6 Ciri dan Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Pengidap ADHD

Rabu 18 Oktober 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi. Pengidap ADHD menikmati pekerjaannya sebagai pelukis | Ciri dan Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Pengidap ADHD (Sumber : Pexels.com/KampusProduction)

Ilustrasi. Pengidap ADHD menikmati pekerjaannya sebagai pelukis | Ciri dan Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Pengidap ADHD (Sumber : Pexels.com/KampusProduction)

SUKABUMIUPDATE.com - ADHD terlihat berbeda pada orang dewasa, yang memungkinka munculnya kegelisahan, diorganisasi, hingga kesukitan fokus. Namun begitu, ADHD memiliki beberapa kekuatan unik.

Sekitar 60% anak mengidap ADHD hingga dewasa. Menurut Anxiety and Depression Association of America. Itu berarti 4,4% dari populasi orang dewasa atau sekitar 8 juta orang dewasa.

Ya, memilih karir dengan keunikan yang dimiliki orang pengidap ADHD, dan tidak terpaku dengan kelemahan yang dimiliki merupakan suatu kekuatan untuk tetap bertahan dan menjadi kunci kesuksesan penderita ADHD, seiring dengan pengobatan ADHD.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Akan Sukses Meski Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Mental Kuat!

Melansir dari situs resmi healthline, Inilah enam jenis pekerjaan yang mungkin akan mendukung pengidap ADHD dengan keunikan yang dimiliki :

Jenis Pekerjaan Untuk Pengidap ADHD

1. Passion-fueled (Dipicu Oleh Gairah)

Pekerjaan ini memerlukan semangat khusus terhadap apa yang anda lakukan, seperti memberikan motivasi, dan fokus alami. Ini bisa merupakan bidang yang sangat anda minati dan dapat bertahan lama.

  • Jenis Pekerjaan : Pelatih kebugaran, guru, penulis, dokter, perawat, pekerja sosial, psikolog, pendakwah, dokter hewan

2. High-intensity (Intensitas Tinggi)

Orang dengan ADHD cenderung bekerja dengan baik di lingkungan yang serba cepat dan berintensitas tinggi, seperti di ruang gawat darurat atau ambulans,” kata Dr. Stephanie Sarkis, psikoterapis klinis dan asisten profesor di Florida Atlantic University di Boca Raton, dikutip via Healthline, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

  • Jenis Pekerjaan : Detektif, petugas polisi, perawat perawatan kritis, petugas pemasyarakatan, operator darurat, pelatih olahraga, petugas pemadam kebakaran.

3. Ultra-structured (Sangat Terstruktur)

Manajemen waktu dapat menjadi salah satu aspek pekerjaan yang paling menantang bagi orang dewasa dengan ADHD, menurut CHADD (Anak-anak dan Orang Dewasa dengan Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder.

Pengidap ADHD menyukai pekerjaan yang terstruktur dan rutin, karena dapat membantu mengubah tantangan tersebut menjadi kesuksesan karir.

  • Jenis Pekerjaan: Militer, manajer proyek, analis data, pengacara, penguji perangkat lunak, akuntan, pengatur klaim asuransi, teller bank, pekerja jalur perakitan pabrik

4. Lightning pace (Kecepatan Kilat)

Salah satu ciri khas ADHD adalah pikiran yang konstan dan cepat berubah. Memanfaatkan atribut tersebut dapat berarti kesuksesan dalam pekerjaan.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Tidak Punya Teman di Sekolah, Menyendiri dan Kesepian

Banyak orang dewasa penderita ADHD melaporkan bahwa mereka senang dengan perubahan yang terus-menerus dan berkembang dalam lingkungan di mana mereka harus beradaptasi dan beradaptasi dengan cepat.

  • Jenis Pekerjaan : Perawat UGD, dokter/ahli bedah trauma, EMT, pemadam kebakaran, guru sekolah, asisten gigi, petugas ritel

5. Hands-on creative (Kreatifitas Langsung)

Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu berupa gagasan maupun karya nyata yang belum pernah ada, dalam bentuk baru sehingga menciptakan sesuatu yang indah.

Pekerjaan langsung yang membutuhkan kreativitas bisa menjadi pekerjaan yang sempurna bagi sebagian penderita ADHD. Jenis pekerjaan ini sering kali menggabungkan kreativitas dan pemecahan masalah bidang di mana penderita ADHD sering kali unggul.

  • Jenis Pekerjaan : Musisi, artis, penari, penghibur, penemu, perancang busana, mekanik, desainer grafis, dekorator interior, arsitek

6. Independent risk-taker (Pengambilan Risiko Yang Mandiri)

Kesediaan untuk mengambil risiko dan berpikir inovatif adalah dua keterampilan yang dimiliki sebagian penderita ADHD. Kedua hal tersebut dapat membantu kesuksesan sebagai bos bagi diri anda di masa depan.

Baca Juga: 6 Jenis Penyakit yang Mirip Dengan ADHD, Harus di Waspadai!

Namun, pekerjaan tersebut harus benar-benar disukai pengidap ADHD, karena pekerjaan yang membutuhkan kemandirian seringkali melibatkan kemampuan yang sulit dimiliki oleh penderita ADHD. Seperti perencanaan, pengorganisasian, dan motivasi.

  • Jenis Pekerjaan : Pialang saham, atlet profesional, pengusaha, investasi komersial, mandor konstruksi, perancang perangkat lunak, pengemudi mobil balap, pilot pesawat

Updaters, ternyata tidak semua pengidap ADHD memiliki masa depan yang suram, bahkan pengidap ADHD seringkali memiliki kemampuan di atas rata-rata orang normal.

Jadi, jangan menilai hanya dari sisi negatifnya saja, cobalah menilai dari sisi positifnya juga ya!

Sumber : healthline-com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)