang jalur Ciwaru menuju Pantai Palangpang, Tanjakan Cimarinjung menuju arah Batu Cakup, Puncak Darma, Puncak Aher. Kemudian lokasi rawan longsor ada di turunan Cipeucang, Tanjakan Curug Cimarinjung, Tanjakan Puncak Aher, dan turunan Puncak Dini. Sedangkan titik rawan kecelakaan laut adalah sepanjang bibir Pantai Palangpang dan Pantai Cisaar Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas.

"Pengguna jalan tetap berhati hati dan periksa kelengkapan kendaraan sebelum melintasi jalur Geopark Ciletuh," kata Azhar. Kepala Puskesmas Tamanjaya Sitty Rochmah mengatakan untuk pelayanan kesehatan pihaknya bergabung bersama posko yang dibentuk kepolisian. "Di posko gabungan di Pantai Palangpang petugas telah disiapkan," ucap dia.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini