6 Cara Mengetahui Pasangan Sedang Berbohong Saat Bicara, Cek Bahasa Tubuhnya

Senin 10 Juni 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi Tanda bahasa tubuh seorang pasangan yang sedang berbohong pada saat bicara (Sumber : Pixabay.com/@Frank_Reppold)

Ilustrasi Tanda bahasa tubuh seorang pasangan yang sedang berbohong pada saat bicara (Sumber : Pixabay.com/@Frank_Reppold)

SUKABUMIUPDATE.com - Jika anda ingin mengetahui pasangan sedang jujur atau berbohong, bisa dengan memperhatikan bahasa tubuhnya sewaktu berbicara di hadapan anda.

Karena bahasa tubuh pasangan anda akan menunjukkan cermin kejujuran, meski lidah mungkin sedang berbohong.

Lantas, bagaimana untuk bisa mendeteksi pasangan sedang berbicara jujur atau berbohong kepada anda? Yuk simak tanda-tanda berikut sebagai bahasa tubuh kebohongan seorang pasangan!

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Alasannya!

1. Bahasanya Ngambang

Jika pasangan sedang berbohong, biasanya akan tampak dari bahasanya cenderung samar, ngambang, dan tidak realistis. Menandakan pasangan anda sedang menutupi fakta sehingga sering menggunakan bahasa yang tidak detail dan rinci.

Sebab, jika pasangan berbicara jujur, maka akan ketika menjelaskan semudah dan sedetail mungkin agar sang kekasih bisa lega mendengarnya, tanpa meninggalkan kejanggalan dan kebingungan.

Selain itu, bahasa yang samar akan membuat dia menjadi kebingungan, karena sibuk mencari alasan baru yang harus disampaikan kepada lawan bicaranya tanpa ketahuan sesuatu di belakangnya.

2. Wajah Tidak Fokus

Jika orang yang sedang berbicara menunjukkan kejujuran, maka biasanya akan fokus menghadap lawan bicara. Sebab, berbicara sambil berhadapan dengan lawan bicara merupakan etika.

Berbeda kalau sedang berbohong, biasanya akan terlihat ketika pasangan suka melihat kesana-sini, ke kanan dan kiri, alias menunjukkan ketidak fokusan mendengarkan ucapan anda.

Memalingkan wajah dari anda itu menandakan pasangan sedang menyembunyikan sesuatu dan jika terlalu fokus pada kekasihnya khawatir semua itu akan terbongkar.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

3. Sering Ganti Topik

Jika anda sedang membahas topik A, namun pasangan selalu mengganti atau menggiringnya ke pembahasan B,C dan D. Itu petunjuk bahwa pasangan tidak mau terfokus pada bahasan yang bisa membongkar apa yang disembunyikannya.

Sebab, jika pasangan benar-benar jujur kepada anda, ia tidak akan takut untuk fokus pada satu topik, bahkan jika dikulik sejelas mungkin.

4. Suara Tidak Normal

Bahasa tubuh pasangan berbohong juga dapat dilihat dari intonasi bicaranya. Jika pasangan anda tiba-tiba melemah suaranya, kaku dan lemas, bisa jadi tidak mau fakta yang sebenarnya diketahui anda.

Tentu saja, pasangan yang berani jujur akan berbicara tegas, tidak mengulang pernyataannya, dan cenderung apa adanya. Karena tidak ada perasaan bersalah di dalam hatinya.

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

5. Badan Gelisah

Cobalah perhatikan anggota badan pasangan anda, jika sering bergerak dan tidak tenang. Boleh jadi reaksi itu muncul dari ketakutan akan terbongkarnya rahasia yang lagi ditutupi.

Jadi, anda bisa menjadikan anggota badan sebagai ukuran kejujuran dan kebohongan pasangan. Sebab, jika pasangan jujur, maka akan nampak tenang tanpa gelisah.

6. Tak Berani Menatap Mata

Salah satu bukti pasangan sedang berbohong nampak dari matanya yang tidak berani melakukan kontak mata dengan anda. Maklum, dirinya sedang dihantui perasaan bersalah, takut, dan khawatir karena sedang menutupi fakta sebenarnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 13:30 WIB

Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sekolah dapat mengidentifikasi anak berbakat dengan beberapa cara dibawah ini, karena dengan cara ini sekolah bisa menentukan dengan mudah untuk bisa menyesuaikan dengan anak berbakat
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:00 WIB

2 Jenis Tes Utama Bakat yang Bisa Dilakukan Pada Anak, Yuk Simak Agar Orang Tua Paham

Bakat pada anak perlu diuji dengan cara tertentu, agar nantinya orang tua lebih paham dan anak lebih terarah untuk kedepannya
Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:47 WIB

30 Paket Sabu Ditemukan di Cicurug Sukabumi, Pemiliknya Kabur

Sebanyak 30 paket sabu ditemukan di semak-semak di sekitar Perumahan Gedung Putih RT 5/5, Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Penemuan 30 paket sabu di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ist
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)