Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sabtu 15 Juni 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)

Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun orang tua mungkin bertanya-tanya seperti apa rupa anak-anak berbakat agar bisa melihat apakah anaknya memiliki hal tersebut. Karena Mengkategorikan seorang anak sebagai anak berbakat sulit dilakukan karena tidak semua orang sepakat dengan definisi "berbakat".

Namun, para psikolog dan pendidik telah cukup meneliti anak-anak berbakat dengan memberikan gambaran tentang sifat-sifat yang cenderung dimiliki anak-anak tersebut. Sekolah melihat ciri-ciri ini bersama dengan tes IQ dan skor prestasi lainnya untuk membantu mengidentifikasi siswa berbakat.

Namun, tidak semua memerintah mengamanatkan program berbakat di sekolah, dan hanya 29 negara bagian yang memiliki perintah atau dana agar bisa dialokasikan untuk program berbakat.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Kepala sekolah atau administrator distrik sekolah anak-anak dapat memberikan rincian tentang pendidikan berbakat yang tersedia di sekolah anak Anda.

Mengutip dari laman verywellfamily, berikut beberapa hal yang dapat pihak sekolah lakukan untuk mengidentifikasi anak berbakat :

1. Skor IQ

Tes Intelligence Quotient (IQ) dapat digunakan untuk menentukan keberbakatan pada beberapa anak. Bergantung pada tes mana yang digunakan, rentang IQ berbakat adalah sebagai berikut:

  • Berbakat ringan: 115 hingga 129
  • Berbakat sedang: 130 hingga 144
  • Sangat berbakat: 145 hingga 159
  • Sangat berbakat: 160 hingga 179
  • Sangat berbakat: 180 atau lebih tinggi

Rentang ini didasarkan pada kurva standar. Kebanyakan orang berada dalam kisaran antara 85 dan 115, dengan 100 adalah norma absolut. Kisaran ini dianggap normal.

Semakin jauh dari norma absolut 100 seorang anak, semakin besar pula kebutuhan akan akomodasi pendidikan khusus, terlepas dari apakah jaraknya di atas atau di bawah 100.

Baca Juga: 11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

2. Bakat Luar Biasa

Bakat luar biasa adalah kemampuan untuk melakukan suatu keterampilan pada tingkat yang biasanya baru dicapai ketika usia lanjut, kadang-kadang sampai bisa usia dewasa.

Anak usia 3 tahun mungkin membaca seperti anak kelas tiga, atau anak usia 9 tahun mungkin bermain piano seperti anak berusia 18 tahun yang telah belajar selama bertahun-tahun.

3. Prestasi Tinggi

Anak-anak berbakat biasanya tidak selalu berprestasi tinggi. Bahkan ketika tidak mendapat nilai bagus di kelas, mereka cenderung mendapat nilai tinggi dalam tes prestasi, paling sering pada kisaran persentil 95–99.

Anak-anak ini senang belajar. Minat mereka dalam belajar dikombinasikan dengan kemampuan untuk mengambil konsep-konsep baru dengan cepat dan mengingatnya dengan mudah akan memungkinkan anak-anak berbakat untuk berhasil.

Namun, anak-anak berbakat sering kali tidak termotivasi untuk berhasil di sekolah karena penghargaan eksternal seperti nilai. Sebaliknya, orang yang berprestasi tinggi termotivasi oleh hal-hal seperti pujian, nilai tinggi, dan penghargaan dari rekan-rekan mereka.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

4. Tantangan Identifikasi

Ada ciri-ciri tertentu yang terlihat pada anak-anak berbakat yang tidak atau tidak dapat diuji oleh sekolah.

Sensitivitas yang meningkat sangat umum terjadi pada anak-anak berbakat sehingga merupakan salah satu ciri yang membedakan mereka dari anak-anak lainnya.

Anak-anak berbakat mungkin sensitif secara emosional, menangisi apa yang dianggap sepele oleh orang lain, atau mungkin sensitif secara fisik, seperti terganggu oleh label kaos atau jahitan kaos kaki.

Motivasi intrinsik berarti siswa berbakat mendapatkan motivasinya dari dalam, bukan dari imbalan eksternal seperti stiker atau bahkan nilai. Mereka termotivasi oleh minat dan tantangan. Bahkan jika anak berbakat tidak berprestasi di sekolah, mereka mungkin masih belajar dan berprestasi sendiri di rumah.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong Kepada Kita, Ini Tandanya!

Selain itu, ketidaksesuaian membuat anak-anak berbakat merasa tidak perlu menyesuaikan diri, mengikuti aturan, atau menyelesaikan pekerjaan rumah yang mereka anggap tidak berarti. Karakteristik ini dapat menimbulkan akibat yang ironis yaitu rendahnya prestasi akademis, yang mungkin membuat frustasi baik bagi anak maupun orang tua.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel23 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat!

Semoga Resep Petis Rujak ini membantu menikmati kelezatan mangga muda dengan petis!
Ilustrasi. Resep Petis Rujak Mangga Muda, Rasanya Asam Segar Pedas dan Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)
Life22 Juli 2024, 20:30 WIB

6 Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Setiap Malam

Melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap malam, orang sukses mampu menjaga keseimbangan hidup, meningkatkan produktivitas, dan meraih tujuan mereka dengan lebih efektif.
Ilustrasi - Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari yang Dapat Kamu Tiru. (Sumber : Freepik.com/@freepik)