6 Ciri Anak Perempuan Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Ayah

Minggu 05 November 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. Orang Tua dan Anak | Ciri Anak Perempuan Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Ayah (Sumber : pixabay.com/@sarahbernier3140)

Ilustrasi. Orang Tua dan Anak | Ciri Anak Perempuan Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Ayah (Sumber : pixabay.com/@sarahbernier3140)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak perempuan yang mengalami depresi karena kurangnya kasih sayang dari ayahnya mungkin menunjukkan sejumlah ciri yang mencerminkan dampak emosional dan psikologis yang signifikan.

Kondisi seorang anak perempuan yang kurang kasih sayang ayah biasanya merasa tidak didukung, dicintai. Mereka juga merasa tidak diakui oleh figur ayahnya sehingga dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosionalnya.

Berikut beberapa ciri anak perempuan yang mengalami depresi karena kurangnya kasih sayang dari ayah, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Anak Perempuan Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Ayah

1. Gangguan Emosional

Depresi, kecemasan, dan perasaan kesepian yang mendalam mungkin muncul. Hati-hati, emosional yang terganggu termasuk salah satu ciri anak perempuan depresi karena kurang kasih sayang ayah.

Baca Juga: Jusuf Kalla hingga Puan, Tokoh Nasional Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas

2. Kesulitan dalam Hubungan

Situasi kurang kasih sayang ayah bisa memengaruhi kemampuan anak perempuan untuk membina hubungan yang sehat dengan figur otoritas laki-laki di kehidupannya.

3. Rendah Diri

Anak yang depresi karena kurang kasih sayang ayah mungkin mengalami rasa rendah diri dan ketidakamanan karena kurangnya pengakuan dan dukungan dari ayahnya.

4. Ketergantungan pada Orang Lain

Anak perempuan yang depresi karena kurang kasih sayang dari ayah mungkin cenderung mencari pengakuan atau dukungan emosional dari sumber lain karena kurangnya kehadiran ayah.

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Memiliki Masalah Psikologis, Kamu Mengalaminya Juga?

5. Perilaku Menarik Diri atau Agresif

Anak perempuan yang depresi karena kurang kasih sayang ayah mungkin menunjukkan kecenderungan untuk menarik diri dari interaksi sosial. Mereka bahkan bisa menunjukkan perilaku agresif sebagai respons terhadap kurangnya kasih sayang ayah.

6. Sulit Mengambil Keputusan dan Penyesuaian Diri

Anak perempuan yang depresi karena kurang kasih sayang ayah mungkin mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan dan menyesuaikan diri dengan situasi tertentu karena kurangnya panduan dan dukungan dari figur ayah.

Selain itu, kurangnya keterlibatan ayah bisa memengaruhi cara anak perempuan membentuk hubungan dengan laki-laki di masa depan. Khawatirnya, anak perempuan akan lebih selektif dan sulit memutuskan siapa jodoh yang akan mendampinginya.

Cara Mengatasi Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah

Penanganan bagi anak perempuan yang mengalami depresi karena kurangnya kasih sayang dari ayah memerlukan pendekatan yang penuh perhatian dan kelembutan. Beberapa langkah yang dapat membantu meliputi:

1. Mendengarkan dan Memberikan Dukungan

Berikan Anak perempuan yang depresi karena kurang kasih sayang ayah kesempatan untuk berbicara dan merasa didengar tanpa penilaian. Orang tua atau keluarga juga bisa sambil memberikan dukungan dan kehangatan agar anak perempuan merasa disayangi.

2. Membangun Hubungan Positif

Bantu Anak perempuan yang depresi karena kurang kasih sayang ayah untuk membangun hubungan positif dengan figur lain. Ini dapat memberikan dukungan dan pengakuan bahwa anak perempuan disayangi.

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Stres Finansial, Apa Kamu Mengalaminya?

3. Bantuan Profesional

Jika diperlukan, konsultasikan dengan psikolog atau konselor yang berpengalaman dalam kesehatan mental anak untuk bantuan tambahan.

4. Membangun Dukungan Sosial

Bantu Anak perempuan yang depresi karena kurang kasih sayang ayah untuk menemukan sumber dukungan lain, seperti kelompok teman sebaya atau komunitas yang dapat memberikan pengakuan dan dukungan positif.

Mengatasi depresi yang disebabkan oleh kurangnya kasih sayang dari figur orang tua memerlukan waktu, kesabaran, serta perhatian yang serius.

Bantuan dari profesional, dukungan keluarga, dan lingkungan yang positif sangat penting dalam membantu anak perempuan melewati masa sulit depresi karena kurang kasih sayang ayah.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist