10 Ciri Orang yang Mengalami Trauma, Kamu Merasakan Salah Satunya?

Jumat 27 Oktober 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi. Sendiri dan Sulit Membangun Hubungan Sosial | Ciri Orang yang Mengalami Trauma (Sumber : pixabay.com/EnriqueMeseguer)

Ilustrasi. Sendiri dan Sulit Membangun Hubungan Sosial | Ciri Orang yang Mengalami Trauma (Sumber : pixabay.com/EnriqueMeseguer)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang mengalami trauma dapat menunjukkan berbagai reaksi dan gejala yang berbeda.

Trauma adalah pengalaman yang mengganggu secara emosional dan psikologis yang dapat terjadi sebagai akibat dari berbagai kejadian. Seseorang yang mengalami trauma psikologis bisa disebabkan oleh kecelakaan, pelecehan, kehilangan yang mendalam, perang, atau pengalaman traumatis lainnya.

Berikut beberapa tanda dan gejala umum yang mungkin dialami oleh seseorang yang mengalami trauma psikologis, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber:

Ciri Seseorang Mengalami Trauma

1. Kecemasan dan Rasa Takut Berlebihan

Orang yang mengalami trauma sering merasa sangat cemas dan takut. Mereka mungkin mengalami serangan panik, merasa was-was, dan sulit merasa aman.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Hidupnya Menderita Karena Banyak Masalah

2. Reaksi Fisik

Reaksi fisik yang dapat muncul pada seseorang yang mengalami trauma psikologis termasuk denyut jantung yang cepat, keringat berlebihan, gemetar, dan perasaan mual.

3. Kenangan yang Mengganggu

Orang yang mengalami trauma sering memiliki kenangan yang mengganggu atau mimpi buruk tentang pengalaman traumatis mereka.

Ya, seseorang yang mengalami trauma psikologis mungkin mengalami kilas balik yang membuat mereka merasa seolah-olah mereka sedang mengalami kembali peristiwa tersebut.

4. Tidak Bisa Merasakan Emosi

Beberapa individu mungkin mengalami perasaan tumpul atau terputus dari perasaan mereka. Orang yang mengalami trauma merasa tidak dapat merasakan emosi dengan intensitas yang sama seperti sebelumnya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Menderita Menjalani Hidup dan Merasa Tidak Bahagia

5. Perubahan Mood

Orang yang mengalami trauma dapat mengalami perubahan mood yang signifikan, seperti depresi, marah, atau perasaan kekosongan.

6. Kesulitan Tidur

Kesulitan tidur, seperti insomnia, adalah masalah umum yang dialami oleh seseorang yang mengalami trauma psikologis.

7. Perubahan Pola Makan

Orang yang mengalami trauma mungkin mengalami perubahan dalam pola makan, seperti kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan sebagai respons terhadap stres.

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Memiliki Masalah Psikologis, Kamu Mengalaminya Juga?

8. Menghindari Hal Tertentu yang Memicu Trauma

Orang yang mengalami trauma mungkin mencoba menghindari situasi, tempat, atau orang yang mengingatkan mereka pada pengalaman traumatis.

9. Sulit Membangun Hubungan Sosial

Trauma dapat mempengaruhi hubungan sosial seseorang. Ini karena, seseorang yang mengalami trauma psikologis mungkin sulit untuk mempercayai orang lain atau merasa terasingkan.

10. Gangguan Konsentrasi

Orang yang mengalami trauma sering mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian dan mengalami gangguan kognitif.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian, Kamu Termasuk?

Penting untuk diingat bahwa respons terhadap trauma dapat sangat bervariasi antara individu, dan tidak semua Orang yang mengalami trauma akan mengalami gejala psikologis yang sama.

Jika ada seseorang yang dikenal mengalami gejala trauma yang parah dan mengganggu kehidupan sehari-hari, sangat penting untuk mencari bantuan profesional. Bantuan untuk mengatasi trauma psikologis dapat diperoleh dari seorang psikoterapis atau konselor yang berpengalaman dalam menangani trauma.

Terapi dan dukungan dapat membantu individu mengatasi dampak trauma psikologis dan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan.

Sumber: Berbagai Sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat27 Juli 2024, 12:12 WIB

Jabar Jago Wacana Miskin Eksekusi, Catatan Hasim Adnan Soal Kinerja Pemprov Jabar

Catatan kritis disampaikan oleh anggota DPRD Jawa Barat, Hasim Adnan dalam sorotan kinerja pemerintah daerah provinsi di masa transisi.
Anggota DPRD Jabar dari fraksi kebangkitan bangsa Hasim Adnan (Sumber: istimewa)
Life27 Juli 2024, 12:00 WIB

8 Cara Mendidik Sikap Sopan Santun pada Anak, Nomor 1 Paling Penting!

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua dan orang dewasa di sekitar mereka. Jadi, menjadi teladan yang baik adalah langkah pertama yang penting untuk mendidik anak agar bersikap sopan santun.
Ilustrasi. Buat aturan mengenai perilaku yang diharapkan dan tegakkan dengan konsisten bisa membantu orang tua untuk mendidik anak agar bersikap sopan santun. (Sumber : Freepik/@user15285612)
Life27 Juli 2024, 11:18 WIB

Yuk! Pahami Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya

Seperti yang terjadi baru-baru ini kasus bullying atau perundungan yang dialami oleh NCL berusia 10 tahun, seorang pelajar SD di Kota Sukabumi menjadi korban dan mengalami pendarahan obat dan ketergantungan obat.
Ilustrasi. Artikel Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya (Sumber: Pinterest)
Sukabumi Memilih27 Juli 2024, 11:03 WIB

Panwaslu Kalibunder Sosialisasikan Netralitas ASN dan Penguatan PKD untuk Pilkada Sukabumi

Antisipasi pelanggaran di Pilkada 2024, Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan Netralitas ASN.
Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan ASN untuk antisipasi pelanggaran Pikada 2024. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel27 Juli 2024, 11:00 WIB

10 Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Ada Kentang hingga Ubi Jalar

Memvariasikan sumber karbohidrat dalam diet dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang seimbang dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kaya akan pati dan serat, kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi27 Juli 2024, 10:42 WIB

Heboh Roti Okko Pakai Pengawet Kosmetik, Pemilik Warung di Sukabumi: Sales Gak Datang Lagi

Pemilik Warung di Sukabumi ungkap sejak dua bulan kebelakang tak mendapat suplai Roti Okko setelah dikabarkan mengandung bahan pengawet kosmetik.
Roti Okko. (Sumber Foto : rotiokko.com)
Life27 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Wanita Suka Sama Kita Tapi Dia Cuek, Malu-malu Kucing!

Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya.
Ilustrasi - Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan27 Juli 2024, 09:44 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Rilis Laporan Kinerja Tahun 2023, Ini Dia Prestasinya

Salah satunya, BPJS Ketenagakerjaan berhasil mencatatkan pertumbuhan kepesertaan yang baik selama tahun 2023.
Suasana di kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. (Sumber : Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Nasional27 Juli 2024, 09:31 WIB

Hadiri JMS 2024, Pj Gubernur Optimistis Jatim Episentrum Baru Industri Media

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Jatim Media Summit 2024 di Ballroom Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis (25/7/2024).
CEO Suara.com Suwarjono dan CEO beritajatim.com Dwi Eko Lokononto memberikan cinderamata ke Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)