Kerap Jadi Sasaran Maling, Ini 6 Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor

Selasa 20 Desember 2022, 17:30 WIB
(Ilustrasi) Penting mengetahui cara menghindari tindak pencurian sepeda motor agar aman dari maling (Sumber : Unplash/Emre)

(Ilustrasi) Penting mengetahui cara menghindari tindak pencurian sepeda motor agar aman dari maling (Sumber : Unplash/Emre)

SUKABUMIUPDATE.com - Sepeda motor kerap kali menjadi sasaran pencurian, telah banyak modus yang dilakukan maling untuk menggasak motor.

Karena itu, pemilik sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaan baik saat memarkir kendaraan di manapun termasuk ketika di rumah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan motor dari tindak pencurian mulai hal simpel sampai dengan yang kompleks.

Baca Juga: Tampilan Mewah Pajero Sport 2023, Versi Hybrid dan Lebih Sangar

Tujuannya sama, yaitu meminimalkan pencurian motor yang tentu sangat merugikan, baik materi maupun waktu.

Melansir dari Suara.com, Yamaha membagi tips antimaling motor yang bisa diterapkan agar lebih aman.

Tips pengamanan motor dari tindak pencurian

Baca Juga: Wow! BPS Ungkap Masyarakat Sukabumi Lebih Suka Jengkol daripada Wortel

1. Gunakan Kunci Ganda

Gunakan fitur keamanan tambahan, karena semua tingkat keamanan motor pasti punya peluang ditembus. Tetaplah menggunakan kunci ganda di area lain misalnya kunci disc, alarm dan alat lainnya.

2. Hati-hati saat Menyimpan Motor

Jangan simpan motor sembarangan karena motor yang paling rentan dicuri adalah yang ditaruh di luar pagar. Apalagi di daerah padat penduduk, di mana biasanya warga sekitar malah kurang menghiraukan hal-hal di sekitar mereka.

Perhatikan pengamanannya meski tidak menggaransi keamanan 100 persen, selalu tinggalkan motor dalam keadaan terkunci setang. Selain itu, bisa juga ditambah dengan gembok pelek, atau gembok rem cakram. Paling tidak pencuri akan berpikir dua kali sebelum melakukan aksinya.

Baca Juga: 11 Perceraian Artis Indonesia yang Bikin Heboh Sepanjang Tahun 2022

3. Kunci Stang ke Arah Kanan

Untuk memaksimalkan keamanan, sebaiknya stang motor dikunci ke arah kanan. Meski tak sepenuhnya mencegah pencurian, minimal bisa mempersulit usaha si pencuri. Karena mengunci setang ke kanan tidak memberikan banyak ruang kepada maling untuk membobolnya.

4. Pasang Alarm Kemanan

Menambahkan alarm masih menjadi salah satu indikator maling yang ampuh. Jika motor disentuh secara tidak sengaja atau secara sengaja, motor akan memberikan sinyal dan membunyikan alarm dengan keras dan tentunya akan membuat maling panik dan membuka peluang maling jadi ketahuan.

Baca Juga: Ada Bestie dan Cepmek, Ini 7 Kata yang Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang 2022

5. Lepas Beberapa Komponen Penting

Jika motor ditinggal di rumah untuk waktu yang lama karena melakukan perjalanan jauh, bisa melepaskan beberapa komponen penggerak dari motor yang vital. Misalnya melepas busi, ban, atau yang lainnya. Jika sudah dilepas, letakkan di tempat lain yang berbeda dengan motor.

6. Keyless Ignition System

Gunakan keyless ignition system yang sekarang sudah menjadi fitur wajib pada motor baru. Sistem ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling karena tak punya lubang kunci dan starter tidak akan bisa menyala jika remote berada lebih dari 1 meter dari kuncinya, ini akan menyulitkan maling untuk menyalakan motor.

Baca Juga: Lirik Lagu Mangku Purel dari Pakdhe Kabul dan Mukidi, Bikin Betah Goyang

Meskipun tidak semua motor mempunyai fitur ini, namun jika membeli motor baru, pastikan motornya sudah memiliki fitur ini karena sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Info

Telah Hilang STNK Sepeda Motor

Selasa 20 Desember 2022, 11:19 WIB
Telah Hilang STNK Sepeda Motor
Berita Terkini
Sukabumi27 Februari 2024, 01:34 WIB

Golkar Potensi Kuasai DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Suara Tertinggi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melaporkan update pemilihan DPRD Kabupaten Sukabumi melalui situs pemilu2024.kpu.go.id.
Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto Ist
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang