Suka Mengurung Diri, Inilah 7 Tanda Anda Terkena Mental Block dan Penyebabnya

Kamis 05 Oktober 2023, 14:15 WIB
Ilustrasi tanda-tanda seseorang terkena mental block | Foto : Pixabay

Ilustrasi tanda-tanda seseorang terkena mental block | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap manusia pasti memiliki pengalaman entah itu pengalaman baik atau pengalaman buruk. Pengalaman baik dan pengalaman buruk memberikan efek masing-masing.

Terkait dengan pengalaman buruk, bagi sebagian orang ada yang menjadikannya sebagai momen pembelajaran untuk kehidupan yang lebih baik, dengan pengalaman buruk ia akan belajar menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks di masa yang akan datang.

Namun, bagi sebagian lainnya, pengalaman buruk kadang dijadikan sebagai program negatif untuk membatasi atau membentengi diri dalam melakukan sesuatu di masa yang akan datang. Maka secara tidak sadar seseorang tersebut telah menanamkan mental block dalam dirinya.

Baca Juga: Limbahnya Diduga Cemari Sungai, DPRD Setop Produksi Pabrik Tepung di Sukabumi

Mawaddah Ramadhana dalam artikelnya yang dipublikasikan oleh IAIN Metro Lampung (2020) menyebutkan, Mental Block atau biasa disebut Limiting Belief merupakan rasa kurang percaya diri yang menyelubungi pikiran seseorang akibat program negatif yang ada dalamnya.

"Mental Block dapat diakibatkan dari terjadinya kekeliruan mensikapi pengalaman hidup, pergaulan, sisa traumatik masa lalu, sisa luka batin, sisa pengalaman yang tidak mengenakan ketika kecil maupun karena kekeliruan atau kekurangtepatan cara pandang atau anggapan terhadap sesuatu bahkan akibat cara belajar atau pendidikan yang tidak tepat. Kemunculannya bisa berbentuk kecanggungan bertindak atau kesulitan berbicara," tulisnya.

Kondisi ini (rasa kurang percaya diri) merupakan salah satu gangguan psikologis yang harus dibuang jauh-jauh karena bisa membuat kamu sulit memahami serta mendefinisikan sesuatu.

Baca Juga: Kapolri Soal Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK dalam Kasus Syahrul Yasin Limpo

Lebih jauh, dampak dari mental block memungkinkan adanya penolakan pada otak yang mana tubuh pun tentu saja akan bereaksi sehingga berakibat pada terhambatnya segala macam aktivitas, inovasi, motivasi, hingga ide sulit untuk didapatkan ketika kita berada pada kondisi ini.

Saat kita mengalami mental block maka tentunya hal ini akan sangat merugikan serta akan mengganggu kamu baik itu dalam aktivitas ataupun pekerjaan dan menurunkan produktivitas kamu dalam bekerja.

Penyebab Terjadinya Mental Block

Melansir dari topkarir.com penyebab terjadinya mental block sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kurang istirahat dan juga lingkungan sekitar yang tidak kondusif dan mengganggu kamu dalam berpikir, untuk beberapa penyebab lainnya terjadinya mental blok yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Ardiana Trisnawiana, Asda Administrasi Umum Dilantik Jadi Kadisbudpora Kabupaten Sukabumi

Kurang Istirahat

Penyebab yang pertama adalah kurangnya istirahat, seperti yang kita tahu dengan minimnya jam tidur maka hal tersebut bisa meningkatkan probabilitas kamu sehingga terkena gangguan mental block, Hal ini dikarenakan tubuh berada pada kondisi yang lelah dan kurang istirahat sehingga berpengaruh pada otak kita.

Tidak Fokus

Penyebab terjadinya mental block berikutnya adalah karena pikiran kita tidak fokus, apabila kamu mengalami gejala ini maka salah satu cara untuk mengatasinya kamu bisa fokus dalam satu hal terlebih dahulu dan Jangan melakukan multitasking serta mengerjakan beberapa hal dalam waktu bersamaan.

Lingkungan Sekitar Tidak Kondusif

Berikutnya adalah karena lingkungan di sekitar kamu yang tidak kondusif, lingkungan yang tidak kondusif ini bisa saja lingkungan yang terlalu ramai dan padat sehingga bisa memperparah stres yang kamu alami karena banyak gangguan dan bunyi-bunyi berisik. Kamu bisa meluangkan waktu untuk tinggal ataupun berlibur di pedesaan yang suasananya lebih tenang.

Baca Juga: Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua, Ini 7 Alasan Anak Berubah Jadi Pendiam

Kebiasaan Menunda Sesuatu

Terbiasa menunda pekerjaan tentunya akan berakhir menjadi sebuah kecemasan karena pekerjaan yang seharusnya sudah selesai karena kita menundanya maka pekerjaan tersebut malah mangkrak dan tidak terselesaikan, jadi usahakan dalam bekerja kamu bisa mengerjakan segala sesuatu pekerjaan dengan tepat waktu agar tidak menyebabkan mental block.

Imposter Syndrome

Penyebab berikutnya adalah imposter syndrome, sindrom ini merupakan salah satu sindrom yang bisa membuat seseorang beranggapan bahwa dirinya tidak kompeten, sindrom ini juga biasanya dikenal sebagai salah satu sindrom yang cukup berbahaya karena membuat diri kita seakan tidak berguna.

Perfeksionisme

Selanjutnya adalah memiliki sifat perfeksionisme, saat kamu memiliki sifat ini maka kamu akan tergila-gila akan kesempurnaan yang tentunya hal ini bisa menghambat produktivitas kamu karena cenderung tidak dapat mengerjakan segala sesuatu dengan cepat, sifat ini juga dapat membuat kamu menganggap bahwa kamu tidak boleh kalah dari siapapun.

Baca Juga: Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Trending Usai Film Dokumenter Ice Cold Viral

Pesimisme

Selain penyebab mental block karena memiliki sifat perfeksionisme ternyata penyebab lainnya dari mental block ini adalah sifat pesimisme, pesimisme merupakan salah satu bentuk gangguan kepercayaan diri lainnya yang bisa menjadi penyebab utama terhambatnya produktivitas kamu dan mengalami mental block. contoh mental block salah satunya adalah kamu tidak pede dalam mengerjakan sebuah pekerjaan yang bukan lingkup pekerjaan.

Jenis-jenis Mental Block

Sampai saat ini mental block menjadi salah satu gangguan yang bisa membuat setiap orang menjadi tidak produktif dan bisa mengganggu mereka dalam bekerja, sejumlah pakar sudah menggolongkan gangguan mental blok ini ke dalam 7 jenis yang berbeda, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja jenis mental block kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

1. Self doubt / Ragu terhadap diri sendiri

Mental block jenis self doubt adalah sebuah bentuk keraguan terhadap kemampuan diri sendiri, jenis ini salah satu yang sangat berbahaya karena bisa menurunkan performa seseorang dalam hal menunjukkan bakat serta biasanya orang yang memiliki jenis ini akan berpikir bahwa dirinya tidak bisa memenuhi kriteria yang seharusnya bisa dicapai oleh dia.

Baca Juga: Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Trending Usai Film Dokumenter Ice Cold Viral

2. Comparison / membandingkan diri dengan orang lain

Mental block Comparison adalah jika seseorang membandingkan kemampuan dirinya dengan kemampuan orang lain, sehingga menjadikan kesuksesan orang sebagai salah satu ancaman baginya. Hal ini tentunya bisa terjadi ketika seseorang merasa bahwa tidak ada satupun peluang yang tersisa di dunia ini. Maka dari itu jenis ini cukup berbahaya terutama bagi mereka yang saat ini sedang mencari kerja.

3. Tunnel vision / mengurung diri

Mental block Tunnel vision bisa mengakibatkan seseorang terus-menerus mengurung diri dari kenyataan, parahnya lagi jenis mental block ini bisa membuat perspektif seseorang berubah sehingga tidak mampu berpikir dengan jernih dan objektif sesuai dengan fakta yang ada.

4. Indecision / waswas dalam mengerjakan sesuatu

Selanjutnya Mental block Indecision yaitu suatu kondisi yang bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih waswas saat akan memutuskan sesuatu, Hal ini dikarenakan mereka akan cenderung mempertimbangkan segala bentuk kemungkinan yang belum tentu terjadi. Hal ini Jika dibiarkan terus-menerus maka akan cukup berbahaya karena bisa mengubur kemampuan seseorang dalam bertindak lebih cepat.

Baca Juga: 8 Prinsip Hidup Seorang Samurai yang Bisa Ditiru Agar Lebih Bijaksana

5. Uncertainty / Bingung memilih

Berikutnya adalah Mental block Uncertainty, suatu kondisi yang mirip dengan indecision, akan tetapi bedanya jenis ini mengacu pada ketidakmampuan seseorang dalam menemukan sebuah solusi ketika diminta membuat sebuah keputusan. Seseorang yang memiliki gangguan jenis ini biasanya akan kebingungan jika dirinya diberikan sebuah opsi untuk dijawab.

6. Fixed mindset / Kelebihan rasa percaya diri

Jenis mental block Fixed mindset suatu keadaan terhambatnya pola pikir seseorang dan bisa terjadi pada orang dengan rasa percaya yang berlebih, Hal ini dikarenakan mereka akan terus-menerus berpikir sebagai orang yang paling hebat dan tidak bisa dikalahkan. Kemungkinan terburuk jika seseorang mengalami jenis mental buruk ini adalah mereka akan menganggap kekalahan sebagai hal yang paling memalukan.

7. No limits

Yang terakhir adalah mental block No limit, Yaitu jika kita beranggapan bahwa seseorang yang pandai dalam segala hal pasti sangat keren, akan tetapi pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena manusia yang ahli dalam segala hal malah bisa dikategorikan menjadi salah satu gangguan mental. Hal tersebut dikarenakan mereka akan cenderung tidak mampu membagi fokus sehingga akan mendapatkan tekanan batin yang berlebih.

Baca Juga: Kenali 5 Dampak Buruk Telat Ganti Oli Mesin, Jangan Anggap Sepele!

Cara Mudah Mengatasi Mental Block

Setelah mengetahui apa itu mental block mulai dari pengertian, penyebab dan juga jenisnya, berikutnya bagaimana mengetahui mengenai cara mengatasi mental block itu sendiri agar suatu waktu mengalami mental block kita bisa mengatasi hal tersebut dengan mudah.

Cara yang pertama untuk mengatasi mental block yaitu dengan mengenali segala bentuk gangguan psikologi yang ada dengan baik, serta lebih sadar akan gejala yang dialami.

Kedua, yaitu dengan menata ulang cara berpikir agar bisa melihat segala sesuatu dalam perspektif dan sudut pandang yang berbeda.

Ketiga, dengan mengendalikan diri ketika merasa terlalu banyak pikiran yang mengganggu dan menghambat. Tinggalkan segala sesuatu yang ada di masa lalu dan fokus pada masa kini. Mulailah segala pekerjaan dengan rangkaian yang sederhana untuk membuat segala sesuatu lebih terstruktur.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Komentari Aksi Bebersih Sampah di Pantai Loji Sukabumi

Berikutnya, jangan sekali-kali memendam perasaan ataupun emosi, cobalah untuk menceritakannya kepada orang lain atau menulisnya pada sebuah kertas agar emosi kamu bisa tersalurkan. Maafkan segala kesalahan yang sudah dilakukan oleh diri sendiri dan melupakan kejadian buruk di masa lalu dengan perlahan.

Cara yang terakhir adalah kamu bisa meningkatkan pola hidup sehat dengan cara rajin berolahraga serta melakukan konsultasi dengan psikologi untuk mendapatkan saran mengenai kondisimu saat ini.

Itulah sedikit ulasan mengenai mental block, namun yang perlu kamu ketahui kondisi ini tentu saja tidak bisa hilang dengan mudah oleh karena itu kamu bisa bersabar dan menikmati prosesnya.

Sumber : Berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 21:12 WIB

Tindaklanjuti SE Pj Gubernur Jabar, Disdik Sukabumi Perketat Izin Study Tour Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi resmi terbitkan surat himbauan terkait study tour. Berikut isinya
Ilustrasi study tour naik bus. | Sumber Foto: Pixabay
Sehat13 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Kurkumin hingga Kulit Jeruk

Inilah Jenis-jenis Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Mulai Dari Kurkumin hingga Kulit Jeruk.
Ilustrasi. Radang Sendi | Ketahui Sederet Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi (Sumber : Freepik/@freepik)