7 Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami Agar Badan Kembali Harum

Selasa 05 September 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - 7 Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami Agar Badan Kembali Harum. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

Ilustrasi - 7 Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami Agar Badan Kembali Harum. (Sumber : Freepik.com/@benzoix.)

SUKABUMIUPDATE.com - Bau ketiak juga dikenal sebagai bau badan atau bau tubuh, umumnya disebabkan oleh kombinasi keringat dan bakteri yang hidup di kulit Anda.

Ketiak adalah salah satu area tubuh yang rentan terhadap produksi keringat. Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau, tetapi jika tercampur dengan bakteri di kulit Anda, dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

Ketika bau ketiak tetap dibiarkan akan memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Bahkan, bau ketiak terkadang juga dapat mengganggu kenyaman orang-orang disekitarnya.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau ketika secara alami.

1. Sering Mandi dengan Sabun

Salah satu langkah penting adalah menjaga kebersihan daerah ketiak dengan baik. Mandilah secara teratur dan bersihkan ketiak dengan sabun yang lembut untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan bau.

2. Mengurangi Stres

Stres dapat meningkatkan produksi keringat yang dapat memperburuk bau ketiak. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk mengatasi stres. Ketika tubuh merasa rileks, produksi kelenjar keringat fisiologis dapat diminimalkan.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

3. Waxing Bulu Ketiak

Menghilangkan bulu ketiak bisa membantu mengurangi bau ketiak karena keringat dan bau lebih mudah menempel pada bulu. Anda bisa mencukur atau waxing ketiak secara teratur.

4. Gunakan Pakaian Penyerap Keringat

Pilih pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun, yang bisa membantu kulit "bernafas" lebih baik. Hindari pakaian sintetis yang dapat menyebabkan keringat berlebihan.

5. Gunakan Tomat

Tomat adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi bau ketiak secara alami. Tomat mengandung asam yang dapat membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan bau ketiak. Berikut cara menggunakan tomat untuk mengatasi bau ketiak:

  • Potong tomat menjadi irisan tipis.
  • Gosokkan irisan tomat langsung pada ketiak Anda. Pastikan Anda mencover area ketiak dengan baik.
  • Biarkan tomat mengering di kulit Anda selama beberapa menit. Selama waktu ini, asam dalam tomat akan membantu mengurangi bau ketiak.
  • Setelah beberapa menit, bilas ketiak Anda dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.
  • Anda dapat mengulangi proses ini secara berkala sesuai kebutuhan. Ini adalah metode yang efektif untuk mengatasi bau ketiak secara alami.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

6. Gunakan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk mengatasi bau ketiak secara alami. Baking soda, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, memiliki sifat penghilang bau dan sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bau ketiak. Berikut cara menggunakan baking soda untuk mengatasi bau ketiak:

  • Bersihkan ketiak Anda dengan sabun dan air bersih. Pastikan Anda mengeringkannya dengan lembut sebelum melanjutkan.
  • Pastikan ketiak Anda benar-benar kering sebelum menggunakan baking soda. Anda dapat menggunakan handuk untuk mengeringkannya atau biarkan udara kering.
  • Taburkan sedikit baking soda ke tangan Anda atau gunakan kapas untuk mengoleskan lapisan tipis baking soda ke ketiak Anda. Anda juga dapat mencampurkan sedikit baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta dan mengoleskannya ke ketiak.
  • Biarkan baking soda bekerja selama beberapa menit untuk menyerap kelembaban dan menghilangkan bau.
  • Setelah beberapa menit, bilas ketiak Anda dengan air bersih untuk menghilangkan baking soda yang tersisa. Pastikan Anda mengeringkannya dengan lembut.

Baca Juga: 12 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Bahagia, Yuk Lakukan


7. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau dan mengatur pH kulit di area ketiak. Berikut cara menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi bau ketiak:

  • Campurkan satu bagian cuka sari apel dengan satu bagian air. Anda dapat menggunakan gelas atau botol kecil untuk mencampurnya.
  • Gunakan kapas atau bola kapas untuk mengoleskan campuran cuka sari apel dan air ke ketiak Anda. Pastikan Anda mencakup seluruh area ketiak dengan baik.
  • Biarkan campuran cuka sari apel mengering di kulit Anda. Ini biasanya memerlukan beberapa menit.
  • Setelah mengering, bilas ketiak Anda dengan air bersih untuk menghilangkan cuka sari apel yang tersisa.
  • Keringkan ketiak Anda dengan lembut menggunakan handuk bersih atau tisu.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).