6 Tips Cara Mendidik Anak Pengidap ADHD, Bunda Harus Sabar!

Selasa 17 Oktober 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi. Orang tua sedang bersikap tegas pada anak ADHD (Sumber : pexels.com/August de Richelieu)

Ilustrasi. Orang tua sedang bersikap tegas pada anak ADHD (Sumber : pexels.com/August de Richelieu)

SUKABUMIUPDATE.com - Mendampingi anak dalam proses tumbuh kembangnya merupakan peran orangtua yang sangat penting. Orangtua harus memperhatikan setiap tumbuh kembang anak yang dijalankan sesuai usianya. Bukan hanya itu, orangtua juga wajib memperhatikan kesehatan mental dan fisik anak terjaga dengan baik.

Orang Tua mungkin akan khawatir ketika mengetahui anak mengidap ADHD. Pasalnya, kondisi ini memiliki masalah dalam pengendalian emosi, terlalu aktif, bahkan bertindak sesuatu tanpa memikirkan akibatnya.

Mendidik dan mendampingi anak pengidap ADHD harus memiliki tips dan trik tertentu, supaya Bunda tidak menghadapinya dengan emosi yang meluap-luap.

Baca Juga: 8 Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Melansir dari situs resmi hellosehat.com, berikut enam tips cara mendidik anak yang mengidap ADHD:

1. Membuat Rutinitas Disiplin

Tips pertama yaitu, bunda bisa membuat jadwal rutinitas yang wajib anak lakukan setiap hari sebagaimana telah dikutip dari Center for Disease Control and Prevention (CDC).

Sebagai contoh, bunda bisa membuat rutinitas dari mulai waktu bangun tidur, sarapan, bermain, tidur siang, hingga istirahat malam. Dengan jadwal rutinitas tersebut, diharapkan anak akan lebih tenang saat melakukan sesuatu.

2. Jauhkan Anak Dari Sesuatu Yang Mengganggu

Salah satu cara mendidik anak dengan gangguan ADHD selanjutnya yaitu menjauhkan mereka dari hal-hal yang membuatnya tidak nyaman.

Baca Juga: Waspada 16 Gejala ADHD Orang Dewasa, Apa Kamu Mengalaminya?

Contohnya, ketika dia sedang belajar sebisa mungkin Bunda jauhkan hal-hal yang membuatnya terganggu. Buat suasana menjadi lebih nyaman dan tenang, seperti mematikan TV.

Karena anak ADHD ada yang bisa berkonsentrasi dalam kebisingan, ada juga yang selalu terganggu dengan kebisingan.

3. Memberi Hadiah Secara Perlahan-lahan

Orang tua boleh memberikan reward atau hadiah kepada si kecil. Namun hindari iming-iming hadiah atas apa yang sudah mereka lakukan. Karena itu hanya akan menjadi kebiasaan untuk anak melakukan sesuatu bukan atas dasar keinginannya sendiri, tetapi hanya ingin hadiah.

Umumnya anak dengan ADHD memiliki masalah dalam merencanakan waktu yang akan datang. Maka tidak masuk akal jika Bunda memberikan hadiah dalam waktu 1 bulan kemudian.

Baca Juga: 7 Kelebihan yang Dimiliki Anak Hiperaktif dan ADHD, Manusia Super!

Sebaiknya beri hadiah dalam waktu dekat. Contoh, Ketika anak sudah disiplin dan melakukan apa yang diperintahkan Bunda, beri dia hadiah seperti boleh bermain game di luar jadwalnya.

4. Bersikap Tegas, Bukan Marah

Tips selanjutnya yaitu orang tua harus bersikap tegas tapi tidak dengan amarah. Memiliki anak dengan kelainan ADHD memang membuat emosi dan energi lebih terkuras. Namun Bunda diharapkan tetap sabar demi si kecil.
Bunda perlu menjelaskan konsekuensi jika anak melakukan kesalahan. Terapkan konsekuensi tersebut dengan perlahan-lahan namun tetap tegas supaya si kecil mengerti.

Namun, jika orangtua juga mengidap ADHD. Hal ini akan menjadi lebih sulit, karena orangtua harus mengontrol terlebih dahulu emosinya, lalu menjadi contoh yang baik untuk anak.

Baca Juga: 4 Faktor Penyebab ADHD Dialami Anak-Anak, Bund Simak Yuk!

Maka dari itu, jika orangtua juga pengidap ADHD, lebih baik utamakan terlebih dahulu diri sendiri, dan buat diri bunda senyaman mungkin supaya tidak meluapkan emosi yang meledak-ledak pada anak.

5. Bantu Anak Menemukan Bakat

Anak dengan ADHD memang selalu dikucilkan oleh sebagian masyarakat, serta dianggap berbeda. Hal ini bisa mempengaruhi psikis anak , dan ia akan merasa dirinya tidak berharga, tidak dapat melakukan apapun bahkan memicu depresi.

Anak ADHD biasanya menaruh minat pada satu hal,, Bunda coba tanyakan apa yang dia suka. Misalnya dia suka menggambar, maka jelaskan saja meskipun dia tidak bisa berhitung dengan benar, tetapi dia dapat menggambar dengan sangat indah. Agar anak lebih semangat.

Baca Juga: 10 Gejala Awal ADHD Pada Anak yang Harus Diwaspadai Para Ibu

6. Melakukan Terapi Ahli

American Academy of Pediatric ( AAP ), merekomendasikan terapi perilaku untuk anak ADHD. Saat terapi berlangsung, kegiatan akan mengandung tiga poin, yaitu:

  • Membuat target sederhana. Misalnya duduk dengan tenang saat belajar dan bermain dengan teman
  • Membuat reward dan konsekuensi
  • Konsisten dalam menjalani terapi

Terlihat sederhana, namun jika konsisten menerapkan hal ini, anak akan terbiasa dan dapat melakukan sendiri hal-hal tersebut.

Mendidik anak dengan ADHD memang tidaklah mudah, perlu kesabaran lebih supaya tidak tersulut emosi saat sedang bersama anak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)