Tes Kepribadian: Posisi Duduk Dapat Mengungkapkan Sifat Asli Seseorang

Kamis 25 Januari 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduknya. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduknya. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Anda suka duduk dengan posisi seperti apa? Menyilangkan pergelangan kaki? Atau menyilangkan kaki? Tahukah Anda jika posisi duduk dapat mengungkap kepribadian seseorang?

Berdasarkan studi perilaku yang dilakukan para ahli, ditemukan bahwa posisi kaki mengungkapkan kepribadian. Ya, kaki kita dapat memberikan wawasan tentang kepribadian kita.

Para ahli menyatakan bahwa kaki berfungsi berdasarkan perintah yang digerakan melalui alam bawah sadar kita yang terprogram untuk pergi ke arah yang kita inginkan atau menjauh jika ada bahaya atau emosi negatif seperti gugup, cemas, bosan, tidak aman, dan lainnya.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

Berikut adalah kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk, dihimpun dari Jagran Josh.

1. Posisi Duduk dengan Lutut Lurus

Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan lutut lurus. | Freepik.comIlustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan lutut lurus. | Freepik.com.

Sifat Utama: Cerdas, Pemikir Rasional, Tepat Waktu, Pekerja Cerdas, Pencinta Kebersihan, Jujur namun Pendiam.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Ohio State University, terungkap bahwa orang yang duduk dengan lutut lurus dianggap memenuhi syarat untuk suatu peran pekerjaan selama wawancara mereka.

Mereka juga ditemukan sebagai orang yang percaya pada diri mereka sendiri dan keterampilan mereka. Mereka mempunyai pandangan yang sehat dan positif terhadap diri mereka sendiri dan sebagai hasilnya, mereka mempunyai lebih sedikit rasa tidak aman.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Ketenangan dan Kebahagian Hingga Tua

Duduk tegak dengan lutut lurus juga menjadi indikator tingkat percaya diri yang tinggi. Orang-orang ini cerdas, pemikir rasional, dan tepat waktu dalam kehidupan sehari-hari. Mereka paling kecil kemungkinannya untuk datang terlambat ke suatu tempat, rapat, atau wawancara.

Mereka lebih cenderung melakukan pekerjaan cerdas dan menjaga tempat, rumah, dapur, atau ruang kantor, serta ruang kerja mereka tetap rapi dan teratur. Rumah atau tempat kerja mereka kemungkinan besar ditemukan bersih dan segala sesuatunya berada pada tempatnya.

Mereka jujur ​​namun cukup pendiam. Mereka akan menghindari bergosip atau berbicara di belakang orang lain. Mereka lebih suka menahan emosi atau menyendiri daripada membuat keributan atau terlibat dalam konflik.

Baca Juga: Menebak Kepribadian Seseorang dari Caranya Membawa Tas, Kamu yang Mana?

Mereka memiliki kemampuan untuk tetap tenang dalam situasi buruk dan oleh karena itu mereka jarang kehilangan sudut pandang. Pikiran tenang mereka juga membantu mereka mendeteksi perubahan apa pun di lingkungan atau kejadian biasa dalam kehidupan sehari-hari.

2. Posisi Duduk dengan Lutut Terbuka

Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan lutut terbuka.Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan lutut terbuka.

Ciri-ciri Utama: Egois, Sombong, Menghakimi, Rentang perhatian pendek, dan cepat bosan.

Orang yang duduk dengan lutut terbuka cenderung memiliki sifat egois. Mereka juga tampak sombong dan menghakimi. Namun, penelitian mengungkapkan hal yang sangat bertolak belakang dengan apa yang tampak di permukaan.

Kemungkinan besar Anda adalah orang yang cemas dan khawatir. Anda sangat menginginkan kesempurnaan sehingga Anda terus-menerus diliputi ketakutan akan sesuatu yang tidak beres.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Kepribadian Spesial Orang yang Suka Menyendiri

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk berlutut memiliki pikiran dan jadwal yang sangat kacau. Mereka memiliki rentang perhatian yang pendek dan kesulitan berkonsentrasi. Mereka selalu mengeksplorasi dan terpesona dengan setiap hal baru sehingga mereka tidak mampu menyelesaikan satu tugas pun dengan baik.

