Orang Tua Terlalu Protektif, 10 Kesalahan Mendidik Ini Bikin Anak Sulit Diatur!

Jumat 14 Juni 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi. Orang Tua Terlalu Protektif, Kesalahan Mendidik Ini Bikin Anak Sulit Diatur! (Sumber : Pexels/August de Richelieu)

Ilustrasi. Orang Tua Terlalu Protektif, Kesalahan Mendidik Ini Bikin Anak Sulit Diatur! (Sumber : Pexels/August de Richelieu)

SUKABUMIUPDATE.com - Mendidik anak adalah tugas yang kompleks dan penuh tantangan.

Terkadang, tanpa disadari, orang tua mungkin membuat kesalahan yang dapat menyebabkan anak sulit untuk diberi tahu atau diatur.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan orang tua saat mendidik dan dampaknya terhadap anak, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Dampak Kesalahan Mendidik Orang Tua

1. Terlalu Protektif

Dampak: Anak tidak belajar bagaimana menghadapi tantangan dan memecahkan masalah sendiri. Kesalahan mendidik anak ini bisa menjadikan anak terlalu bergantung pada orang tua dan kurang percaya diri.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Diabetes: Manfaat dan Durasinya

2. Kurangnya Konsistensi

Dampak: Anak bingung tentang apa yang diharapkan dari mereka. Ketika aturan dan konsekuensi tidak konsisten, anak bisa merasa tidak ada kejelasan dan cenderung mengabaikan arahan.

3. Berteriak atau Menggunakan Hukuman Fisik

Dampak: Berteriak atau hukuman fisik bisa menimbulkan rasa takut dan mengurangi rasa hormat anak terhadap orang tua. Kesalahan mendidik anak ini bisa membuat anak menolak arahan dan merasa benci atau marah.

4. Kurangnya Komunikasi Efektif

Dampak: Anak mungkin merasa tidak didengarkan atau tidak dipahami, yang dapat membuat anak tidak mau mendengarkan orang tua.

Komunikasi yang tidak efektif bisa menyebabkan kesalahpahaman dan ketidakpatuhan.

Baca Juga: Rasa Ingin Tahu Tinggi, Ini 12 Tanda Anak Akan Sukses di Masa Depan!

5. Terlalu Banyak Mengkritik

Dampak: Kritik yang berlebihan dapat merusak harga diri anak. Anak sulit diatur karena mungkin merasa tidak pernah cukup baik dan akhirnya menolak nasihat atau instruksi karena merasa tidak dihargai.

6. Menuntut Terlalu Banyak

Dampak: Ekspektasi yang terlalu tinggi dan tuntutan yang berlebihan bisa membuat anak merasa tertekan dan stres. Anak sulit diatur karena dan menjadi pemberontak atau menarik diri karena merasa tidak mampu memenuhi harapan.

7. Memberikan Contoh yang Buruk

Dampak: Anak sering kali meniru perilaku orang tua mereka. Jika orang tua tidak menunjukkan perilaku yang baik, seperti disiplin atau kejujuran, anak akan kesulitan untuk menerima nasihat atau aturan yang diberikan.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

8. Kurangnya Waktu Berkualitas

Dampak: Tanpa waktu yang cukup bersama orang tua, anak mungkin merasa kurang diperhatikan dan dihargai. Kesalahan mendidik anak ini bisa membuat mereka tidak mendengarkan atau menghormati arahan dari orang tua.

9. Mengabaikan Perasaan dan Pendapat Anak

Dampak: Ketika perasaan dan pendapat anak tidak dihargai, mereka mungkin merasa tidak penting dan menjadi sulit untuk diberi tahu. Anak sulit diatur karena merasa frustasi dan kurang motivasi untuk mengikuti arahan.

10. Tidak Memberikan Pilihan atau Kebebasan

Dampak: Anak yang tidak pernah diberi pilihan atau kebebasan untuk membuat keputusan sendiri mungkin menjadi kurang mandiri dan pemberontak sehingga sulit diatur. Anak perlu belajar membuat keputusan dan menerima konsekuensinya.

Baca Juga: Gampang! Ini 5 Cara Tepat Mengolah Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Cara Menghindari Kesalahan Mendidik Anak

  • Berikan Dukungan dan Dorongan:

Pastikan anak merasa didukung dan dihargai. Berikan pujian yang tulus dan dorongan saat mereka melakukan hal yang benar.

  • Konsisten dengan Aturan dan Konsekuensi:

Tetapkan aturan yang jelas dan konsisten serta pastikan konsekuensi diterapkan dengan adil.

  • Gunakan Komunikasi yang Efektif:

Dengarkan anak dengan penuh perhatian, gunakan bahasa yang positif, dan pastikan komunikasi dua arah.

  • Jadi Contoh yang Baik:

Tunjukkan perilaku yang baik yang bisa ditiru oleh anak. Anak belajar banyak dari tindakan orang tua.

  • Berikan Ruang untuk Berkembang:

Beri anak kesempatan untuk membuat keputusan sendiri dan belajar dari kesalahan mereka. Cara mendidik anak dengan baik ini membantu mereka menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab.

  • Luangkan Waktu Berkualitas:

Habiskan waktu berkualitas bersama anak, dengarkan mereka, dan tunjukkan bahwa Anda peduli.

Baca Juga: Filantropi Berbagi Rezeki, 10 Cara Hidup Sukses Secara Ekonomi dan Materi

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan mendidik ini, orang tua dapat membantu anak menjadi lebih responsif terhadap arahan dan nasihat, serta mendukung perkembangan mereka menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Dukung Kenyamanan Mobilitas, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola24 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Arema FC Grup B Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : X/@BaliUtd/Istimewa).
Nasional24 Juli 2024, 18:59 WIB

Vonis Bebas untuk Terdakwa Pembunuhan Dini, Wanita Sukabumi di Surabaya

Dini Sera Afriyanti tewas usai dugem bersama kekasihnya Gregorius Ronald Tannur di salah satu tempat hiburan malam yang ada di Jalan Mayjen Jonosewejo, Lakarsantri, Surabaya Rabu, 4 Oktober 2023 malam.
Gregorius Ronald Tannur menangis saat konfrensi pers pengungkapan kasus dugaan pembunuhan terhadap dini (Sumber: istimewa)