10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

Rabu 13 September 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

Ilustrasi - 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang kuat secara mental sering memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dan kesulitan, bahkan jika mereka sering disakiti secara emosional atau mental.

Individu yang kuat secara mental memiliki kekuatan emosional, psikologis, dan sosial yang membantu mereka menghadapi berbagai situasi dengan keyakinan dan ketenangan. Mereka memiliki kemampuan untuk menghadapi stres dan tekanan tanpa merasa terlalu terbebani atau terpancing emosi.

Berikut adalah beberapa ciri yang sering ditemukan pada orang yang kuat secara mental meskipun sering disakiti:

Baca Juga: 9 Tanda Kamu Orang yang Cerdas Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

1. Kemampuan untuk Menerima Kritik

Mereka dapat menerima kritik konstruktif tanpa merasa terluka atau marah dan melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Ciri orang kuat mental akan terbuka dengan segala kritik yang menyerangnya.

2. Mampu Mengelola Emosi

Mampu mengenali dan mengelola emosi dengan baik dan mereka tidak membiarkan emosi negatif menguasai pikiran dan tindakannya. Bisa disebut mereka sangat bijaksana dan tahu cara menyalurkan emosinya.

3. Bersikap Empati

Orang yang kuat secara mental sering memiliki empati yang kuat terhadap orang lain. Mereka dapat memahami perasaan dan perspektif orang lain, bahkan jika mereka sendiri sering disakiti.

Baca Juga: 7 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

4. Resilien

Seseorang yang kuat mental cenderung mengadopsi sifat resilien, dan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap stres dan tekanan. Mereka dapat pulih dari kejadian traumatis atau kesulitan dengan cepat.

Mereka akan cepat bangkit meskipun banyak orang lain yang menyakitinya atau bahkan merendahkannya. Dapat pulih lebih cepat walau rencananya tidak sesuai yang diharapkannya.

5. Menetapkan Batasan

Orang yang kuat secara mental tahu kapan harus mengatakan "tidak" dan menetapkan batasan dalam hubungan dan kehidupan mereka. Mereka tidak membiarkan diri mereka dieksploitasi atau dimanipulasi.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Supaya Menjadi Penurut Kepada Orang Tua

6. Mencari Dukungan

Meskipun kuat secara mandiri, mereka juga tahu kapan harus mencari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional ketika mereka membutuhkannya. Adakalanya, orang yang kuat mental juga membutuhkan seseorang yang dipercaya untuk mensuportnya.

7. Kemampuan Belajar dari Pengalaman

Mereka melihat kesalahan dan pengalaman pahit sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar. Mereka tidak terlalu terpaku pada kesalahan masa lalu dan akan terus bangun tanpa memperdulikan omongan orang lain.

8. Optimis

Meskipun menghadapi kesulitan, mereka sering memiliki pandangan optimis terhadap kehidupan. Mereka percaya bahwa hal-hal akan menjadi lebih baik dan setiap permasalahan pasti ada solusinya.

Baca Juga: 14 Cara Memotivasi Diri untuk Hidup Bahagia Apa Adanya, Yuk Lakukan!

9. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka sendiri adalah ciri orang-orang yang kuat mental. Mereka tidak mencari kambing hitam atau menyalahkan orang lain dan akan mengakui apa yang menjadi kesalahannya sendiri.

10. Tidak Iri Pada Kesuksesan Orang Lain

Tidak iri terhadap kesuksesan orang lain adalah salah satu ciri orang yang kuat secara mental. Ini menunjukkan kedewasaan emosional, rasa puas dengan diri sendiri, dan kemampuan untuk merasakan kebahagiaan bagi orang lain.

Orang yang kuat secara mental lebih fokus pada perjalanan dan pencapaian pribadi mereka daripada membandingkan diri mereka dengan orang lain. Mereka tahu bahwa kebahagiaan sejati berasal dari pencapaian pribadi yang memenuhi nilai-nilai dan tujuan pribadi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi23 Oktober 2024, 22:10 WIB

Banggar DPRD Sukabumi dan Pemda Sepakati RAPBD 2025, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025.
Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi sepakati RAPBD 2025 | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi23 Oktober 2024, 21:49 WIB

Kecewa, 16 Anggota Walk Out Saat Paripurna Pembentukan AKD DPRD Kota Sukabumi

Sebanyak 16 Anggota DPRD Kota Sukabumi dikabarkan tak kembali saat jeda istirahat sidang paripurna membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) di ruang sidang Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) malam.
Rapat paripurna pembahasan AKD di Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Dok. Sekwan
Inspirasi23 Oktober 2024, 20:53 WIB

Jejak Inspiratif, Sosok Wamen Pendidikan Dr. Fajar Dimata Guru dan Kakak Kelas di YASTI Sukabumi

Kemunculan nama Fajar Riza Ulhaq di jajaran Kabinet Merah Putih menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan kakak kelasnya semasa sekolah tingkat menengah di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, Dr. Fajar merupakan alumni MTs YASTI
Dr. Fajar Riza Ulhaq, Wamen Pendidikan RI 2024-2029 (kiri), Haerudin (Guru MTs Yasti Cisaat Sukabumi) | Foto : Sukabumiupdate.com
Musik23 Oktober 2024, 20:00 WIB

Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan

Festival musik yang akan mendatangkan musisi dari K-Hip Hop dan K-R&B yakni NEVAEVA! Festival 2024 secara resmi mengumumkan batal diselenggarakan.
Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan (Sumber : Instagram/@nevaeva_indonesia)
Jawa Barat23 Oktober 2024, 19:58 WIB

Anggota DPRD Jabar Haji Aka Minta Negara Cari Solusi untuk Masalah Gurandil di Sukabumi

Hal ini lebih khusus disampaikan kepada Dinas ESDM Jabar.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana mengikuti rapat kerja dengan mitra kerja Komisi IV di kantor BAPENDA Kabupaten Garut pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 Oktober 2024, 19:29 WIB

Hilang Kendali di Tikungan Lalu Tabrak Warung, Pemotor Tewas di Simpenan Sukabumi

Mereka diduga kehilangan kendali sehingga terjatuh ke sebelah kiri jalan.
Lokasi kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel23 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Makanan Khas Kota Tangerang yang Unik dan Menggugah Selera

Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba.
Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba. (Sumber : Instagram/@laksatangerangcikimhua/@sumsum_pisangmas).
Entertainment23 Oktober 2024, 18:30 WIB

NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap

Kabar bahagia datang dari NCT DREAM yang akan comeback dengan merilis album terbaru bertajuk DREAMSCAPE pada 11 November 2024. Renjun akan berpartisipasi usai hiatus.
NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap (Sumber : Instagram/@nct_dream)
Life23 Oktober 2024, 18:00 WIB

Kumpulan Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki dan Perempuan, Yuk Amalkan

Berdoa meminta jodoh terbaik merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Allah SWT.
Meminta jodoh yang terbaik adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang bisa membimbing kita dalam menjalankan ibadah dan meraih ridho Allah. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi23 Oktober 2024, 17:53 WIB

Satu Tewas! Pemotor Satria Kecelakaan Tunggal di Jalan Simpenan Sukabumi

Kecelakaan melibatkan pengendara dan penumpang sepeda motor Satria F 150.
Sepeda motor Satria F 150 yang kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa