7 Ciri Tatapan Mata Seseorang yang Sedang Berbohong, Pasti Ketahuan!

Rabu 06 September 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi - 7 Ciri Tatapan Mata Seseorang yang Sedang Berbohong, Pasti Ketahuan!. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

Ilustrasi - 7 Ciri Tatapan Mata Seseorang yang Sedang Berbohong, Pasti Ketahuan!. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

SUKABUMIUPDATE.com - Tatapan mata seseorang yang berbohong dapat mengungkapkan beberapa ciri-ciri tertentu, meskipun penting untuk diketahui bahwa tidak ada satu tanda spesifik yang bisa dengan pasti menentukan bahwa seseorang berbohong.

Namun, ciri orang yang sedang berbohong dapat dilihat dari sikapnya yang berbeda dari orang pada umumnya. Bahkan, orang awam pun bisa mengenali geliat orang berbohong dari tatapan matanya.

Beberapa ini ada beberapa ciri tatapan mata yang dapat mengindikasikan seseorang sedang berbohong, dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

1. Tatapan Kosong

Tatapan mata kosong atau tatapan yang tampak tidak terfokus bisa menjadi salah satu ciri seseorang sedang berbohong. Ini karena ketika seseorang berbohong, otak mereka mungkin bekerja keras untuk merancang cerita atau menjawab pertanyaan dengan tidak jujur, yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari interaksi yang sebenarnya.

2. Memejamkan Mata

Memejamkan mata tak melulu menandakan orang mengantuk saja, tapi bisa jadi ciri seseorang yang berbohong, tetapi ini bukan indikator yang pasti atau khusus untuk memastikan kebohongan.

Perubahan dalam ekspresi mata, termasuk memejamkan mata atau mengatupkan mata dengan kuat, bisa terjadi ketika seseorang merasa cemas, tidak nyaman, atau merasa tertekan. Ini mungkin terjadi ketika seseorang berusaha untuk menyembunyikan kebenaran atau merasa terjebak dalam situasi yang membutuhkan kebohongan.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

3. Mengarahkan Mata ke Arah Kanan

Seseorang yang kedapatan berbohong biasanya akan mengarahkan atau melirik arah pandangan matanya ke kanan ketimbang menatap lawan bicaranya. Hal itu bisa saja menjadi pertanda bahwa ia sedang dalam kondisi yang tidak nyaman.

Orang tersebut bermaksud untuk mengalihkannya karena merasa terintimidasi oleh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya. Karena sudah terlanjur berbohong, ia pun takut jika menatap mata langsung.

4. Menatap ke Arah Bawah

Banyak hal yang bisa dilakukan orang ketika sedang berbohong, salah satunya dengan menatap ke arah bawah kanan. Mereka melakukan itu karena tak ingin aroma kebohongannya tercium oleh orang di hadapannya.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

5. Mengedipkan Mata

Saat seseorang mengedipkan mata secara berlebihan sering dikaitkan dengan kekhawatiran atau kecemasan. Beberapa kemungkinan dapat terjadi ketika orang kerap mengedipkan mata saat diajak bicara.

Bisa jadi karena dia tidak tenang atau sedang berbohong, hal itu mereka lakukan karena sedang dalam kondisi tidak nyaman. Seseorang yang merasa tertekan karena berbohong, ia cenderung akan mengedipkan sampai enam kali dalam sekali waktu.

6. Kerap Menggerakkan Bola Mata

Bola mata seseorang yang sedang berbohong cenderung tidak tenang dan akan bergerak ke arah kanan dan kiri. Ini sebagai reaksi ketika ia menyembunyikan kegelisahannya dan ketidaknyamanannya saat menjawab pertanyaan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami Agar Badan Kembali Harum

7. Tatapan yang Tidak Konsisten

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki tatapan yang tidak konsisten. Mereka mungkin tidak dapat mempertahankan tatapan mata secara konsisten selama percakapan.

Mereka seakan tak mau jika aksi kebohongannya terungkap. Maka tatapan yang tidak konsisten menunjukan bahwa ia sedang gelisah dan tidak nyaman dengan pertanyaan yang dihadapkannya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)