5 Manfaat Shalat Dhuha untuk Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan Mental

Selasa 12 September 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Manfaat Shalat Dhuha untuk Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan Mental (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Manfaat Shalat Dhuha untuk Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan Mental (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Shalat Dhuha termasuk salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam, karena memiliki banyak manfaat yang sangat baik. 

Manfaat Shalat Dhuha tak hanya menjadi amalan mempermudah rezeki, tetapi berkaitan dengan kebaikan spiritual dan mental daripada kesehatan fisik secara langsung.

Meskipun begitu, ada beberapa aspek dalam Shalat Dhuha yang dapat memiliki pengaruh positif pada kesehatan seseorang. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Manfaat Shalat Dhuha untuk Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan Mental

1. Aktivitas Fisik

Shalat Dhuha melibatkan gerakan fisik seperti ruku' (melipat badan) dan sujud (bersujud). Gerakan Shalat Dhuha ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, fleksibilitas tubuh, dan meningkatkan postur tubuh.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

Manfaat Shalat Dhuha ini pada akhirnya dapat mendukung kesehatan fisik orang yang menunaikannya.

2. Relaksasi dan Ketenangan

Shalat Dhuha dapat memberikan ketenangan dan relaksasi dalam rutinitas harian. Manfaat ini tercermin dari Shalat Dhuha bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental yang dapat berdampak positif pada kesehatan fisik.

3. Konsentrasi Pikiran

Ibadah shalat, termasuk Shalat Dhuha, mengharuskan umat Muslim untuk fokus pada ibadah dan menghapus segala macam gangguan. Hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan klaritas pikiran, yang berdampak positif pada pengambilan keputusan dan kesehatan mental.

4. Rutin dan Disiplin

Menjalankan Shalat Dhuha secara rutin dapat membantu menciptakan kebiasaan yang baik dan disiplin dalam hidup. Kedisiplinan ini dapat membantu umat muslim menjaga kesehatan fisik dengan menjalani pola hidup yang sehat, seperti makan dengan benar dan berolahraga.

5. Hubungan Sosial Positif

Shalat Dhuha juga dapat membantu memperkuat hubungan sosial dengan komunitas Muslim. Hubungan yang positif dan dukungan sosial dapat berdampak positif pada kesehatan mental dan emosional.

Baca Juga: 15 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental

Namun, penting untuk diingat bahwa Shalat Dhuha adalah ibadah yang dilakukan dengan niat ikhlas kepada Allah, dan tujuan utamanya adalah mendekatkan diri kepada-Nya guna meraih berkah spiritual.

Penting juga untuk mencatat bahwa manfaat kesehatan dari Shalat Dhuha dapat berbeda-beda bagi setiap individu. Beberapa orang mungkin merasa manfaat kesehatan yang lebih besar dari ibadah ini dibandingkan dengan yang lain.

Akan tetapi, poin yang lebih penting adalah menjalankan Shalat Dhuha dengan penuh keikhlasan dan niat yang baik, dan menjaga kesehatan fisik melalui gaya hidup sehat secara umum.

Baca Juga: 8 Dampak Masalah Mental Terhadap Perilaku Anak, Ayah Bunda Wajib Tahu!

Niat Shalat Dhuha

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

"Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa."

Artinya:

Aku niat shalat sunat dhuha dua raka'at, karena Allah ta'ala.

Tata cara sholat dhuha sama dengan sholat pada umumnya. Kemudian setelah sholat dhuha membaca doa.

Doa yang dibaca setelah selesai sholat dhuha:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.

Artinya :

"Ya Allah, bahwasanya waktu dluha itu waktu dluhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu".

"Ya Allah, jika rizkiku masih diatas langit, turunkanlah .dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dluha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh".

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik01 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Rumah - Salma Salsabil, “Tempat yang Kurindu Sejak Lama”

Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya.
Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. (Sumber : YouTube/@Salma Salsabil).
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim
Keuangan01 Maret 2024, 15:06 WIB

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Februari, Hanya 1 Provinsi yang Harganya Turun

Beras mengalami inflasi 5,32 persen dengan andil terhadap IHK 0,21 persen.
(Foto Ilustrasi) BPS menyebut beras menyumbang inflasi terbesar pada Februari 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi01 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 14:51 WIB

Catat! Ini 4 Program Prioritas Dinsos Kota Sukabumi hingga 2025

Program pertama adalah peningkatan mutu penanganan rehabilitasi dan perlindungan sosial.
Kadinsos Kota Sukabumi Fajar Rajasa saat menghadiri forum perangkat daerah untuk rencana kerja tahun 2025 pada Jumat (1/3/2024). | Foto: SU
KATA WARGANET01 Maret 2024, 14:45 WIB

KPID Berbondong-bondong Desak MK Perpanjang Masa Jabatan KPI Jadi 5 Tahun

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) di berbagai daerah mendesak kepada Mahkamah Konstitusi (MK) agar mengabulkan permohonan uji materiil Pasal 9 ayat (3) UU 32/2002 tentang Penyiaran terkait perpanjangan masa jabatan KPI
Irwansyah, Ketua KPID Kalimantan Timur | Foto : Ist/Sukabumi Update
Cek Fakta01 Maret 2024, 14:43 WIB

Beredar Video Hoaks Kantor KPU dan Kementerian Dibakar

Video ini merupakan peristiwa kericuhan demonstrasi pada 22 Mei 2019.
(Foto Ilustrasi) Beredar video dan unggahan hoaks soal pembakaran kantor KPU. | Foto: Istimewa