Bacaan Doa Agar Anak Rajin Sholat, Yuk Amalkan Insya Allah Berhasil

Senin 06 November 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi - Bacaan Doa Agar Anak Rajin Sholat, Yuk Amalkan Insya Allah Berhasil. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)

Ilustrasi - Bacaan Doa Agar Anak Rajin Sholat, Yuk Amalkan Insya Allah Berhasil. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Sholat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim, termasuk anak-anak. Sholat memiliki banyak manfaat bagi anak, baik dari segi spiritual maupun sosial.

Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang paling utama. Dengan rajin sholat, anak akan semakin dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan keimanan serta ketakwaannya.

Sholat dapat menjauhkan anak dari perbuatan maksiat. Hal ini karena sholat mengajarkan anak untuk selalu mengingat Allah SWT dan menaati perintah-Nya. 

Baca Juga: 11 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Ketahui Langkahnya

Sholat merupakan tiang agama yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim, dan kita sebagai orang tua wajib mengajarkan serta memerintah anak untuk mengerjakan ibadah sholat. 

Perintah sholat sendiri sudah disabdakan Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan Amr bin Syu’aib dari ayah dari kakeknya. Para orang tua diminta memerintah anak-anaknya untuk sholat di umur 7 tahun.

قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: مُرُوا أولادَكم بالصلاةِ وهم أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، واضْرِبُوهُمْ عليها، وهم أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ في المَضَاجِعِ

Artinya: Rasulullah SAW bersabda, "Perintahkanlah anak-anakmu agar menunaikan salat ketika mereka berumur tujuh tahun dan pukullah mereka jika sembarangan menunaikannya ketika mereka berumur sepuluh tahun dan pisahkan mereka dalam tempat tidurnya." (HR Abu Dawud).

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Stres yang Sering Terjadi Pada Perempuan, Yuk Kenali!

Apabila, orang tua sudah melakukan berbagai cara agar anaknya rajin sholat tapi belum berhasil, maka dianjurkan membaca doa berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber..

1. Doa QS. Ibrahim: 40

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

"Rabbi j'alnii muqimash sholati wa min durriyatii, rabbanaa wa taqabbal du'a"

Artinya: "Ya Rabbku jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang senantiasa mendirikan sholat. Ya Rabb kami perkenankanlah doaku." 

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Stres dengan Kebiasaan Sederhana, Hidup Jadi Bahagia!

2. Surat Al-Furqan ayat 74

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Qur'an Surat Al-Furqan ayat 74).

3. Doa dari Syekh Ali Jaber

"Ya Allah, mudahkanlah anak-anak kami untuk menjalankan salat lima waktu dengan khusyuk dan ikhlas. Jauhkanlah mereka dari perbuatan maksiat dan dosa. Jadikanlah mereka anak-anak yang shalih dan shalihah yang selalu berbakti kepada kedua orang tua mereka."

Baca Juga: 11 Alasan Generasi Muda Sekarang Gampang Terkena Stres dan Depresi

4. Doa Agar Anak Rajin Ibadah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

"Allahumma inni audzubika minal-ajzi wal-kasal, waljubni wal-bukhli wal-harami, wa audzubika min adzabil-qabri, wa audzubika min fitnati al-mahya wal-mamati."   

Artinya: "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."   

5. Doa Agar Anak Jadi Baik

يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

"Ya muqallibal uluub issabbit qalbii 'alaa diinika wa'alaa thoo'atik."

Artinya: "Wahai Zat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu dan ketaatan kepada-Mu."

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Stres Demi Kesehatan Mental dan Hidup Lebih Bahagia

Doa di atas tidak hanya dibaca melainkan diamalkan agar orang tua lebih mudah mendidik anak dan anak menjadi pribadi yang hebat

6. Doa Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

"Rabbighfirli wa li walidayya warham huma kama rabbayani shaghira."

Artinya,

" Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orangtuaku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku di waktu aku kecil."

7. Doa Hajat

"Allahumma ini as'aluka wa atawajjahu ilaika bi muhammadin nabiyyir rahmah, ya Muhammadu inni qad tawajjahtu bika ila Rabbi fi hajati hazdihi litaqdhi. Allahumma fa syaffi'hu fiyya."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku bermohon kepada Engkau dan aku menghadap kepada Engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku."

Baca Juga: 13 Sikap Menjadi Diri Sendiri Agar Hidup Tenang dan Lebih Bahagia

Berikut adalah beberapa tips untuk mengajarkan anak rajin sholat:

  • Jadilah contoh yang baik

Anak-anak akan belajar dari apa yang mereka lihat dan dengar. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menjadi contoh yang baik dalam menjalankan ibadah sholat.

  • Ajarkan anak tentang pentingnya sholat

Jelaskan kepada anak tentang pentingnya sholat dan manfaatnya bagi kehidupan mereka.

  • Buat sholat menjadi menyenangkan

Anda dapat membuat sholat menjadi menyenangkan bagi anak dengan mengajak mereka sholat berjamaah, membacakan buku-buku tentang sholat, atau mendengarkan musik religi.

Baca Juga: 8 Gejala Anak Autis yang Wajib Dikenali Oleh Orang Tua, Yuk Simak dan Kenali!

  • Jangan memaksa anak

Jangan memaksa anak untuk sholat jika mereka belum siap. Biarkan mereka belajar dan tumbuh secara alami.

Dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh, insya Allah anak Anda akan menjadi anak yang rajin sholat.



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Sehat14 Mei 2024, 19:30 WIB

Asam Urat: Jenis-jenis Ikan Laut Lengkap dengan Kandungan Purin Per 100 Gram

Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya.
Ilustrasi ikan laut mackerel - Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi14 Mei 2024, 19:29 WIB

Polisi Selidiki Kasus Belasan Murid SD Keracunan Jajanan di Sukaraja Sukabumi

Update kasus keracunan massal murid SD di Sukaraja Sukabumi, dua siswa masih belum masuk sekolah.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:18 WIB

Bayi Lahir Tanpa Anus di Cibadak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Seorang bayi di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dilahirkan tanpa lubang anus. Bayi lelaki bernama Muhamad Rifki Sunandar baru berusia 50 hari ini
Muhamad Rifki Sunandar (50 hari) dan sang ibu, Imas (27 tahun) di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 Mei 2024, 19:15 WIB

5 Olahraga Sederhana Ini Efektif Untuk Turunkan Kolesterol dan Bugarkan Tubuh

Melakukan olahraga secara rutin dan efektif dinilai ampuh untuk menurunkan kolesterol. Selain itu bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar sehingga terhindar dari berbagai penyakit.
Lakukan olahraga sederhana dan efektif agar kolesterol pada tubuh bisa turun. (Sumber : freepik.com/jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 19:00 WIB

Ada Tuna! Ini 5 Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Tuna adalah jenis ikan laut yang sering dikonsumsi dan memiliki jumlah purin yang sedang. Meskipun demikian, sebagian besar penderita asam urat masih dapat menikmati tuna dalam jumlah yang moderat.
Ilustrasi. Olahan Ikan Tuna. Contoh Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Instagram/@fatmadeden)
Inspirasi14 Mei 2024, 18:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Penilaian Key Perfomance Indicator Bagi Agen Perisai

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menginformasikan sistem penilaian kinerja individu-individu agen Perisai.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi terkait penilaian Key Performance Indicator (KPI) bagi para agen Perisai. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 18:45 WIB

4 Tips Diet Untuk Turunkan Kolesterol Ini Ampuh Meminimalisir Penyakit Jantung

Cara menurunkan kolesterol yang tinggi bisa dilakukan dengan diet. Nantinya hasil dari berdiet ini akan meminimalisir penderita kolesterol dari penyakit jantung
tips diet ini agar kadar kolesterol tinggi bisa turun, dan meminimalisir resiko penyakit jantung. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)
Bola14 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : baliutd.com/Gus Mank).
Sukabumi14 Mei 2024, 18:29 WIB

Dugaan Sementara Motif Anak Bunuh Ibu Pakai Garpu Sawah di Kalibunder Sukabumi

Soal motif kasus Anak bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi, Polisi bantah isu soal pelaku minta dibelikan motor.
Kapolsek Kalibunder Iptu Taufick Hadian saat menunjukan barang bukti anak bunuh ibu pakai garpu sawah. (Sumber : Istimewa)