Cara Naik Whoosh, Cek Syarat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung

Selasa 03 Oktober 2023, 11:30 WIB
Kereta Cepat Jakarta - Bandung | Cara Naik Whoosh, Cek Syarat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung |  Foto: Dok. KCIC

Kereta Cepat Jakarta - Bandung | Cara Naik Whoosh, Cek Syarat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung | Foto: Dok. KCIC

SUKABUMIUPDATE.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) resmi mengoperasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung ini masih gratis sejak diresmikan pada Senin, 2 Oktober 2023.

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) memiliki kecepatan hingga 350 km/jam yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur. KJCB adalah sebuah layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Terbaru, mengutip Suara.com, pemerintah masih memberikan tarif gratis pada masyarakat yang ingin merasakan naik Kereta Cepat Whoosh. Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung ini berlaku pada Selasa (3/10/2023) hingga pertengahan Oktober 2023.

Cara Naik Whoosh: Syarat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kereta Cepat Diresmikan Jokowi, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit | Sumber: Youtube Sekretariat PresidenKereta Cepat Diresmikan Jokowi, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit | Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Dalam Whoosh Experience Program, penumpang dapat memilih tiket kereta yang diinginkan sesuai jadwal perjalanan yang tersedia dan tidak harus pulang pergi (pp). Penumpang juga sudah mulai menggunakan tiket fisik agar dapat melewati gate in dan gate out.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Orang Tua Pilih Kasih, Perlakuan Tidak Adil pada Anak

Pada masa promo ini, masyarakat bisa memesan tiket Kereta Cepat Whoosh melalui website ayonaik.kcic.co.id dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Registrasi dilakukan hanya di web ayonaik.kcic.co.id
  • Setiap pemesan hanya dapat melakukan registrasi untuk 2 penumpang dalam setiap transaksi
  • Peserta menunjukan Bukti Registrasi Email yang berisi kode booking dan ID Card untuk melakukan penukaran tiket di loket counter stasiun pemberangkatan
  • Nama penumpang yang sudah didaftarkan sesuai ID Card pada saat registrasi tidak dapat diganti pada saat penukaran tiket di loket
  • Penumpang tiba di Stasiun maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang telah dipilih

Mulai 3 Oktober 2023 hari ini, masyarakat sudah bisa naik dan turun di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Padalarang.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Pura-pura Kuat Padahal Sedang Menyembunyikan Kesedihan

Kemudian penumpang dapat melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung menggunakan KA Feeder dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Feeder yang telah disesuaikan dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan Kereta Cepat Whoosh.

Terdapat 8 perjalanan KA setiap harinya dengan 4 rute yang dapat dipesan yaitu:

  • Halim - Bandung
  • Halim - Tegalluar
  • Bandung - Halim
  • Tegalluar - Halim

Untuk bisa sampai ke area stasiun Kereta Cepat Whoosh, KCIC sudah menyediakan sejumlah aksesibilitas dan integrasi moda. Untuk stasiun Halim, calon penumpang dapat melalui DI Panjaitan sebagai akses utama.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Tidak Senang Melihat Kita Bahagia, Bersikap Iri Hati

Selain itu, kawasan Stasiun Halim saat ini sudah terkoneksi dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta relasi Halim - Cawang dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Adapun untuk di Stasiun Padalarang, memiliki aksesibilitas dengan KA Feeder, KA Commuter, dan Exit Tol Padalarang. Sementara untuk Stasiun Tegalluar, disiapkan shuttle bus oleh pihak Damri dan Summarecon untuk mempermudah masyarakat menjangkau area stasiun Kereta Cepat Whoosh.

Selain itu untuk dapat menuju Stasiun Tegalluar juga dapat menggunakan akses keluar tol KM 149 yang beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang yang Sedang Berbohong, Lihat Ekspresi Wajahnya

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sekitar pukul 09.00 WIB di Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada Senin, 2 Oktober 2023.

Peresmian kereta cepat yang diberi nama Whoosh menjadi tanda dimulainya modernisasi transportasi di Indonesia untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, terutama Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya.

Kereta peluru buatan China ini dibangun untuk bisa membawa lebih dari 600 orang dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya dalam waktu 45 menit. Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road China.

