Apakah Vitamin C Dapat Melawan Depresi? Yuk Simak Penjelasannya

Kamis 16 November 2023, 14:13 WIB
Ilustrasi buah jeruk mengandung vitamin C yang dapat melawan depresi. | Foto: Pexels.com/@pixabay

Ilustrasi buah jeruk mengandung vitamin C yang dapat melawan depresi. | Foto: Pexels.com/@pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai salah satu gangguan mental yang paling umum, ternyata depresi dapat mempengaruhi kaum perempuan dua kali lebih banyak dibandingkan laki-laki di seluruh dunia. Gejala depresi biasanya akan muncul dalam bentuk kelelahan, kesedihan, kurang minat dalam aktivitas sehari-hari, bahkan yang paling fatal berpikir untuk bunuh diri.

Baru-baru ini, bukti epidemiologis menunjukkan bahwa faktor makanan dapat berhubungan dengan depresi. Dengan demikian, identifikasi faktor makanan yang dapat dimodifikasi untuk depresi tampaknya menjadi langkah penting dalam penatalaksanaan klinisnya.

Bantuan yang aman dan obat-obatan seperti antidepresan dan ketamin untuk depresi berat bisa sangat efektif. Terutama bila dikombinasikan dengan terapi bicara. Namun hal ini terkadang tidak bekerja dengan baik, atau mungkin menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Banyak pengobatan depresi yang memerlukan waktu lama, terkadang bahkan berminggu-minggu sebelum mulai berhasil. Hal ini mungkin merupakan hal yang sulit ditanyakan kepada seorang pasien, terutama ketika mereka menderita depresi berat.

Baca Juga: 8 Ciri Toxic Parent, Bisa Sebabkan Anak Stres dan Depresi

Salah satu tantangan dalam melawan depresi adalah menemukan pengobatan yang aman dan efektif secara cepat. Pengobatan cepat lain yang mungkin untuk depresi adalah pemberian Vitamin C secara rutin.

Apa Itu Vitamin C?

Perlu diketahui, vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air, dan dikenal memiliki antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan melawan radikal bebas. Akan tetapi belum banyak yang mengetahui, bahwa dengan mengkonsumsi vitamin c dalam jumlah yang cukup dan bersamaan dengan antidepresan dapat membuat obat tersebut bekerja lebih optimal dalam menyeimbangkan kimia otak, sehingga hal ini dapat meredakan suasana hati yang kurang baik, dan mempercepat penyembuhan depresi.

Menurut penelitian, depresi dapat muncul karena tubuh kekurangan vitamin C. Karena vitamin ini merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan otak untuk membentuk neurotransmitter, sehingga bermanfaat dalam menjaga fungsi kognitif dan keseimbangan emosi.

Jika kita jarang mengkonsumsi vitamin C, maka pembentukan neurotransmitter dalam otak akan terganggu, sehingga membuat kita rawan terkena depresi. Karena vitamin C dibutuhkan untuk mengubah dopamin menjadi norepinephrine yang memainkan peran dalam menstabilkan mood.

Baca Juga: Faktor Keturunan Jadi Penyebab Depresi dan Kecemasan? Cek Disini Penjelasannya

Namun hal ini masih harus diteliti pada manusia. Sementara itu, banyak orang yang secara tidak sengaja merasa lebih baik setelah infus Vitamin C, dan umumnya cukup aman. Bagaimanapun, vitamin C adalah vitamin alami yang penting. Selain itu, karena mudah larut dalam air, kelebihan Vitamin C yang tidak diperlukan umumnya dapat dikeluarkan dari tubuh dengan relatif mudah.

Akan tetapi, untuk mencegah dan melawan depresi anda dapat menyisipkan selalu asupan vitamin C dalam kehidupan sehari-hari. Dari yang termudah yaitu, kita dapat mengkonsumsi vitamin C yang dimiliki oleh buah jeruk.

Sumber: Health

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production