Normalisasi DAS Ciletuh Sukabumi Jadi Pembahasan Rakor Penanganan Banjir Ciemas

Sabtu 27 November 2021, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana Banjir melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Merespons hal tersebut, sejumlah unsur melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan dampak Banjir Daerah Aliran Sungai atau DAS Ciletuh.

Rakor yang dilaksanakan di Aula Pendopo Sukabumi, Rabu (24/11/2021) dipimpin Asisten Daerah Bidang Ekonomi Pembangunan juga dihadiri Kepala UPT Balai Cisadea-Cibareno Provinsi Jawa Barat serta Administrasi Perhutani KPH Sukabumi.

Baca Juga :

Pendangkalan Sungai Picu Banjir Rendam Sawah dan Jalan di Ciemas Sukabumi

Adapun dari unsur perangkat daerah teknis Kabupaten Sukabumi yang hadir antara lain Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan BPBD. 

Unsur Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi dihadiri oleh Bagian Administrasi Pembangunan dan Bagian Sumber Daya Alam sedangkan Unsur Bappeda dihadiri oleh Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam serta Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat. Hadir pula dalam Rakor ini Camat Ciemas serta Kepala Desa dari 4 Desa yang terdampak yakni Desa Mekarsakti, Desa Tamanjaya, Desa Mandrajaya dan Desa Ciwaru.

photoWarga berdiri di tengah banjir yang merendam jalan penghubung Desa Mekarsakti dengan Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/11/2021). (Istimewa)</span

Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasit menyatakan pembahasan dalam Rakor ini adalah penanganan tanggap darurat bencana banjir yang melanda 4 Desa di Kecamatan Ciemas serta langkah yang diambil oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi sebagai strategi penanganan banjir baik jangka menengah maupun jangka panjang.

"Rapat koordinasi ini dilakukan dalam rangka penanganan tanggap darurat dan sinergitas perencanaan jangka menengah normalisasi DAS Ciletuh yang menjadi kewenangan Propinsi Jawa Barat," papar Asep.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Science20 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Food & Travel20 Juli 2024, 05:30 WIB

Spot Berburu Kerang, Sisi Lain Pantai Cikadal Sukabumi Lokasi Utama GCS Ke-3

Pantai Cikadal di Desa Mandrajaya Ciemas Sukabumi disebut juga Pantai Patireman. Lokasi favorit berburu tiram atau kerang laut.
Warga saat berburu tiram/kerang laut di Pantai Cikadal atau Pantai Patireman, Desa Mandrajaya, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Life19 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Ciri Kamu Sebenarnya Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka.
Ilustrasi - Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka. (Sumber : Freepik.com)