9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Minggu 28 April 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto

Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto

SUKABUMIUPDATE.com - Baik Anda orang tua yang bekerja di luar rumah maupun yang bekerja di rumah, satu hal yang pasti adalah bahwa hidup ini sibuk.

Penelitian menemukan bahwa waktu berkualitas berdampak pada hubungan orang tua-anak, yang pada akhirnya akan mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak. Untungnya, ada banyak cara bagus dan bebas stres untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak Anda.

Berikut cara berbeda untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama anak-anak yang akan membantu Anda mengenal mereka lebih baik dan membuat mereka merasa dihargai, didukung, dicintai, dan dipahami.

Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak

  • Lakukan Check-In Harian

Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan mengajukan gabungan pertanyaan terbuka dan spesifik.

Seperti hal paling menarik apa yang mereka pelajari di kelas? Apakah mereka mencoba sesuatu yang baru saat makan siang? Dengan siapa mereka bermain saat istirahat? Jika kamu bisa mengubah satu hal di sekolahmu, hal apa yang akan kamu ubah? 

Kunci dari percakapan ini adalah menjadikannya bukan pertanyaan rutin dan lebih merupakan landasan untuk waktu berkualitas, membicarakan hal-hal yang penting dalam rutinitas anak Anda sehari-hari.

Baca Juga: Sukabumi Skala IV-V MMI, Dampak Gempa M6.2 Laut Garut Wilayah Selatan Jawa Barat

  • Gunakan Ritual Khusus Seperti Waktu Mandi dan Waktu Tidur

Kehidupan berjalan lebih lancar ketika rutinitas dan ritual diterapkan. Karena hal itu akan membantu kita dan anak-anak mengetahui apa yang diharapkan, dan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Namun, alih-alih menggunakan waktu ini untuk terburu-buru sebelum tidur, namun manfaatkanlah waktu tersebut untuk menciptakan waktu berkualitas bersama anak Anda.

  • Rayakan Prestasi dan Pekerjaan yang Diselesaikan dengan Baik

Kapan pun Anda memiliki kesempatan untuk merayakan anak-anak Anda, lakukanlah!

Misalnya merayakan upaya yang mereka lakukan, keberhasilan mereka, dan bagaimana mereka belajar dari kesalahan merupakan peluang besar untuk mendapatkan waktu berkualitas yang juga memperkuat perilaku positif .

Baca Juga: Tobat Sebelum Terlambat, 6 Tanda Hati Kamu Masih Kotor Menurut Islam!

  • Biarkan Anak Anda Memilih

Tanyakan kepada anak Anda bagaimana mereka ingin menghabiskan waktu bersama Anda. Apakah mereka ingin bermain bersama, mewarnai bersama, atau membuat kerajinan bersama? 

  • Manfaatkan Waktu Bersama Anak

Tidak ada jalan keluar dari teknologi dalam kehidupan Anda sehari-hari. Dari mulai sekolah dan bekerja hingga berita malam dan bersantai, layar ada di mana-mana. Mereka berperan dalam hidup kita, tetapi kita semua bisa memanfaatkan waktu istirahat.

Membuat kue bersama atau membaca buku adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan.

Pergi keluar untuk bersepeda, berjalan kaki, atau mendaki membuat anak-anak tetap aktif dan terlibat. Anda juga bisa melakukan perburuan atau rintangan. Yang penting adalah memilih aktivitas yang mendorong kebiasaan bermedia yang sehat, menstimulasi indra, dan memupuk koneksi.

Baca Juga: Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

  • Miliki Waktu Luang  Bersama Anak

Rencanakan waktu luang dalam jadwal Anda, dan lakukan aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa melukis tembikar, pergi ke perpustakaan, atau bahkan piknik makan siang ke taman bermain.

Waktu berkualitas bukan tentang jumlah waktu atau uang yang Anda habiskan bersama, melainkan tentang apa yang Anda lakukan bersama untuk menciptakan kenangan.

  • Rencanakan Film Keluarga atau Malam Permainan

Cara menyenangkan lainnya untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak Anda adalah dengan memperkenalkan mereka pada permainan dan acara yang Anda tonton saat kecil.

Banyak permainan yang melibatkan strategi dan keterampilan matematika, yang membantu membuat pembelajaran menjadi menyenangkan.

Baca Juga: Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

  • Masak Bersama

Bahkan orang yang paling pemilih pun akan mendapat kesempatan untuk membantu merencanakan atau membuat makanan dan camilan mereka sendiri.

Memasak dan berkreasi bersama adalah contoh nyata untuk menunjukkan kepada anak Anda bahwa ide dan pendapat mereka penting.

  • Tawarkan Hari Serba “Ya” 

Ketika orang tua menawarkan "hari ya" kepada anak-anak mereka, pada dasarnya mereka setuju untuk mengatakan ya terhadap setiap permintaan yang diajukan anak-anak mereka namun tetap dengan alasan yang masuk akal sepanjang hari. 

Meskipun beberapa orang tua mungkin mengerutkan alis dan memutar mata memikirkan hal itu, mengatakan ya sepanjang hari bukanlah sakit kepala yang Anda antisipasi. Bahkan ada penelitian yang mendukung hal tersebut.

Sumber : parents.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget13 Mei 2024, 00:36 WIB

Balita di Cikole Sukabumi Tewas Usai Dipatuk Ular Welang Saat Tidur

Peristiwa nahas menimpa seorang bayi berusia tiga tahun asal Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Balita itu meninggal dunia usai digigit ular welang di kamarnya.
Balita meninggal setelah dipatuk ular welang di Cikole Sukabumi | Foto : Ilustrasi Pixabay
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 00:10 WIB

Koalisi 5 Partai Kantongi Tiga Nama Calon Bupati Sukabumi

Pasca deklarasi koalisi 5 partai untuk bekerjasama di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, komunikasi antar pimpinan partai politik terus dilakukan.
Pertemuna Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha dan Ketua DPC PKB Hasim Adnan, Minggu (12/5/2024) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi12 Mei 2024, 23:56 WIB

Debit Air Bendungan Ciletuh Sukabumi Menurun, Area Pertanian di Dua Kecamatan Terancam

Bendungan Ciletuh sebagai penyuplai air untuk pertanian di Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap debit airnya muali menurun.
Bendungan Ciletuh Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang