Kenali 5 Dampak Buruk Telat Ganti Oli Mesin, Jangan Anggap Sepele!

Kamis 05 Oktober 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi - Kenali 5 Dampak Buruk Telat Ganti Oli Mesin, Jangan Anggap Sepele!. | (Sumber : Freepik.com/@ aleksandarlittlewolf)

Ilustrasi - Kenali 5 Dampak Buruk Telat Ganti Oli Mesin, Jangan Anggap Sepele!. | (Sumber : Freepik.com/@ aleksandarlittlewolf)

SUKABUMIUPDATE.com - Oli mesin adalah cairan pelumas yang digunakan dalam mesin kendaraan bermobil dan mesin lainnya untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen yang bergerak di dalam mesin.

Oli mesin memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja mesin agar kendaraan bisa awet serta tahan lama. Oleh karenanya, pengendara wajib mengganti oli mesin secara berkala.

Sebab, jika oli mesin telat diganti sangat beresiko terhadap performa mesin. Dan jika hal itu terus diabaikan maka akan berdampak buruk pada kendaraan.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

Oli mesin sendiri jika pada mobil harus segera diganti ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 km, atau perkiraan dalam satuan waktu setiap enam bulan sekali.

Pergantian oli mesin pada mobil bisa dilakukan lebih cepat jika pemakaian kendaraan dilakukan intens setiap waktu.

Lantas, apa yang terjadi jika oli mesin telat diganti? Berikut ada beberapa dampak buruk yang terjadi saat kendaraan telat ganti oli mesin.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

1. Bahan Bakar Jadi Boros

Telat ganti oli mesin membuat gesekan mesin semakin kuat dan tarikan bakal semakin berat pula. Mesin akan dipaksa bekerja lebih keras lagi. Nah, hal itu yang bikin bahan bakar terkuras oleh mesin kendaraan.

2. Suara dan Getaran Mesin Tidak Nyaman atau Kasar

Salah satu faktor telat ganti oli mesin adalah suara mesin yang kasar getaran pada kendaraan yang tidak nyaman. Kondisi itu bisa disebabkan oli mesin yang sudah encer yang mengakibatkan gesekan mobil terasa kasar.

3. Mesin Cepat Panas

Mesin cepat panas atau overheating salah satunya disebabkan karena telat ganti oli mesin secara berkala. Oli selain untuk pelumas, memiliki fungsi sebagai pendingin mesin. Jika oli tidak diganti secara teratur maka akan berefek pada mesin kendaraan.

Baca Juga: 12 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

4. Penurunan Performa Mesin Kendaraan

Oli mesin yang sudah lama tidak diganti, bentuknya akan berubah jadi encer dan bercampur dengan kotoran. Situasi tersebut jika terus dibiarkan membuat mesin cepat rusak dan perlahan-lahan kinerjanya semakin turun.

5. Mesin Kotor dan Berkerak

Oli yang tidak diganti dan terus dibiarkan, akan memunculkan kotoran yang disebabkan gesekan oli. Kotoran itu nantinya akan berubah jadi kerak dan terus bercampur dengan oli. Akibatnya oli mesin menghitam dan membuat performa mesin jadi cepat lemah.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id