7 Ciri Seseorang Butuh Teman Curhat, Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian

Selasa 24 Oktober 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Ciri-Ciri Seseorang Butuh Teman Curhat, Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian (Sumber : freepik.com/vecstock)

Ilustrasi. Ciri-Ciri Seseorang Butuh Teman Curhat, Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian (Sumber : freepik.com/vecstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Teman curhat tak hanya bisa menjadi pemberi solusi, mereka juga kerap ada di posisi sebagai pendengar yang baik. Pasalnya, beban hidup yang dipendam bisa meledak dan menjadi boomerang suatu hari nanti.

Orang yang butuh teman curhat bisa terlihat dari sikap dan perilakunya. Bahkan, sebagian dari mereka terus mengeluarkan kode tertentu agar orang di sekelilingnya bersedia menjadi teman curhat.

Posisi teman curhat sangat penting ketika seseorang memiliki masalah hidup tertentu yang bisa memicu stres. Bukannya tenang, memendam masalah bisa berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang.

Baca Juga: 15 Ciri Seseorang Sedang Stres, Terlihat dari Sikap dan Emosionalnya

Ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin butuh teman curhat atau dukungan emosional. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Perubahan perilaku drastis

Seseorang yang biasanya terbuka dan ramah menjadi lebih tertutup atau jauh dari teman-teman mereka. Orang yang butuh teman curhat mungkin juga menarik diri dari aktivitas sosial yang biasa mereka nikmati.

2. Ekspresi emosi intens

Orang yang lelah memendam beban hidup sendirian mungkin tampak sangat emosional, seperti marah, sedih, atau cemas secara berlebihan.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Lelah Mental, Apa Kamu Mengalaminya?

3. Muncul masalah emosional atau psikologis

Tanda-tanda stres, kecemasan, depresi, atau gejala lainnya yang mempengaruhi kesehatan mental dapat menjadi indikasi bahwa seseorang membutuhkan seseorang untuk berbicara. Orang lelah memendam beban hidup sendirian berpotensi mengalami masalah psikologis jika tak kunjung menemukan partner berbagi cerita.

4. Berpikir berulang-ulang

Seseorang yang tampak terjebak dalam berpikir negatif atau siklus pemikiran yang merugikan mungkin membutuhkan teman curhat.

Orang yang butuh teman curhat butuh seseorang untuk membantu mereka melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Orang Kecewa Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

5. Kualitas tidur atau pola makan berubah

Gangguan tidur atau perubahan dalam nafsu makan dapat menjadi tanda-tanda bahwa seseorang sedang berjuang dengan masalah emosional. Kualitas tidur yang buruk adalah salah satu seseorang butuh teman curhat.

6. Terlihat kesepian

Jika seseorang sering mengungkapkan perasaan kesepian atau isolasi sosial, ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka membutuhkan teman curhat atau dukungan. Situasi ini akhirnya membuat seseorang yang butuh teman curhat terlihat kesepian dan menyendiri.

7. Menurunnya produktivitas atau kinerja menurun

Orang yang lelah memendam beban hidup sendirian mungkin mulai mengalami penurunan dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari mereka. Padahal, biasanya mereka produktif dan efisien ketika mengerjakan sesuatu.

Terkadang, seseorang mungkin secara langsung mengungkapkan keinginan untuk berbicara dengan seseorang atau mencari teman untuk mendengarkan mereka (teman curhat).

Baca Juga: 11 Sikap yang Membuat Orang Lain Kecewa, Bohong hingga Khianat

Jika merasa seseorang dalam hidupmu menunjukkan tanda-tanda butuh teman curhat, penting untuk menawarkan dukungan dan mendengarkan mereka. Mendengarkan dengan empati, tanpa menghakimi, bisa sangat membantu Orang yang butuh teman curhat untuk meluapkan emosinya dan mengatasi rasa lelah memendam beban hidup sendirian.

Jika masalah yang dihadapi terlalu berat atau berlangsung lama, mungkin perlu mengajak seseorang yang butuh teman curhat untuk mencari bantuan profesional, seperti seorang psikolog atau konselor. Keberadaan teman yang mendengarkan dan memahami bisa sangat berarti dalam membantu seseorang mengatasi masalah kesehatan mentalnya.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang