Produksi Beras 35 Juta Ton/Tahun, Solusi Ayep Zaki Wujudkan Target Pemerintah

Senin 23 Oktober 2023, 09:08 WIB
Target 35 Juta Ton/Tahun, Solusi Ayep Zaki Wujudkan Target Pemerintah (Sumber : Istimewa)

Target 35 Juta Ton/Tahun, Solusi Ayep Zaki Wujudkan Target Pemerintah (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Rencana pemerintah meningkatkan target produksi beras dalam negeri dari 31 juta ton ke 35 juta ton per tahun dinilai sangat baik bagi masyarakat dan realistis untuk diwujudkan. Sebab, Indonesia memiliki potensi dan sumber daya untuk mencapai target produksi beras Indonesia tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, H. Ayep Zaki. Politisi Sukabumi itu menanggapi keinginan Pemerintah yang menargetkan produksi padi nasional menjadi 35 juta ton per tahun.

"Rencana pemerintah menargetkan produksi beras 35 juta ton pertahun ini sangat realistis dan baik, namun ini harus dijabarkan dan dijabarkan secara detailnya," kata Ayep dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Sok Tahu, Selalu Merasa Paling Benar

Bacaleg DPR RI dari Partai NasDem Dapil Jawa Barat IV (Sukabumi Raya) itu juga mengatakan, jika diperhitungkan, target 35 juta ton beras tersebut dengan rendemen 50% maka sama dengan produksi 70 juta ton gabah. Akan tetapi, jika 55% rendemen maka setara dengan 64 juta ton produksi gabah.

Untuk itu, kader NasDem asal Sukabumi itu menyampaikan bahwa target tersebut harus dijabarkan karena produktivitas sawah di Indonesia sangat bervariasi. 

Di daerah subur seperti Karawang, 7-8 ton bisa tercapai. Tetapi ada daerah tertentu yang produktivitas per Ha nya hanya 2-5 ton.

"Tentu saja ini harus dijabarkan, berapa luas lahan panen dalam 1 tahun ini bisa dihasilkan untuk mencapai gabah 64 juta ton gabah yang akan menghasilkan 35 juta ton beras," jelas Ayep.

Baca Juga: Bangun Ekosistem Pertanian, Komitmen Ayep Zaki di Desa Girijaya Nagrak Sukabumi

Di samping itu, Ayep Zaki juga sangat mengapresisasi target tersebut dan pihaknya pun akan mendukung dan mendorong program keberhasilan 35 juta ton beras atau sama dengan 64 juta ton gabah. 

Dukungan Ayep Zaki diwujudkan dengan program peningkatan kualitas dan peningkatan produktivitas budidaya padi dalam negeri. Pihaknya juga memberikan dukungan kepada pemerintah untuk bekerja sesuai dengan regulasi yang ada.

"Jadi bukan hanya dipasang target, tetapi target produksi beras ini per hektarnya berapa ton. Ini yang harus Kementerian Pertanian betul-betul bekerja secara detail, sehingga bisa tercapai. Tapi kalau ini tidak ada, upaya meningkatkan produktivitas dan kerjanya hanya biasa saja, khawatir ini tidak bisa tercapai," tambah Ayep.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Orang Kecewa Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Ayep Zaki yang sudah keliling Indonesia dalam membangun ekosistem pertanian, menyampaikan bahwa untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pada budidaya padi sangat berkaitan erat dengan kualitas bibit yang ditanam dan kualitas pupuk. Karena, menurut Ayep, pupuk memegang peran yang sangat penting, sebagai sumber protein serta nutrisi makro dan mikro untuk kebutuhan budidaya padi sehingga harus terkontrol dengan baik.

"Kedua yaitu kondisi tanah, kita harus membuka diri, cek di lapangan mengenai kondisi tanah di Indonesia ini seperti apa, kita memiliki ahli di bidang tanah apakah memang mampu atau memang harus ada penanganan secara khusus, karena ini unsur hara, unsur makro dan mikro nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman padi apakah sudah memenuhi kebutuhan dari budidaya itu sendiri," katanya.

Untuk itu, Ayep optimis target pemerintah tersebut dapat tercapai dengan hadirnya kolaborasi bersama mitra swasta yang memiliki kemampuan untuk bersama-sama mencapai target bahkan melebihi target 35 juta ton. Yakni dengan memetakan dan merancang model untuk dikembangkan.

"Visi misi ini Insyaallah Ayep Zaki menjamin tidak perlu lagi ada impor beras dan jagung, Indonesia sangat luas. Hanya kata kuncinya sinergi antara swasta dan Pemerintah. Ayep Zaki siap turun tangan, swasta bersama-sama dengan pemerintah kita membahas dan ini dalam tempo lima tahun bisa tuntas seratus persen,"  tutup dia.

(ADV).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)
Entertainment29 Mei 2024, 13:00 WIB

Berawal DM TikTok Bersemi Cinta: Kisah Cinta Sule dan Santyka Fauziah yang Makin Serius

Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan.
Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan. (Sumber : Instagram/@santykafauziah).
Sukabumi29 Mei 2024, 12:51 WIB

Incaran Pedagang Jelang Idul Adha, Ribuan Domba di Pajampangan Sukabumi Siap Kurban

Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024, para peternak atau tengkulak domba di Wilayah Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, sudah mulai persiapkan domba-domba untuk kurban.
Pemeriksaan kesehatan Domba Kurban di Kampung Bedeng Desa Pasiripis Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat29 Mei 2024, 12:30 WIB

Punya Masalah Pencernaan? Yuk, Coba Konsumsi 7 Buah Ini Agar Lancar

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah pencernaan yang kadang sangat mengganggu dan membuat perut tidak nyaman. Maka dari itu, mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi buah secara rutin agar pencernaan lancar
Jika memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk konsumsi beberapa buah-buahan (Sumber : Freepik.com)