Riset: Nonton Film Horor Bantu Sembuhkan Masalah Mental dengan Stimuli Emosional

Minggu 10 September 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi. Horror Movies | Riset: Nonton Film Horor Bantu Sembuhkan Masalah Mental dengan Stimuli Emosional (Sumber : pixabay.com/@SyaibatulHamdi)

Ilustrasi. Horror Movies | Riset: Nonton Film Horor Bantu Sembuhkan Masalah Mental dengan Stimuli Emosional (Sumber : pixabay.com/@SyaibatulHamdi)

SUKABUMIUPDATE.com - Animo menonton film horor semakin meningkat sejak KKN Desa Penari sukses membuat masyarakat terpukau. Penikmat film horor suka menonton genre mencekam ini dengan alasan dapat memuaskan kekesalan di hati, berteriak sepuasnya hingga penasaran dengan jumpscare yang dinantikan.

Meskipun, tak semua orang suka atau berani menonton film horor. Padahal, seperti mengutip Tempo.co, para ilmuwan justru menggunakan adegan film horor untuk mencari tahu soal jalinan kunci neural pada manusia yang menjelaskan bagaimana otak memproses perasaan takut dan cemas.

Peneliti berharap hasil penemuan bisa membantu mencari cara baru untuk menyembuhkan penderita gangguan mental. Banyak orang yang cenderung terus mengingat pengalaman buruk karena dianggap berguna untuk mempertahankan hidup sehari-hari.

Akan tetapi, interpretasi yang berlebihan terhadap ketakutan justru hanya menimbulkan kecemasan dan berbagai masalah mental lain, kata para peneliti. Mereka tak perlu mengira-ngira lagi soal sirkuit di otak yang memunculkan ketakutan.

Baca Juga: 15 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental

Para peneliti dari Universitas California Irvine (UCI) di Amerika Serikat telah merekam aktivitas neuron dengan menggunakan elektroda yang diselipkan di amigdala dan hippokampus, yang merupakan dua bagian di otak pada sembilan orang saat mereka menonton film horor untuk merangsang munculnya rasa takut.

“Elektroda dalam otak menangkap gerakan neuron yang melesat setiap milidetik dan mengungkapkan dalam waktu yang sesungguhnya bagaimana otak mempengaruhi stimuli ketakutan,” jelas Zheng Jie, lulusan UCI dikutip via Tempo pada Minggu (10/9/2023).

Mengenal apa itu stimuli emosional

Para peneliti mendapatkan amigdala dan hippokampus berperan penting dalam mengenali stimuli emosional dan melekatkannya di memori.

Pengembangan cara penyembuhan gangguan mental dengan film horor ini dilakukan melalui proses memahami aktivasi jaringan otak dalam memproses stimuli rasa takut.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Butuh Support System, Suka Menyendiri

Hasil penelitian tentang manfaat film horor untuk mengatasi masalah mental itu kemudian diterbitkan di jurnal Nature Communications.

“Kenyataannya, neuron di amigdala dilepaskan 120 milidetik lebih awal dari yang di hippocampus. Kami bisa menghitung dinamika otak dengan presisi seperti itu,” kata Zheng, dikutip dari India Times.

Penelitian terhadap manusia dan hewan telah menegaskan peran amigdala dalam memproses rasa takut. Penelitian peran setara hippokampus turut berperan dalam meningkatkan proses memori dari peristiwa-peristiwa emosional.

Meskipun sebelumnya, tak pernah diketahui bagaimana dua bagian otak yang saling berdekatan tersebut berinteraksi dalam mengenali stimuli rasa takut.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini
Sukabumi02 Desember 2023, 11:22 WIB

Minta Keterbukaan Pembangunan, Warga Segel Kantor Desa di Kabandungan Sukabumi

Polisi menyebut aksi unjuk rasa dan penyegelan dilakukan spontan.
Penyegelan kantor Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 1 Desember 2023. | Foto: Istimewa
Life02 Desember 2023, 11:00 WIB

9 Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan

Sikap anak dengan masalah kepribadian wajib diperhatikan orang tua agar tidak terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan. Ayah bunda harus peka ketika anak menunjukkan sikap dan perilaku tidak normal seperti seharusnya.
Ilustrasi. Anak-anak | Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan (Sumber : pixabay.com/@IsaKarakus)
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:46 WIB

Jaga Netralitas ASN dan Perangkat Desa, Panwaslu Cidadap Sukabumi Rakor Pemilu

Rakor ini untuk menjalankan fungsi dan tugas Panwaslu, terutama karena sudah dimulainya tahapan Pemilu 2024.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (1/12/2023). | Foto: Istimewa
Cek Fakta02 Desember 2023, 10:30 WIB

Kemenkominfo Take Down Ratusan Konten Hoaks tentang Pemilu

Meski penyebaran isu hoaks cukup masif, namun tidak semua konten akan diturunkan.
(Foto Ilustrasi) Kemenkominfo telah mengidentifikasi 355 konten yang mengandung 96 isu hoaks terkait pemilu di berbagai platform media sosial. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:12 WIB

Punya 62 TPS, Panwaslu Cidadap Sukabumi Bahas Distribusi Logistik Pemilu

Persiapan dan koordinasi perlu untuk melakukan pengawasan sesuai tugas dan fungsi.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (2/12/2023). | Foto: Istimewa
Sehat02 Desember 2023, 10:00 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Buah adalah salah satu makanan yang paling sehat dan bergizi. Buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.
Ilustrasi -7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari (Sumber : Freepik)
Food & Travel02 Desember 2023, 09:00 WIB

Tempat Camping di Sukabumi Ini Bisa Basah-basahan Main di Sungai, Yuk Kepoin!

Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya
Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya (Sumber : Instagram/@batureaph)
Food & Travel02 Desember 2023, 08:00 WIB

Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur

Rogan Soup menjadi salah satu kuliner khas Cianjur yang bisa menjadi buruan kamu saat berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Barat tersebut
Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur (Sumber : YouTube)
Science02 Desember 2023, 07:00 WIB

Cuaca Jabar 2 Desember 2023, Yuk Cek Dulu Sebelum Pergi Berlibur!

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023 | Foto: Unplash
Food & Travel02 Desember 2023, 06:00 WIB

Peuyeum Populer di Bandung hingga Sukabumi, Begini Cara Membuat Tape Singkong

Tape Singkong populer di Jawa Barat, Indonesia, terutama di antara masyarakat Sunda seperti Bandung hingga Sukabumi. Peuyeum sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue tradisional atau bisa dimakan langsung. Begini Cara Membuat Tape Singkong!
Peuyeum Populer di Bandung hingga Sukabumi, Begini Cara Membuat Tape Singkong (Sumber : Instagram/@the_sutedjos_family)