Prototipe Kereta Cepat Jakarta-Surabaya yang Dirancang di Dalam Negeri

Selasa 10 Oktober 2023, 14:15 WIB
Pengembangan kereta cepat Jakarta-Surabaya merupakan hasil kolaborasi antara Departemen Desain Produk Industri ITS, BRIN, PT INKA dan LPDP (Sumber : YouTube/LPDP RI)

Pengembangan kereta cepat Jakarta-Surabaya merupakan hasil kolaborasi antara Departemen Desain Produk Industri ITS, BRIN, PT INKA dan LPDP (Sumber : YouTube/LPDP RI)

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah hadirnya kereta cepat Jakarta-Bandung kini Indonesia berencana akan membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. Bahkan saat ini telah dibangun tim untuk merancang prototipe dari kereta cepat tersebut.

Melansir dari Tempo.co, Ketua Tim Peneliti Rancang Bangun dan Prototipe Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Agus Windharto menjelaskan spesifikasi dari rancang bangun dan prototipe kereta cepat yang digarapnya disebut sebagai Kereta Cepat Merah Putih.

Dalam pengembangan tersebut fokusnya melakukan rancang bangunan eksterior dan interior carbody (badan kereta), mulai dari ujung depan sampai belakang, bagian luar dan dalam.

Baca Juga: Cara Naik Whoosh, Cek Syarat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung

“Saya optimis produk ini tidak kalah dengan negara-negara maju yang sudah identik dengan kereta cepat seperti Jepang, Prancis, Jerman, lainnya,” ujar dia dikutip dari situs web Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Selasa, 10 Oktober 2023.

Pengembangan kereta cepat itu merupakan hasil kolaborasi antara Departemen Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), PT Industri Kereta Api (PT INKA), dan LPDP.

Penelitian dilakukan selama tiga tahun yang didanai sebesar Rp 4,895 miliar melalui skema Riset Inovatif Produktif (RISPRO) Kompetisi dari LPDP.

Agus mengatakan dari segi teknologi, rancang bangunan yang dikerjakannya ini mampu menunjang kecepatan kereta. Sehingga kereta cepat akan mampu digeber maksimal hingga 250 kilometer per jam dengan operasionalnya di angka sampai 200 kilometer per jam. “Seandainya diimplementasikan waktu tempuhnya hanya 3 jam 40 menit Jakarta-Surabaya,” kata Agus.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta Cepat di Padalarang, Yuk Liburan!

Menurut Dosen Departemen Desain Produk Industri ITS itu, perbedaan berat gerbong cukup signifikan. Jika berat satu gerbong kereta konvensional dengan 50 penumpang kelas eksekutif mencapai 50-60 ton, maka gerbong kereta cepat yang didesain ini hanya 40-45 ton saja karena berbasis extruded aluminium alloy 6061—alumunium yang dikeraskan mengandung magnesium dan silikon.

Meski memakai bahan alumunium bukan stainless steel dan berbobot lebih ringan, kata Agus, bukan berarti menurunkan kualitas dan mengabaikan keselamatan. Semuanya dirancang dan dihitung sedemikian rupa dengan berbasis empat aspek wajib yang melekat, yaitu reliability (keandalan), availability (ketersediaan), maintainability (pemeliharaan), dan safety (keamanan).

Lingkup riset lain yang dilakukan termasuk desain envelope cabin dan kokpit, studi human factors engineering and ergonomics, pengujian aerodinamis, serta perancangan dan pengujian struktur carbody.

Hasil riset ini selain menghasilkan prototipe desain kereta cepat, juga ada data analisis engineering Computational Fluid Dynamics (CFD) dan Finite Element Analysis (FEA)—metode analisis desain. Termasuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan animasi 3D kereta cepat.

Baca Juga: Makna Kata “Whoosh” Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

“Proyek kereta cepat memang sebuah ‘state of the art’ dari teknologi kereta api. Puncak dari industri perkeretaapian adalah ketika bisa membuat dan merancang kereta api, terlebih ini adalah teknologi kereta cepat,” kata Agus yang juga ikut merancang desain LRT Jabodebek.

Sehingga, lulusan S2 dan S3 di université de Technologie de Compiègne (UTC) Prancis itu mengatakan dengan kereta cepat ini akan terjadi akselerasi penguasaan teknologi. Baik dari pihak perguruan tinggi sebagai peneliti, dan juga BRIN sebagai mitra peneliti, lembaga riset dan pengujian, serta PT INKA sebagai manufaktur.

Dia berharap masuknya era kereta cepat juga bisa ikut berdampak pada peningkatan riset produksi komponen dalam negeri dengan mengurangi impor. Agus menuturkan bahwa ini kesempatan bagi generasi berikutnya untuk melakukan riset komponen-komponen kereta cepat. Karena prospeknya cukup menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan transportasi publik apabila Indonesia ingin mewujudkan mimpi menjadi negara maju.

“Jadi kesempatan riset strategis ini perlu dikembangkan terus kepada generasi muda. Mahasiswa S1-S3, juga anak-anak milenial untuk tertarik tidak hanya di bidang digital startup, tapi juga teknologi manufaktur, teknologi transportasi. Karena ini sangat dibutuhkan di negara kita yang kepulauan,” ucap Agus.

Saat ini, riset rancang bangun dan prototipe Kereta Cepat Merah Putih telah melalui serangkaian tahap analisis dan uji digital yang siap dilanjutkan dengan proses produksi fisik.

Biaya produksi untuk dua car body kereta cepat ini diperkirakan tidak kurang dari Rp 80 miliar. Adapun proses produksi dilakukan oleh PT INKA di Madiun, Jawa Timur, yang ditargetkan rampung pada 2025 dan melalui uji coba sistem pada 2026.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).