Ingin Diet Sukses? Ini 15 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Sebulan

Rabu 03 Juli 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan jika ingin menurunkan berat badan dalam sebulan (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan jika ingin menurunkan berat badan dalam sebulan (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak bisa dipungkiri bahwa berat badan merupakan aspek penting yang harus dijaga agar tubuh tetap sehat serta untuk menunjang penampilan. Jika memiliki lemak berlebih, segeralah diet untuk menurunkan berat badan.

Namun, bagi mereka yang masuk dalam kategori kegemukan bahkan obesitas, menurunkan berat badan adalah wajib karena berkaitan dengan kesehatan. Sudah pasti, diet haruslah menjadi pola hidup yang dijalankan hingga berat badannya ideal.

Mengutip dari laman Pristyn Care, misi menurunkan berat badan sering kali dimulai dengan tekad dan semangat tinggi, tetapi banyak yang berakhir dengan kegagalan diet karena kelesuan dan ketidakdisiplinan merayapi hidup kita.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Sudah Tidak Bahagia Meski Saling Mencintai

Terkadang, kita harus segera menurunkan berat badan, mungkin dalam sebulan, dan kita menjadi cemas dan bingung tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara menjadi bugar dalam waktu singkat.

Dikutip dari laman yang sama, terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh jika ingin diet sukses dan berhasil menurunkan berat badan dalam sebulan. Tentunya ini perlu komitmen dan konsistensi dari dalam diri kita.

15 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Sebulan

1. Mulai Menghitung Kalori

Dengan perubahan gaya hidup dan pola makan lainnya, mulailah menghitung dan mengawasi asupan kalori harian. Ini akan membantu mengetahui berapa banyak kalori yang sebenarnya dikonsumsi.

Baca Juga: 4 Kunci Sukses Diet Rendah Karbohidrat, Turunkan Berat Badan dan Raih Tubuh Ideal

Jika kalori yang dikonsumsi jauh lebih banyak daripada yang digunakan, maka sudah saatnya untuk membatasi asupan kalori karena sebagian besar kalori diubah menjadi lemak.

2. Jauhi Karbohidrat Olahan

Kita harus memilih diet bergizi setiap hari daripada diet biji-bijian olahan karena karbohidrat olahan berada di urutan teratas makanan yang dapat menambah berat badan. Ganti roti putih, makanan olahan dalam kemasan dengan produk biji-bijian utuh seperti jelai, beras merah, dan oat.

3. Gunakan Lebih Banyak Kardio

Latihan kardio yang lebih banyak akan membantu membakar kalori dengan cepat dan membantu penurunan berat badan. Menambahkan latihan kardio ke dalam rutinitas akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Jadi, berkeringatlah lebih banyak untuk mendapatkan lekuk tubuh yang indah!

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat: Bisakah Bantu untuk Menurunkan Berat Badan?

4. Makanlah Perlahan, Jangan Mengunyah Terlalu Cepat

Makan perlahan menciptakan psikologi bahwa perut sudah kenyang dan telah makan dengan baik. Makan perlahan juga meningkatkan hormon tertentu dalam tubuh yang mengirimkan sinyal ke otak mengenai rasa kenyang saat lapar dan makan berlebihan. Makan perlahan tentu dianggap dapat mengurangi asupan dan membantu penurunan berat badan.

 

5. Pemilihan Minuman Penting

Memilih minuman yang lebih sehat daripada soda, jus, dan minuman kemasan akan memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan penurunan berat badan yang cepat, karena cairan memainkan peran yang sangat penting dalam diet.

Karena begitu banyak gula yang dikonsumsi dengan cairan dalam tubuh sekaligus. Jadi lebih baik pilih air putih daripada pemanis lainnya, kopi hitam dalam jumlah sedang juga diyakini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Contoh Rencana Diet Seimbang untuk Penderita Diabetes: Jaga Kadar Gula Darah

6. Konsumsi Makanan Berserat

Makan lebih banyak serat membantu mengurangi berat badan dan asupan kalori. Serat membuat merasa kenyang dan juga membantu membersihkan usus. Setidaknya 25-38 gram serat harus dikonsumsi setiap hari melalui sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

7. Perhatikan Jam Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting saat memulai program penurunan berat badan karena tubuh yang kurang tidur akan mengeluarkan hormon yang akan menimbulkan rasa lapar.

8. Makan Sarapan yang Kaya Protein

Sarapan dengan protein tinggi akan membuat merasa kenyang dan berenergi serta menurunkan kadar hormon pemicu rasa lapar. Kita juga dapat menyertakan gandum, telur, selai kacang, dan yogurt dalam sarapan yang kaya protein.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Perilaku Anak yang Suka Menentang dan Sulit Diatur

9. Puasa Intermiten

Kita dapat melakukan puasa intermiten karena puasa dapat meningkatkan pembakaran lemak, memperbaiki metabolisme, dan mempertahankan massa tubuh tanpa lemak untuk mendukung penurunan berat badan. Ini termasuk siklus puasa selama 16-24 jam berturut-turut.

10. Latihan Beban Tubuh atau Latihan Dengan Peralatan Olahraga

Ini adalah dua cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan latihan ketahanan. Latihan ini juga meningkatkan metabolisme sehingga penurunan berat badan menjadi lebih mudah.

11. Hindari Bumbu dan Saus

Saus dan topping lezat pada makanan mungkin tampak sedikit jumlahnya, tetapi tidak baik untuk yang berencana menurunkan berat badan. Mengurangi dan menggantinya dengan alternatif rendah kalori dapat membantu penurunan berat badan.

Baca Juga: 7 Strategi Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dalam Waktu Sebulan

12. Konsumsi Lebih Banyak Sayuran

Konsumsi sayur akan meningkatkan asupan serat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini akan meningkatkan proses penurunan berat badan dan menurunkan risiko obesitas karena pada akhirnya akan menyebabkan asupan kalori yang lebih sedikit.

Baca Juga: Warga Temukan Lubang Batu Penunggu Curug Cimarinjung Sukabumi Terdampar di Sawah, Beratnya 9 Kg!

13. Hindari Gaya Hidup yang Tidak Banyak Bergerak

Duduk berjam-jam di meja kantor akan membuat tubuh cepat gemuk. Hal ini juga diketahui dapat menyebabkan kekakuan otot dan masalah nyeri tubuh. Jadi, gerakkan tubuh secara teratur.

14. Latihan Interval Intensitas Tinggi

Menambahkan latihan HIIT ke rutinitas akan membantu membakar kalori 20-30% lebih banyak daripada aktivitas lainnya. Sertakan lari, bersepeda, dan latihan ketahanan selama 30 menit dalam rutinitas untuk melihat hasil terbaik.

15. Jadikan Air Sebagai Sahabat Terbaik

Minumlah lebih banyak air untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuh sehingga pencernaan berjalan baik dan tetap terhidrasi, sehingga memberikan hasil terbaik dalam menurunkan berat badan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang