Jusuf Kalla hingga Puan, Tokoh Nasional Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas

Minggu 05 November 2023, 09:30 WIB
Aksi Demo Bela Palestina di Monas | Ada Jusuf Kalla hingga Puan Maharani, Sederet Tokoh Nasional Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas Foto : X (Twitter) / @berlianidris

Aksi Demo Bela Palestina di Monas | Ada Jusuf Kalla hingga Puan Maharani, Sederet Tokoh Nasional Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas Foto : X (Twitter) / @berlianidris

SUKABUMIUPDATE.com - Demonstrasi Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Minggu (5/11/2023) hari ini diamankan oleh hampir 3.500 personel gabungan dari Polda Metro Jaya.

Demo Palestina oleh Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina itu adalah salah satu wujud kepedulian rakyat Indonesia terhadap peristiwa pembantaian sadis oleh Israel di jalur Gaza. Bukan lagi soal agama, insiden yang membuat jutaan nyawa melayang justru lebih menyorot pada tragedi kemanusiaan.

Tak hanya masyarakat umum, beberapa tokoh nasional diketahui turut serta dalam Aksi Bela Palestina di Monas. Merujuk Suara.com, bakal calon presiden atau bacapres Anies Baswedan hingga Ketua DPR RI Puan Maharani, adalah dua tokoh nasional yang hadir dalam acara Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu (5/11/2023).

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Stres Finansial, Apa Kamu Mengalaminya?

Selain Anies dan Puan, pantauan Suara.com di lokasi, turut hadir pula mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko PMK Muhadjir Effendy serta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Di hadapan para tokoh nasional yang hadir dalam Aksi Bela Palestina terlihat massa yang hadir meneriakan Palestina merdeka.

"Palestina merdeka merdeka merdeka," teriaknya, dikutip via Suara.com, Minggu (5/11/2023).

Selain meneriakan Palestina merdeka, massa yang hadir juga terdengar meneriakan kata-kata perlawanan terhadap aksi penjajahan yang dilakukan Israel.

"Penjajah Israel lawan lawan lawan," pekiknya.

Dalam aksi tersebut sejumlah massa nampak membawa sejumlah atribut sebagai bentuk dukungan atas kemerdekaan Palestina. Beberapa atribut itu di antaranya berupa bendera Palestina, poster, hingga semangka.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina Monas Dikawal 3.500 Aparat, Cek Rekayasa Lalinnya!

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko sebelumnya mengungkap sebanyak 3.448 personel gabungan telah diterjunkan untuk mengamankan Aksi Bela Palestina.

Ribuan personel gabungan tersebut meliputi 2.774 personel Polri dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat, 500 personel TNI, dan 98 personel Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Total personel gabungan 3.448 personel," kata Trunoyudo kepada wartawan, Minggu (5/11/2023).

Baca Juga: 14 Ciri Anak Depresi Karena Kurang Kasih Sayang Orang Tua

Sebelumnya diketahui, Anies Baswedan juga sempat mengajak masyarakat untuk ikut Aksi Bela Palestina di Monas. Dihimpun via Suara.com, Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengajak masyarakat ambil bagian dalam aksi akbar 'Bela Palestina' di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

Ajakan Aksi Bela Palestina disampaikan Anies di akun media sosial X pribadinya. Anies menyampaikan bahwa urusan Palestina adalah masalah seluruh rakyat Indonesia.

"Palestina adalah urusan kemanusiaan. Palestina adalah masalah kita semua, bukan hanya urusan Kemenlu saja," tulis Anies.

Bakal capres dari Koalisi Perubahan itu menganalogikan perjuangan rakyat Palestina saat ini sama dengan perjuangan Indonesia untuk merdeka di masa lalu.

"Indonesia-Palestina itu hitungan jaraknya ribuan kilometer tapi hati dan pikiran kita amat dekat," ujarnya.

Oleh sebab itu, Anies mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut serta dalam Aksi Akbar Bela Palestina di Monas besok.

"Mari bersolidaritas di Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina hari Minggu besok di Monas," kata dia.

Dua Juta Orang Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monas

Diketahui, MUI beserta sejumlah tokoh lintas agama, lintas golongan dan lintas ormas berencana menggelar aksi akbar membela Palestina di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Minggu (5/11/2023) lusa.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan Aksi Bela Palestina di Monas ini merupakan puncak ekspresi publik mendukung kemerdekaan Palestina.

"Apa yang dilakukan Israel genosida terburuk dan kejahatan perang ini telah menimbulkan empati global, termasuk Indonesia," ujar Sudarnoto dilansir Suara.com dari situs resmi MUI, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Memiliki Masalah Psikologis, Kamu Mengalaminya Juga?

Selain itu, Sudarnoto menyebut aksi akbar Demo Bela Palestina juga dalam rangka mengecam serangan Israel yang menewaskan ribuan rakyat sipil di Palestina. Aksi Bela Palestina di Monas itu mengundang semua golongan masyarakat Indonesia untuk dapat berpartisipasi sebagai bentuk dukungan melawan penjajahan Israel.

"Insyaallah pada Ahad 5 November 2023, jam 06.00 WIB sampai selesai Aliansi Rakyat Indonesia lintas agama, ormas, golongan, siapa saja, diundang ikut aksi bela Palestina," kata dia.

Terpisah, Wakil Ketua DPR RI, Hidayat Nur Wahid menyampaikan bakal ada dua juta orang yang ambil bagian dalam aksi akbar Demo Bela Palestina di Monas.

Sejumlah tokoh lintas agama juga dipastikan hadir dan ikut menyampaikan orasi-orasi kemanusiaan. Aksi dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB.

"Acara sudah dapat izin, di Monas, Insyaallah tidak kurang dari 2 juta peserta yang akan hadir. Insyaallah 1 juta buruh juga bisa datang, Ini menunjukkan Indonesia tidak main-main dalam konstitusi, menolak penjajahan," tutur Hidayat.

Lebih lanjut, Hidayat menilai penindasan Israel atas rakyat Palestina jelas-jelas bertentangan dengan rasa kemanusiaan. Kata dia, Indonesia berada pada posisi tegas menolak penjajahan Israel, sehingga dilaksanakan Aksi Bela Palestina di Monas.

"Bung Karno luar biasa tolak Israel, beliau tegas menyatakan selama kemerdekaan belum diberikan kepada Palestina, maka selama itu Israel penjajah dan Indonesia tidak buka hubungan dengan Israel, kita lanjutkan pesan bersejarah itu," tegasnya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi30 April 2024, 19:10 WIB

Cerita Asep Gali Tanah Temukan Senjata Api Laras Panjang Di Cisaat Sukabumi

Asep menceritakan penemuan senjata api laras panjang ketika ia bekerja untuk membetulkan saluran air pada kolam ikan yang bocor, setelah satu meter penggalian
Asep (49 tahun), temukan senjata laras panjang saat gali tanah tepi kolam | Asep Awaludin
Gadget30 April 2024, 19:00 WIB

Performa Tangguh: Rekomendasi 3 HP dengan Chipset Snapdragon 7s Gen 2

Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan.
POCO X6 5G - Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan. (Sumber : mi.co.id).
Life30 April 2024, 18:21 WIB

Patut Diterapkan Bund, Ini Tips Ajari Anak Berperilaku Baik Saat Kunjungi Rumah Orang Lain

Ajari anak Anda bagaimana berperilaku ketika mengunjungi rumah orang lain
Ilustrasi berperilaku baik ketika mengunjungi rumah orang lain | Foto : Pexels.com/@Sergey Makashin
Life30 April 2024, 18:04 WIB

6 Kesalahan Mendidik Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua, Anda Termasuk?

Kesalahan mendidik anak bisa menyebabakn kefatalan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Orang tua harus mengetahui betul hal ini.
Ilustrasi. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak | Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Segera! 5 Doa Minta Jodoh Agar Dipertemukan dengan Pasangan Terbaik

Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT.
Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi30 April 2024, 17:54 WIB

DLH Akui Kekurangn Armada Soal Telat Angkut Tumpukan Sampah di Palabuhanratu Sukabumi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabipaten Sukabumi Prasetyo menyebutkan bahwa penyebab tidak terangkutnya sampah tersebut itu di sebabkan oleh kekurangan armada pengangkut sehingga sedikit terhambat.
Kondisi tumpukan sampah di TPSS Kampung Pangsor Lio, RT 01, RW 25, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life30 April 2024, 17:34 WIB

Ajarkan Keterampilan Khusus, Ini 7 Cara Mengajari Anak Agar Tangguh Secara Mental

Dalam membangun kekuatan mental anak, dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Namun dengan komunikasi yang teratur, dan berupaya membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka secara teratur, Anda akan memberikan kekuatan mental.
Ilustrasi anak tangguh secara mental / Sumber : pexels.com/@Allan Mas
Opini30 April 2024, 17:29 WIB

MAY DAY dan Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia

Hari Buruh Internasional atau May Day, memiliki kronologis yang panjang dan kompleks· Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana Hari Buruh Internasional berkembang:
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM / Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi / Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute
Life30 April 2024, 17:27 WIB

6 Kebiasaan Harian yang Merapuhkan Mental Anda Secara Perlahan, Yuk Hindari!

Kebiasaan tertentu rupanya bisa membaut mental seseorang lemah, hancur dan rapuh. Tak ayal kebiasaan ini wajib dihindari agar tidak menghambat kesuksesan.
Ilustrasi. Kebiasaan yang membuat mental rapuh. | Sumber foto : Pexels/Liza Summer
Life30 April 2024, 17:13 WIB

Buat Aturan yang Jelas, Begini 10 Cara Mencegah Masalah Perilaku Pada Anak

Disiplin merupakan tindakan yang sangat penting untuk kehidupan anak. Namun jika anak belum disiplin cobalah tips ini untuk mencegahnya.
Ilustrasi mencegah masalah perilaku pada anak / Sumber : pexels.com/@Nothing Ahead