4 Pantai Terkotor di Indonesia Versi Pandawara Group, Ada Loji Cibutun Sukabumi

Selasa 03 Oktober 2023, 16:30 WIB
Pemandangan sampah di Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/5/2023). | Daftar Pantai Terkotor di Indonesia Versi Pandawara Group, Ada Loji Cibutun Sukabumi | Foto: SU/Ilyas Supendi

Pemandangan sampah di Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/5/2023). | Daftar Pantai Terkotor di Indonesia Versi Pandawara Group, Ada Loji Cibutun Sukabumi | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Rencana aksi bersih-bersih atau Coastal Clean Up oleh Pandawara Group terkait Tumpukan Sampah Pantai Loji di Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi saat ini masih hangat diperbincangkan warganet. Kegiatan yang akan dilakukan pada Jumat-Sabtu, 6-7 Oktober 2023 weekend ini menuai pro kontra dari berbagai pihak.

Meski banyak yang setuju, namun tak sedikit pula pihak yang kontra. Entah dari cara Pandawara Group mengajak bersih-bersih sampah atau pun dengan konsep sistem pembuangan sampah Pantai Loji Sukabumi pasca dibersihkan (respon Saling.Id).

Pandawara Group, sekelompok pemuda asal Bandung yang berencana akan membersihkan sampah di Pantai Loji Sukabumi, menyebut pantai di Desa Cibuntu itu adalah Pantai Terkotor No 4 di Indonesia.

Baca Juga: Ajakan Bersih-bersih Pantai Loji Sukabumi Viral, Apa Itu Coastal Clean Up?

Imbas Pantai Loji Sukabumi diberi label “pantai terkotor di Indonesia” ke-4, netizen penasaran dimana saja pantai terkotor dengan nomor urut satu sampai dengan tiga. Berikut pantai terkotor di Indonesia versi Pandawara Group, dirangkum redaksi sukabumiupdate.com dari berbagai sumber:

Daftar Pantai Terkotor di Indonesia Versi Pandawara Group

Tumpukan sampah di Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.Tumpukan sampah di Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

1. Pantai Teluk Labuan Banten

Pertama, pantai terkotor di Indonesia versi Pandawara Group adalah Pantai Labuan yang berlokasi di desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Merujuk Tempo.co, Pandawara Group pernah melakukan aksi membersihkan tumpukan sampah di pantai Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Senin, 22 Mei 2023 lalu.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

Pandawara Group mengklaim bahwa Pantai Labuan Banten merupakan pantai terkotor nomor satu di Indonesia. Sebelum melakukan aksi, Pandawara Group sudah mengunggah video ajakan untuk ikut bantu-bantu bebersih sampah di pantai tersebut.

2. Pantai Jalan Ikan Selar Lampung

Kedua, pantai terkotor di Indonesia versi Pandawara Group adalah Pantai Jalan Ikan Selar yang berada di Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Merujuk suara.com, Pandawara Group membuat kampanye untuk membersihkan sampah di pantai terkotor di Lampung ini. Ribuan warga sekitar ikut serta dalam membersihkan pantai yang berlokasi di Jalan Ikan Selat, Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras sejak pagi pukul 07.00 WIB, Senin (10/7/2023) lalu.

Hasil bersih-bersih pantai yang diinisiasi oleh Pandawara Group ini mampu mengumpulkan 300 ton sampah. Dinas Lingkungan Hidup Lampung juga telah menurunkan 40 truk pengangkut sampah.

3. Pantai Kesenden Cirebon

Selanjutnya, posisi ketiga sebagai Kedua, Pertama, pantai terkotor di Indonesia versi Pandawara Group adalah Pantai Kesenden yang terletak di Jalan Diponegoro, Kampung Baru Kesenden, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: 9 Cara Menghadapi Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Jangan Tersinggung

Pandawara Group mengajak volunteer untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-78, dengan membersihkan pantai terkotor nomor tiga di Indonesia. Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Kesenden Cirebon dilakukan pada 12-13 Agustus 2023.

4. Pantai Cibutun Loji Sukabumi

Terakhir, Pantai Terkotor No 4 di Indonesia versi Pandawara Group adalah Pantai Loji Sukabumi. Ya, Updaters tentu sudah tidak asing dengan Pantai yang berada di Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenen, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan informasi sukabumiupdate.com di lapangan, pemerintah daerah memastikan aksi clean up Pantai Loji Cibutun Sukabumi yang dipenuhi sampah menjadi bagian dari kegiatan HUT TNI ke 78. Rangkaian karya bakti TNI direncanakan dengan bersih-bersih sampah di pesisir pantai.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Orang Tua Pilih Kasih, Perlakuan Tidak Adil pada Anak

Terpisah, Sahabat Lingkungan atau saling.id dalam unggahan di media sosial menyampaikan, pihaknya sangat mendukung (respect) dengan apa yang dilakukan oleh Pandawara Group untuk bersih-bersih sampah Pantai Loji Sukabumi.

Namun, CEO Saling.Id Dede Ruslan menyatakan pihaknya (Saling.id) belum bisa berkolaborasi dengan Pandawara Group. Hal ini terkait beberapa hal yang masih jadi pertanyaan, seperti soal akan dibawa kemana sampah-sampah Pantai Loji Cibutun Sukabumi setelah dibersihkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat17 Mei 2024, 00:31 WIB

Gelar Workshop, Dewan Pers Bekali Jurnalis Peliputan Pilkada 2024 di Jawa Barat

Puluhan jurnalis dari berbagai media di Jawa Barat mengikuti pelatihan peliputan Pilkada 2024 di salah satu hotel di Bandung, Kamis, (17/5/2024).
Dewan Pers menggelar workshop peliputan Pilkada 2024 untuk media se Jawa Barat | Foto : Syams
Sukabumi16 Mei 2024, 23:37 WIB

Berwajah Lugu, Bupati Sukabumi Heran Rahmat Bisa Tega Bunuh Ibu Kandung Secara Sadis

Bupati Sukabumi Marwan Hamami sudah meminta adanya pendampingan psikologis Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rahmat alias R alias Herang (25 tahun) tersangka kasus pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber : istimewa/warganet)
Sukabumi16 Mei 2024, 22:23 WIB

Kebakaran Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi, Api Muncul dari Ruang Oven

Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi terbakar. Penyebab kebakaran diduga berasal dari ruang oven.
Petugas Damkar saat berupaya memadamkan api yang membakar ruang oven di Pabrik Palet Kayu yang berada di Parungkuda Sukabumi, Kamis (16/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 21:41 WIB

Komitmen Bangun Kota Sukabumi, Ayep Zaki Serahkan Formulir Pilwalkot ke Gerindra

Ayep Zaki resmi daftar Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi.
Ayep Zaki serahkan berkas formulir pendaftaran Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan, Berhenti Sekarang Juga!

Begadang atau kurang tidur yang kronis dapat memiliki dampak yang berkepanjangan terhadap kesehatan.
Ilustrasi. Overthinking di Malam Hari. Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan . Sumber: Freepik/pressfoto
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 20:39 WIB

Serentak, KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Resmi Lantik PPK Untuk Pilkada 2024

Jelang Pilkada 2024, sebanyak 35 PPK di Kota Sukabumi dan 235 PPK di Kabupaten Sukabumi dilantik serentak.
Suasana pelantikan PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 Mei 2024, 20:30 WIB

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari Saat Terjadi Serangan Asam Urat

Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)