Toxic Positivity, Kenali 9 Tipe Orang yang Baik Tapi Palsu dari Sikapnya

Jumat 07 Juni 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi. Toxic Positivity, Kenali Tipe Orang yang Baik Tapi Palsu dari Sikapnya (Sumber : Pexels/HelenaLopes)

Ilustrasi. Toxic Positivity, Kenali Tipe Orang yang Baik Tapi Palsu dari Sikapnya (Sumber : Pexels/HelenaLopes)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang baik tapi palsu (sering disebut "toxic positivity" atau "fake nice") adalah seseorang yang tampaknya ramah dan baik hati di permukaan, tetapi memiliki motif atau niat tersembunyi yang kurang tulus.

Mengenali tanda-tanda orang seperti ini bisa membantu Anda memahami hubungan dengan mereka lebih baik dan melindungi diri dari potensi manipulasi atau kekecewaan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ciri-ciri orang yang baik tapi palsu:

Sikap Orang Pura-pura Baik

1. Pujian yang Tidak Tulus

  • Pujian Berlebihan: Orang yang baik tapi palsu biasanya memberikan pujian yang terdengar terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan situasi.
  • Pujian dengan Agenda Tersembunyi: Pujian orang pura-pura baik mungkin datang dengan harapan mendapatkan sesuatu sebagai balasannya.

Baca Juga: 5 Panduan Diet Rendah Purin untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat Tanpa Obat

2. Sikap Pasif-Agresif

  • Komentar Sinis atau Sarkastik: Orang yang pura-pura baik sering membuat komentar yang terdengar positif tetapi sebenarnya memiliki nada sinis atau sarkastik.
  • Mengkritik secara Terselubung: Orang yang fake nice mungkin menyampaikan kritik dengan cara yang terkesan baik tetapi sebenarnya merendahkan.

3. Kepalsuan dalam Berinteraksi

  • Senyum Palsu: Orang toxic positivity biasanya sering tersenyum tetapi senyum tersebut tidak mencapai mata mereka, menunjukkan ketidaktulusan.
  • Gaya Bicara Berlebihan: Cara bicara orang pura-pura baik mungkin terdengar terlalu manis atau berlebihan, tidak alami.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

4. Ketidakmampuan Menjaga Kepercayaan

  • Berkata di Depan, Lain di Belakang: Orang fake nice suka berbicara baik tentang Anda di depan tetapi membicarakan hal buruk di belakang Anda.
  • Menggunakan Informasi Pribadi: Orang yang pura-pura baik mungkin menggunakan informasi pribadi yang Anda bagikan untuk keuntungan mereka sendiri atau untuk merusak reputasi Anda.

5. Manipulatif

  • Memanfaatkan Kebaikan: Orang toxic positivity menggunakan kebaikan mereka sebagai alat untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda.
  • Memanipulasi Situasi: Orang yang fake nice pandai memanipulasi situasi untuk membuat diri mereka terlihat lebih baik atau mendapatkan simpati.

Baca Juga: Bebas Nyeri Sendi, 8 Jenis Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

6. Kurangnya Empati Sejati

  • Tidak Peduli dengan Perasaan Anda: Meskipun sikapnya tampak peduli, tindakan orang pura-pura baik menunjukkan bahwa mereka tidak benar-benar memperhatikan atau memahami perasaan Anda.
  • Respons Tidak Tulus: Orang yang baik tapi palsu memberikan respons yang terdengar seperti klise atau template, bukan respons yang benar-benar memahami situasi Anda.

7. Tidak Konsisten

  • Perubahan Sikap: Sikap orang pura-pura baik bisa berubah-ubah tergantung siapa yang ada di sekitar atau apa yang mereka inginkan.
  • Tidak Bisa Diprediksi: Orang toxic positivity tidak bisa diprediksi dalam perilaku dan kata-kata mereka, membuat Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin tentang niat mereka.

Baca Juga: Terkenal Pahit & Tidak Enak, Ini Cara Mengolah Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah

8. Menjatuhkan dengan Halus

  • Memberi Nasihat yang Tidak Diminta: Orang yang fake nice sering memberikan nasihat yang tidak diminta dengan cara yang membuat Anda merasa rendah diri.
  • Membandingkan dengan Orang Lain: Orang yang pura-pura baik sering membandingkan Anda dengan orang lain dengan cara yang merendahkan.

9. Kurang Mendukung di Saat Sulit

  • Tidak Ada Saat Dibutuhkan: Orang yang baik tapi palsu tidak hadir atau memberikan dukungan saat Anda benar-benar membutuhkannya.
  • Mengalihkan Topik: Orang toxic positivity suka mengalihkan pembicaraan saat Anda membicarakan masalah atau kesulitan Anda, menunjukkan bahwa mereka tidak benar-benar peduli.

Baca Juga: 5 Tips Konsumsi Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Memahami tanda-tanda toxic positivity dapat membantu Anda mengidentifikasi orang yang mungkin memiliki niat tidak tulus meskipun tampaknya baik.

Menjaga jarak yang sehat dan tetap waspada dapat membantu melindungi diri dari dampak negatif interaksi dengan orang baik tapi palsu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Juni 2024, 22:02 WIB

Terekam CCTV, Pria Dengan Santai Curi Motor di Area Parkir Masjid Cibadak Sukabumi

Aksi pencurian kendaraan motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di area parkir Masjid Darul Matin, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
Pelaku pencurian motor di Masjid Darul Matin, Cibadak, tertangkap kamera CCTV saat melancarkan aksinya pada Selasa (25/6/2024) | Foto : capture video cctv / ibnu sanubari
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI
Sehat25 Juni 2024, 18:45 WIB

Asam Lambung Kambuh? Coba 9 Cara Meredakan Refluks Asam Ini di Rumah

Ketika asam lambung naik, maka perut kita akan terasa tidak nyaman. Bisa jadi kembung, mulas, bahkan hingga mual, dan muntah ketika refluks asam naik ke tenggorokan.
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk meredakan asam lambung (Sumber : Freepik.com/@8photo)