Selalu Tanggapi Masalah dari Berbagai Sisi, Ini 8 Ciri-ciri Orang Berpikir Kritis

Senin 10 Juni 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi ciri-ciri orang berpikir kritis selalu mencari tahu cara memecahkan masalah (Sumber : Pexels.com/@ AndreaPiacquadio)

Ilustrasi ciri-ciri orang berpikir kritis selalu mencari tahu cara memecahkan masalah (Sumber : Pexels.com/@ AndreaPiacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Berpikir kritis merupakan kata kunci yang sedang populer akhir-akhir ini. Lebih dari sekedar istilah trendi, cara berpikir macam ini adalah keterampilan penting yang membedakan seseorang dalam memandang suatu masalah.

Berpikir kritis bukan tentang menjadi orang yang sinis atau selalu mencari-cari kesalahan, namun lebih ke tentang menilai informasi secara objektif, membuat penilaian yang masuk akal, dan memecahkan masalah secara efisien.

Lantas, seperti apa ciri-ciri orang yang berpikir kritis? Yuk, simak uraian berikut sebagaimana dikutip dari laman hack spirit:

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Alasannya!

1. Punya Pendapat Sendiri

Salah satu ciri pemikir kritis adalah kemampuan membentuk dan mempertahankan opini sendiri, bukan sekedar mengadopsi apa yang populer atau mudah.

Kita semua dipengaruhi oleh orang-orang dan lingkungan di sekitar kita. Itu sifat manusia. Namun pemikir kritis berbeda.

Orang yang berpikir kritis tidak hanya mengikuti arus atau menerima informasi begitu saja, namun mempertanyakan, menyelidiki, dan menganalisis sebelum menarik kesimpulan.

2. Melihat Masalah dari Berbagai Sisi

Tanda seorang pemikir kritis adalah mereka dapat mempunyai sudut pandang yang berbeda, bahkan sudut pandang yang tidak mereka setujui. Ini bukan tentang bersikap ragu-ragu, namun tentang memahami kompleksitas permasalahan.

Kemampuan untuk melihat berbagai sisi suatu argumen dan berempati dengan perspektif yang berbeda merupakan tanda pasti dari seorang pemikir kritis.

3. Selalu Penasaran

Pemikir kritis pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu. Mereka bertanya, mencari jawaban, dan tidak pernah puas hanya dengan informasi permukaan saja. Keingintahuan seseorang terhadap suatu hal bukan hanya tentang mengumpulkan pengetahuan, namun tentang memahami dunia secara lebih mendalam.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

4. Berpikiran Terbuka

Berpikiran terbuka sejalan dengan pemikiran kritis. Ini tentang menerima ide-ide baru, bahkan ketika ide-ide tersebut menantang keyakinan atau pemahaman Anda saat ini.

Pemikir kritis tidak menerima atau menolak informasi begitu saja, namun menerima, menimbang, dan mempertimbangkan manfaatnya sebelum mengambil keputusan.

Orang yang berpikiran terbuka dapat menyesuaikan pandangannya ketika dihadapkan dengan bukti baru atau argumen yang meyakinkan.

5. Menghargai Perjalanan Pembelajaran

Berpikir kritis bukan tentang selalu mendapatkan jawaban yang benar, menghargai perjalanan pembelajaran, dan memahami bahwa tidak apa-apa jika tidak mengetahui segalanya. Para pemikir kritis memahami hal ini. Mereka menyukai proses mengeksplorasi, bertanya, dan menemukan.

6. Nyaman dengan Ambiguitas

Hidup tidak selalu hitam dan putih, dan para pemikir kritis memahami hal ini. Mereka nyaman menavigasi area abu-abu, menghadapi ambiguitas, dan mengambil keputusan bahkan ketika segala sesuatunya tidak jelas.

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

7. Pemecah Masalah

Pemikir kritis adalah pemecah masalah alami. Mereka tidak menghindar dari tantangan, namun menganggapnya sebagai peluang untuk belajar dan berkembang.

Baik itu teka-teki yang rumit, proyek kerja yang sulit, atau masalah pribadi, pemikir kritis menerapkan kemampuan analitisnya untuk menemukan solusi. Mereka menguraikan masalah, mempertimbangkan berbagai pendekatan, dan mengevaluasi potensi hasil.

Setiap masalah adalah peluang terselubung, dan para pemikir kritis selalu siap memanfaatkannya.

8. Menyambut Perspektif yang Berbeda

Inti dari berpikir kritis adalah kemampuan untuk menerima dan mempertimbangkan perspektif yang berbeda, yakni kemampuan untuk melihat melampaui sudut pandang sendiri, untuk memahami dan menghargai cara orang lain memandang dunia.

Para pemikir kritis tidak merasa terancam oleh perbedaan pendapat, namun melihat hal tersebut sebagai peluang untuk pemahaman dan pertumbuhan yang lebih dalam.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist