Strategi UPK Cikakak Kabupaten Sukabumi Bertahan di Tengah Pandemi

Selasa 16 Juni 2020, 05:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam sektor kesehatan, namun juga mengancam sektor ekonomi. Salah satu sektor ekonomi yang terdampak adalah terganggunya kinerja lembaga keuangan yang melayani usaha mikro di perdesaan. 

Seperti dialami oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Lembaga pengelola dana bergulir masyarakat bentukan Program PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) ini masih tetap berkiprah melayani masyarakat Kecamatan Cikakak sampai saat ini, meskipun program PNPM-MPd telah berakhir pada tahun 2014. 

BACA JUGA: Warga Bojonggenteng Sukabumi ke UPK: Anggaran Pemerintah Kalah Dari Bank Emok

Di Kabupaten Sukabumi sendiri terdapat 41 UPK di 41 kecamatan eks lokasi PNPM-MPd dengan kondisi likuiditas UPK yang berbeda-beda. Saat ini Pedoman pelestarian dan pengembangan Dana Bergulir Masyarakat ini diatur melalui Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 79 Tahun 2019.

Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Cikakak, Raini Anggraeni mengatakan untuk bisa bertahan di masa pandemi Covid-19, lembaganya berupaya untuk terus beradaptasi, membuat strategi baru dan bekerja lebih keras lagi. Dia mengatakan UPK Kecamatan Cikakak telah menerapkan berbagai strategi untuk bertahan dari pandemi.

"Dalam situasi sekarang ini, beradaptasi adalah sebuah keniscayaan. Untuk itu kami menyiapkan langkah-langkah strategis supaya mampu bertahan dan bisa terus memberikan manfaat untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19," kata Raini kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/6/2020).

BACA JUGA: UPKDBM Kecamatan Waluran Sukabumi, Kembangkan Modal Usaha

Strategi tersebut antara lain mengatur kembali cashflow lembaga, menerapkan protokol kesehatan, strategi jemput bola pengembalian pinjaman, memberikan relaksasi kepada kelompok pemanfaat dan melakukan pembinaan kepada kelompok pemanfaat agar mampu mengatur keuangan dengan baik. UPK Kecamatan Cikakak menerapkan kelima langkah tersebut karena perlu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak sedang menyerahkan santuan UPK untuk anak yatim yang berasal dari desanya, setelah acara LKPJ UPK tahun buku 2019. | Sumber Foto: Koko Muhamad

Lebih lanjut, Raini mengatakan strategi-strategi tersebut perlu dilakukannya karena dampak pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan tingkat pengembalian pinjaman ke UPK sekitar 20-30 persen, hal tersebut menurutnya disebabkan oleh penurunan daya beli masyarakat. 

"Dengan adanya stimulan berupa Bantuan Sosial (Bansos) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah pusat sampai pemerintah desa, mudah-mudahan bisa meningkatkan kembali daya beli masyarakat di perdesaan," ungkap Raini.

BACA JUGA: Pilih Bank Emok, Warga Bojonggenteng Sukabumi Tunggak Iuran SPP Hingga Rp 1,8 Miliar

Di sisi penyaluran pembiayaan, sampai twirulan kedua semester pertama tahun 2020, UPK Kecamatan Cikakak tidak mengalami penurunan realisasi penyaluran dari target. Hal tersebut, lanjut Raini karena pihaknya menyalurkan pinjaman ke kelompok-kelompok yang masuk kategori lancar yang melanjutkan pinjamannya.

Memasuki persiapan pelaksanaan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) atau new normal, Raini pun optimis keadaan akan berangsur membaik dan akan berdampak pada sektor usaha mikro di perdesaan. 

"Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir, sehingga kami bisa terus melayani dengan optimal dan kembali bisa berbagi dengan masyarakat dari hasil surplus, seperti tahun buku 2019 lalu kami bisa berbagi melalui Baksos dan santunan untuk 105 anak yatim di Kecamatan Cikakak," pungkas Raini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:00 WIB

Berikan Contoh yang Baik! 12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Disiplin dan Penurut

Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut.
Ilustrasi. Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut. (Sumber : Unplash.com)
Life04 Mei 2024, 09:30 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menemukan Jati Diri yang Sebenarnya, Ini Langkahnya

Menemukan jati diri yang sebenarnya memang harus terus dicari oleh setiap orang. Pasalnya, mengenal jati diri bisa membantu hidup lebih bermakna.
Ilustrasi. Cara menemukan jati diri yang sebenarnya. Sumber foto : Pexels/iam hogir
Sehat04 Mei 2024, 09:00 WIB

Rahasia Menaklukkan Kolesterol Jahat dengan 10 Makanan Terbaik Ini

Beberapa makanan baik ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Ilustrasi - Beberapa makanan baik ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. (Sumber : Freepik.com/jcomp).