Mereka berpikir bahwa mereka berbicara dengan bijaksana tetapi biasanya pikiran mereka hancur. Mereka berbicara sebelum memikirkan dampak dari kata-kata mereka atau lebih buruk lagi, mereka lupa di tengah percakapan.

Mereka mudah bosan. Mereka juga bisa menjadi tidak tertarik dan meninggalkan hubungan. Orang-orang ini membutuhkan terlalu banyak energi yang merangsang di sekitar mereka. Dalam hubungan atau pekerjaan, di mana pun berada, mereka memerlukan dorongan dan disiplin terus-menerus agar mereka dapat bekerja secara terorganisir.

Baca Juga: Jawablah 5 Pertanyaan Ini untuk Mengetahui Kepribadian Dalam Diri Anda

3. Posisi Duduk Menyilangkan Kaki

Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan menyilangkan kaki. | Freepik.com/@lifeforstockIlustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan menyilangkan kaki. | Freepik.com/@lifeforstock.

Sifat Utama: Artistik, Kreatif, Imajinatif, Pemimpi, Defensif, atau Tertutup.

Penelitian mengungkapkan bahwa jika Anda adalah seseorang yang duduk bersila sering kali meledak dengan ide-ide kreatif yang out-of-box. Anda memiliki pemikiran yang sangat imajinatif.

Anda adalah seorang pemimpi. Anda bisa tersesat dalam alur pemikiran Anda saat duduk di tengah sekelompok orang. Anda biasanya memiliki kepribadian yang besar tetapi kecil kemungkinannya untuk menempati ruang di dalam ruangan.

Namun, sisi negatifnya, duduk dengan kaki bersilang juga dianggap sebagai sikap defensif atau tertutup. Anda mungkin dijaga dan tidak ingin atau tidak bisa membiarkan seseorang masuk dalam hidup Anda. Anda takut atau menyembunyikan rasa tidak aman Anda.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Mengungkap Sifat Tersembunyi Seseorang dari Garis Dahi

Meskipun demikian, ada variasi pada posisi-posisi ini yang dapat memberikan gambaran akurat mengenai apakah seseorang merasa rileks atau takut saat duduk dengan kaki bersila. Jika Anda duduk santai di kursi dengan kaki bersilang dan kaki menghadap ke arah orang di seberang Anda, maka Anda percaya diri dan menikmati percakapan.

Sedangkan jika Anda duduk sempit atau gelisah dengan kaki bersilang rapat kemungkinan besar Anda merasa tidak nyaman. Pikiran Anda pasti berada di tempat lain pada saat itu.

Saat bercakap-cakap, duduk dengan kaki bersilang dipandang tidak menarik, apalagi jika kaki mengarah ke pintu atau menjauhi lawan bicara.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang dari Bentuk Alis, Anda yang Mana?

Para ahli telah mencatat bahwa dalam lingkungan bisnis, seseorang yang duduk dengan kaki bersilang lebih cenderung menolak ide, berbicara lebih sedikit, atau bahkan lalai dibandingkan dengan mereka yang duduk dengan sikap terbuka.

Lebih buruk lagi, jika Anda juga menyilangkan tangan, itu merupakan indikasi jelas bahwa Anda menarik diri dari percakapan.

4. Posisi Duduk Menyilang Pergelangan Kaki

Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan menyilangkan pergelangan kaki. | Freepik.comIlustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan menyilangkan pergelangan kaki. | Freepik.com.

Sifat Utama: Elegan, Halus, Rendah Hati, Percaya Diri, Agung, Ambisius, Defensif

Tahukah Anda bahwa duduk dengan menyilangkan mata kaki merupakan posisi duduk yang umum dilakukan keluarga Kerajaan Inggris? Jika Anda duduk dengan menyilangkan mata kaki, Anda memiliki cara menjalani hidup yang anggun dan seperti ratu.

Baca Juga: Mengetahui Kepribadian Seseorang dari Kopi Favoritnya, Anda Suka Minum yang Mana?

Anda anggun, halus, dan rendah hati. Anda bisa tampil sangat percaya diri dan nyaman dalam situasi apapun. Anda jarang merasa panik, Anda baik-baik saja jika segala sesuatunya bergerak dengan kecepatannya sendiri. Faktanya, Anda juga memiliki kemampuan untuk membuat semua orang di sekitar Anda merasa percaya diri.

Anda akan bekerja keras dan tanpa lelah untuk mencapai tujuan Anda. Ambisi Anda menular. Anda memiliki keyakinan kuat bahwa kerja keras Anda akan membuahkan hasil.

Anda adalah pendengar yang baik dan menjaga rahasia semua orang. Namun, Anda tidak akan pernah membagikan rahasia atau langkah Anda selanjutnya kepada orang lain. Anda cukup sombong dalam urusan pribadi Anda.

Anda juga cenderung cukup peduli dengan penampilan Anda. Anda akan mempertahankan penampilan luar Anda sesuai dengan kesempatan. Anda dapat menyamarkan kegelisahan atau rasa tidak aman Anda dengan cara yang halus.

Pakar perilaku dan psikolog juga mengungkapkan bahwa duduk dengan posisi menyilangkan mata kaki juga merupakan indikasi sikap defensif dan rasa tidak aman dalam beberapa kasus.

Misalnya, penelitian di bidang penegakan hukum, angkatan bersenjata, dan bidang terkait menunjukkan bahwa sebagian besar orang yang menyilangkan kaki selama interogasi menunjukkan tingkat tinggi menahan informasi.

5. Posisi Duduk Kuncian Kaki Empat

Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan kuncian kaki empat. | Freepik.com/@luis_molineroIlustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan posisi duduk dengan kuncian kaki empat. | Freepik.com/@luis_molinero.

Ciri-ciri Utama: Percaya Diri, Mendominasi, Muda, Aman, Puas, Argumentatif, Kompetitif

Posisi duduk kuncian kaki empat, terlihat seperti Anda sedang membentuk angka empat (nomor 4) dengan kaki bersilang, satu mata kaki di atas lutut lainnya. Jika Anda duduk dengan posisi duduk kuncian kaki empat maka itu mencerminkan bahwa Anda percaya diri dan mendominasi.

Saat ini, hal ini menjadi paling umum di kalangan wanita. Namun, apapun jenis kelaminnya, jika Anda duduk dengan posisi duduk bersila angka empat maka Anda dianggap lebih dominan, rileks, percaya diri, dan awet muda dibandingkan orang dengan posisi duduk lainnya.

Anda aman dan puas dengan diri Anda sendiri. Bahkan jika Anda merasa kekurangan apa pun, Anda akan mengerahkan pikiran dan energi Anda untuk memenuhi keinginan Anda sendiri.

Anda akan menetapkan tujuan Anda dan bekerja dengan cerdas sampai Anda mencapainya. Menetapkan karir dan pendidikan Anda adalah prioritas Anda. Ini tidak berarti Anda tidak menikmati aspek kehidupan lainnya, tetapi Anda akan selalu bekerja ekstra keras untuk karier Anda bahkan di hari-hari yang tidak Anda sukai.

Sama seperti posisinya yang memakan lebih banyak ruang fisik, orang dengan gaya duduk ini juga menyukai ruang dan privasinya. Mereka biasanya akan menempati ruangan yang lebih besar, lemari pakaian, atau ruang fisik apapun yang mereka tempati sebagai cara untuk mengklaim wilayah Anda.

Pakar perilaku juga mengamati bahwa orang yang duduk dengan gaya angka empat cenderung percaya bahwa segala sesuatu memiliki waktu dan tempatnya sendiri. Mereka melihat keteraturan ilahi dalam segala hal.

Mereka juga memiliki kecenderungan besar untuk berpakaian bagus dan berpenampilan menarik. Namun mereka juga memiliki sifat argumentatif atau kompetitif dan kemungkinan besar akan menolak pendapat apa pun selain pendapat mereka sendiri.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)