Nama Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hemat. Jokowi memberi nama itu sebagai gambaran dari cepatnya laju kereta cepat tersebut.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional22 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah Daftar Pasal Kontroversial RUU Penyiaran yang Diprotes Jurnalis Sukabumi

Sejumlah pasal dalam draf Revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran atau RUU Penyiaran menuai polemik.
Aksi para jurnalis Sukabumi menolak RUU Penyiaran di depan Gedung DPRD Kota Sukabumi, Rabu (22/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Inspirasi22 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Chef & Lifeguard, dengan Penempatan di Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Chef & Lifeguard, dengan Penempatan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life22 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Pantai Angker yang Punya Cerita Mistis di Indonesia, Salah Satunya di Sukabumi

Indonesia selain memiliki keindahan alamnya, tetapi juga mempunyai cerita mistis dibaliknya yang terletak di daerah pantai. Bahkan sejarah dari pantai tersebut memiliki keangkeran cukup seram
Ilustrasi Pantai angker yang punya cerita mistis di Indonesia (Sumber : Pexels.com/@arnaudaudoin)
Jawa Barat22 Mei 2024, 14:42 WIB

Jadi Kuli Bangunan di Bandung? Foto Pegi Alias Perong DPO Kasus Vina Cirebon Beredar

Bersama 2 lainnya, Perong menjadi DPO selama 8 tahun, setelah dinyatakan kabur pasca pembunuhan dan pemerkosaan vina serta kekasihnya Eki pada 2016.
Foto pria yang disebut sebagai Pegi alias perong pasca penangkapan di Bandung (Sumber: istimewa)
Sehat22 Mei 2024, 14:30 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Asam Urat yang Normal? Simak Penjelasannya Disini

Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh.
Ilustrasi - Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Keuangan22 Mei 2024, 14:19 WIB

Paling Banyak Lulusan Sekolah Ini, Menaker Soal 9,9 Juta Anak Muda Nganggur

Menaker Ida menyebut salah satu penyebab tingginya angka pengangguran karena ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki lulusan dengan kebutuhan industri pasar tenaga kerja
Ilustrasi perayaan kelulusan sekolah. BPS catat 9,9 juta anak muda indonesia nganggur (Sumber: istimewa)
Life22 Mei 2024, 14:15 WIB

5 Hantu Terseram di Pulau Sumatera, Ada yang Suka Jahil dan Habisi Nyawa Manusia

Sumatera dikenal memiliki beberapa cerita hantu yang kerap mengganggu penduduk setempat. Cerita mistis tersebut sampai saat ini masih dipercaya oleh mereka sebagai mitologi
Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)
Sukabumi22 Mei 2024, 14:10 WIB

Puskesmas dan Forkopimcam Kalibunder Sukabumi Launching Program Geber Si Jumo

UPTD Puskesmas Kalibunder Kabupaten Sukabumi launching kegiatan Gerakan Bersama Literasi Stunting, Imunisasi, Pencegahan DBD, dan Penanggulangan TBC (Geber Si Jumo), dan Jaga Ibu Hamil Lingkungan Bersih dan Sehat (Jamilah)
Acara launching kegiatan Geber Sijumo (Gerakan bersama iterasi Stunting, Imunisasi, Pencegahan DBD, dan Penanggulangan TBC) dan kegiatan Jaga Ibu Hamil Lingkungan Bersih dan Sehat (Jamillah) Foto : Ragil Gilang
Life22 Mei 2024, 14:00 WIB

Kepribadian dan Hati yang Baik, 10 Hal Menarik Ini Bisa Bikin Jatuh Cinta!

Orang yang menarik cenderung bisa membuat pasangan merasa aman, baik secara fisik maupun emosional, sangat penting.
Ilustrasi. Kepribadian dan Hati yang Baik, Intip Apa Saja Hal Menarik yang Bisa Bikin Jatuh Cinta! (Sumber : Pexels/PolinaTankilevitch)
Bola22 Mei 2024, 13:45 WIB

Siap Hadapi Madura United di Final, Bojan Pastikan Seluruh Pemain Bugar

Pelatih Persib Bojan Hodak cukup yakin saat nanti menghadapi Madura United di Final Championship Series.
Pelatih Persib Bojan Hodak cukup yakin saat nanti menghadapi Madura United di Final Championship Series. | Foto: persib.co.id/Amandeep Rohimah