10 Ciri Seseorang Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian, Kamu Termasuk?

Senin 23 Oktober 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi. Sedih | Ciri Seseorang Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian (Sumber : freepik/jcomp)

Ilustrasi. Sedih | Ciri Seseorang Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian (Sumber : freepik/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang lelah memendam beban hidup sendirian mungkin tampak sangat emosional, seperti marah, sedih, atau cemas secara berlebihan. Artinya, seseorang yang lelah memendam beban hidup sendirian dapat menunjukkan berbagai ciri dan gejala.

Oleh karena terlampau lelah memendam beban hidup sendirian seseorang biasanya akan membutuhkan teman curhat untuk meluapkan emosinya. Pasalnya, bukannya tenang, memendam masalah bisa berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang.

Berikut sederet ciri orang yang lelah memendam beban hidup sendirian sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Seseorang Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian

1. Isolasi Sosial

Orang yang merasa sendirian dan memendam beban hidup cenderung menarik diri dari interaksi sosial. Mereka mungkin menghindari pertemuan dengan teman-teman atau keluarga, bahkan jika mereka memiliki dukungan yang tersedia.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Lelah Mental, Apa Kamu Mengalaminya?

2. Tidak bahagia dan Kesepian

Orang yang lelah memendam beban hidup sendirian mungkin merasa sangat kesepian dan tidak bahagia. Perasaan kesepian dapat meningkatkan tingkat stres dan kecemasan seseorang.

3. Sulit Bercerita

Orang yang merasa sendirian mungkin merasa bahwa mereka tidak dapat berbicara atau berbagi perasaan, masalah, atau beban hidup mereka dengan orang lain.

4. Tidak mampu mengatasi masalah

Kebiasaan memendam beban hidup bisa membuat seseorang merasa terjebak dalam masalah mereka tanpa jalan keluar. Orang yang lelah memendam beban hidup sendirian mungkin merasa tidak ada solusi untuk masalah mereka.

Baca Juga: 15 Ciri Seseorang Sedang Stres, Terlihat dari Sikap dan Emosionalnya

5. Penurunan Kesejahteraan Emosional menurun

Orang yang memendam beban hidup sendirian mungkin mengalami penurunan kesejahteraan emosional. Mereka mungkin merasa cemas, depresi, atau stres yang berkepanjangan.

6. Gangguan Tidur

Kesulitan tidur atau tidur yang tidak nyenyak adalah gejala umum pada orang yang merasa sendirian dan stres. Hati-hati, gangguan tidur termasuk salah satu ciri seseorang terlanjur lelah memendam beban hidup sendirian.

7. Perubahan Fisik

Beban hidup yang terlalu besar dan sendirian bisa berdampak pada kesehatan fisik, seperti penurunan nafsu makan, peningkatan ketegangan otot, atau gejala lainnya. Perubahan fisik bisa menjadi tanda-tanda seseorang sedang lelah memendam beban hidup sendirian.

Baca Juga: Kratom 13 Kali Lebih Bahaya dari Morfin, Termasuk Narkoba?

8. Kekurangan Dukungan Emosional

Orang yang merasa sendirian berarti kurangnya dukungan emosional, yang bisa menyebabkan perasaan tidak dihargai atau diabaikan.

9. Pemikiran Negatif

Orang yang lelah memendam beban hidup sendirian mungkin cenderung berpikir negatif tentang diri mereka sendiri, kehidupan mereka, dan masa depan.

10. Kurangnya Keterlibatan Sosial

Orang yang merasa sendirian mungkin tidak terlibat dalam aktivitas sosial atau hobi yang sebelumnya mereka nikmati.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

Penting untuk mengenali tanda-tanda ini pada diri sendiri atau orang lain. Bila Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami beban hidup yang berat dan merasa sendirian, penting untuk mencari dukungan dan bantuan.

Berbicara dengan seorang teman, keluarga, atau seorang profesional kesehatan mental dapat menjadi langkah awal yang penting dalam mengatasi perasaan kesepian dan tekanan hidup.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 21:58 WIB

Rahmat Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi Akan Diperiksa Kejiwaannya

Polisi bakal panggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri di Kalibunder Sukabumi.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi saat akan dimasukan ke sel. | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan14 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami, Yuk Biasakan!

Dengan membiasakan rutinitas malam yang sehat dan merawat kulit wajah secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bercahaya secara alami.
Ilustrasi. Mencuci Muka. Inilah Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:57 WIB

Ditusuk Nasabah, Debt Collector di Sukabumi Lapor Polisi Dalam Keadaan Pisau Menancap di Dagu

Berikut kronologi Debt Collector ditusuk nasabah nunggak di Sukabumi. Pelaku masih diburu polisi.
Korban penusukan di Sukabumi saat ini masih terbaring di rumah sakit. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Sehat14 Mei 2024, 19:30 WIB

Asam Urat: Jenis-jenis Ikan Laut Lengkap dengan Kandungan Purin Per 100 Gram

Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya.
Ilustrasi ikan laut mackerel - Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi14 Mei 2024, 19:29 WIB

Polisi Selidiki Kasus Belasan Murid SD Keracunan Jajanan di Sukaraja Sukabumi

Update kasus keracunan massal murid SD di Sukaraja Sukabumi, dua siswa masih belum masuk sekolah.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:18 WIB

Bayi Lahir Tanpa Anus di Cibadak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Seorang bayi di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dilahirkan tanpa lubang anus. Bayi lelaki bernama Muhamad Rifki Sunandar baru berusia 50 hari ini
Muhamad Rifki Sunandar (50 hari) dan sang ibu, Imas (27 tahun) di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari