Masalah Petani Sayur di Margaluyu Sukabumi, Ayep Zaki Fokus Ekosistem Pertanian

Kamis 12 Oktober 2023, 10:11 WIB
Masalah Petani Sayur di Margaluyu Sukabumi, Ayep Zaki Fokus Ekosistem Pertanian (Sumber : Istimewa)

Masalah Petani Sayur di Margaluyu Sukabumi, Ayep Zaki Fokus Ekosistem Pertanian (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem, H. Ayep Zaki terus membuktikan konsistensinya dalam membangun ekosistem pertanian di Indonesia. Salah satunya memberikan perhatian pertanian sayur unggulan di Desa Margaluyu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam rangka mewujudkan ekosistem pertanian tersebut, Ayep bersilaturahmi dan berdiskusi dengan warga Desa Margaluyu Sukabumi yang berada di ketinggian kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut. Lokasi Margaluyu Sukabumi ini sangat cocok untuk ditanami komoditas sayuran seperti cabai, bawang daun, tomat, sawi, kol dan lainnya.

Masalah Petani Sayur di Margaluyu Sukabumi, Ayep Zaki Fokus Ekosistem PertanianMasalah Petani Sayur di Margaluyu Sukabumi, Ayep Zaki Fokus Ekosistem Pertanian

Para petani Margaluyu Sukabumi, di kesempatan itu menyampaikan beberapa keluhan yang selama ini dihadapi, salah satunya kekurangan lahan untuk bercocok tanam. Begitupun masalah harga pupuk yang tidak stabil, sehingga para petani kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

Baca Juga: Panen Melon di Sukabumi, Ayep Zaki Bahas Manfaat Greenhouse untuk Petani

Ayep Zaki yang juga Pendiri Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) itu, dikenal publik sudah belasan tahun terjun membangun ekosistem pertanian. Dia berkomitmen untuk membantu para petani khususnya petani Sukabumi agar keinginannya dapat terwujud.

"Sebagai penggiat ekonomi, saya berkomitmen akan mengembangkan sektor pertanian khususnya sayuran di Desa Margaluyu, apalagi dengan ketinggian tanah yang kurang lebih 1000 meter di atas permukaan laut ini sangat cocok untuk ditanami sayuran. Beberapa hasil komoditas sayuran akan saya jamin untuk mendapatkan kontrak yang baik dan menguntungkan," ujar Ayep, dalam keterangannya, Selasa (10/10/2023).

Bakal Calon Anggota Legislatif atau Bacaleg DPR RI dari Partai NasDem Dapil Jawa Barat IV (Sukabumi Raya) ini, meyakini Indonesia yang merupakan negara agraris dan mayoritas penduduknya adalah petani. Maka dari itu, seharusnya Pemerintah mampu mengamankan lahan untuk para petani.

Baca Juga: Ayep Zaki Bantu Pemuda Tani Merah Putih, Sacha Inchi Menuju Ikon Pertanian Sukabumi

Ayep menilai, jika para petani harus membeli tanah, itu merupakan hal yang sangat berat dilakukan. Sebab, kebanyakan tanah yang dimiliki petani adalah warisan orangtuanya terdahulu.

Masalah Petani Sayur di Margaluyu Sukabumi, Ayep Zaki Fokus Ekosistem PertanianMasalah Petani Sayur di Margaluyu Sukabumi, Ayep Zaki Fokus Ekosistem Pertanian

"Saya akan bantu menjembatani masalah-masalah yang disampaikan, masalah tanah saya akan coba mencari berapa luasan tanah yang dapat digarap karena petani punya hak untuk mendapatkan garapan tanah. Tanah merupakan bagian paling penting untuk bercocok tanam karena tanah sebagai tempat tanaman untuk tumbuh," pungkas Ayep.

(ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)