Kereta Cepat Diresmikan Jokowi, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit

Senin 02 Oktober 2023, 11:50 WIB
Kereta Cepat Diresmikan Jokowi, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit | Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Kereta Cepat Diresmikan Jokowi, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit | Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sekitar pukul 09.00 WIB di Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada Senin, 2 Oktober 2023.

Peresmian kereta cepat yang diberi nama Whoosh menjadi tanda dimulainya modernisasi transportasi di Indonesia untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, terutama Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya.

Melansir dari Tempo.co, Presiden Joko Widodo menyebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai transportasi modern yang akan mengefisiensikan waktu masyarakat Indonesia dan ramah lingkungan.

"Kereta Cepat Jakarta - Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya," kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip dari Tempo.co pada Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Izin Operasi Sudah Terbit, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan 2 Oktober

Kereta peluru buatan China ini dibangun untuk bisa membawa lebih dari 600 orang dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya dalam waktu 45 menit. Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road China.

Nama Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hemat. Jokowi memberi nama itu sebagai gambaran dari cepatnya laju kereta cepat tersebut.

Dalam acara peresmian, Jokowi mengatakan pemerintah memang menghadapi sejumlah tantangan dalam menggarap proyek ini karena serba baru. Namun dia menjadikannya sebagai pelajaran berharga dan menghasilkan yang lebih baik lagi di masa depan.

"Karena itu saya pesan agar kita semuanya tidak alergi terhadap kritik dan tetap semangat untuk belajar. Karena pengalaman kita membangun infrastruktur, baik jalan tol, pelabuhan, bandara, bendungan, transportasi, telah memberikan pengalaman dan bekal kita untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan," kata Jokowi.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

Mengutip dari Tempo.co, Presiden resmikan proyek ini pada pukul 9.00 WIB di peron tiga Stasiun Kereta Cepat Jakarta - Jakarta Bandung. Peresmian dihadiri sejumlah tokoh seperti Ibu Negara Iriana, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, MenterI PUPR Basuki Hadimuljono, Dirut KAI Didiek Hartantyo, Dirut KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Chairul Tanjung.

Namun berdasarkan siaran langsung peresmian KCJB di akun Youtube resmi Sekretariat Presiden pada Senin (2/10/2023), Xi Jinping tidak tampak hadir. Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di sela acara IdeaFest 2023 pada Minggu, 1 Oktober 2023.

"Besok nggak (ada Xi Jinping), hanya presiden saja," ujar Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Terbaca dari Sikapnya

Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum untuk KCJB pada Selasa, 26 September 2023 yang dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan keluarnya izin operasi ini, KCJB telah memenuhi aspek kelayakan operasional kereta cepat.

“Alhamdulillah seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan,” ujar dia lewat keterangan tertulis pada Minggu, 1 Oktober 2023.

Tarif dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung gratis hingga pertengahan Oktober. Bagi masyarakat Indonesia yang ingin membeli tiket Whoosh bisa melalui laman resmi kcic.co.id.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat17 April 2024, 19:30 WIB

Mudah Dibuat Dirumah, Infused Water Daun Sirsak untuk Mengatur Kadar Gula Darah Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam pengelolaan gula darah tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam pengelolaan gula darah tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest).
Sukabumi17 April 2024, 19:13 WIB

Demokrat Sambut Baik Ayep Zaki Ramaikan Pilkada Kota Sukabumi

DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi, Luviana Adam mengaku sangat respect dengan sosok Ayep Zaki yang merupakan tokoh Sukabumi yang konsen dalam bidang pangan.
Ketua Pembina Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), Ayep Zaki, mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon (bacalon) Wali Kota dari Partai Demokrat, pada Selasa (16/4/2024) | Foto : Sukabumi Update
Life17 April 2024, 19:00 WIB

8 Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua

Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini Sederet Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua
Ilustrasi. Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua. Foto : Pixabay/Mimzy
Sukabumi17 April 2024, 18:33 WIB

Sempat Tutup Jalan, Pohon Setinggi 16 Meter Tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi

Kejadian pohon tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi ini terjadi saat hujan deras dan angin kencang melanda wilayah tersebut.
Proses evakuasi pohon tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi, Rabu (17/4/2024) sore. (Sumber : Istimewa)
Bola17 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Persis Solo di Liga 1 Pekan ke-31

Persija Jakarta vs Persis Solo akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persija Jakarta vs Persis Solo akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : pexels.com/@Tom Fisk).
Sukabumi17 April 2024, 18:09 WIB

Perpustakaan Palabuhanratu Miliki Koleksi Buku Lengkap, Cek Jam Bukanya

Dikelola Diarpus Kabupaten Sukabumi, Perpustakaan Palabuhanratu miliki 4000 koleksi buku.
Unit Pelayanan Perpustakaan Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 April 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Ibu Hamil Agar Janin Dalam Kandungan Sehat dan Selamat Saat Melahirkan

Kumpulan doa untuk buah hati dalam kandungan yang dapat dilafalkan ibu hamil.
Ilustrasi-Kumpulan doa untuk buah hati dalam kandungan yang dapat dilafalkan ibu hamil. | Foto: Freepik/@valeria_aksakova
Sehat17 April 2024, 17:30 WIB

Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Teh daun sirsak sangat mudah dibuat dan manfaat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Teh daun sirsak sangat mudah dibuat dan manfaat untuk menurunkan gula darah. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Musik17 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok

Inilah Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok. Sudah Dengar?
Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok (Sumber : YouTube/FabioAsher)
Bola17 April 2024, 16:00 WIB

Persija Jakarta vs Persis Solo di Liga 1 2023/2024: Head to Head, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Persija Jakarta akan menyambut tamunya Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2023/2024, malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persija Jakarta akan menyambut tamunya Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2023/2024, malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persija/@persisofficial).