Kenali 7 Ciri Orang Impulsif: Emosian dan Sulit Menahan Diri!

Jumat 28 Juli 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Marah-marah | Ciri Orang Impulsif: Emosian dan Sulit Menahan Diri! (Sumber : Freepik/@DrazenZigic)

Ilustrasi. Marah-marah | Ciri Orang Impulsif: Emosian dan Sulit Menahan Diri! (Sumber : Freepik/@DrazenZigic)

SUKABUMIUPDATE.com - Ciri orang impulsif penting diketahui agar tidak menjadi salah satunya. Impulsif berbeda dengan orang kompulsif.

Perilaku kompulsif, melansir Primaya Hospital, adalah suatu gangguan kecemasan ketika pikiran tidak dapat dikendalikan. Orang kompulsif biasanya mengulang tindakan tertentu secara terus-menerus, menyebabkan distress yang signifikan dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Sementara impulsif adalah orang yang cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati. Sikap Orang impulsif umumnya tergolong irrasional. Ciri orangg impulsif adalah jika bicara atau berbuat seringkali tidak disertai alasan yang jelas.

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Jadi, impulsif adalah orang yang cenderung bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu tentang konsekuensi atau dampak dari tindakannya. Mereka sering kali merespons situasi dengan cepat, tanpa mempertimbangkan akibatnya secara mendalam.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ciri orang impulsif yang dapat dikenali:

Ciri Orang Impulsif

1. Tindakan spontan

Orang impulsif cenderung merespons tanpa perencanaan atau pertimbangan yang matang. Mereka mungkin melakukan keputusan mendadak tanpa memikirkan implikasinya.

2. Sulit mengendalikan emosi

Mereka mungkin mudah terpancing oleh emosi dan sulit mengendalikan perasaan mereka. Sifat emosian ini dapat membuat orang impulsif melakukan suatu hal tanpa berpikir akibat dari tindakannya.

3. Kurang sabar

Orang impulsif tidak suka menunggu atau merencanakan sesuatu dengan matang. Mereka ingin hasil segera dan mungkin tidak sabar menunggu proses yang lebih panjang.

4. Mengambil risiko berlebihan

Orang impulsif cenderung mengambil risiko tanpa pertimbangan matang. Mereka mungkin melakukan sesuatu yang berbahaya atau merugikan tanpa memikirkan konsekuensinya.

5. Sulit menahan diri

Orang impulsif mungkin kesulitan menahan diri dari hasrat atau keinginan saat itu juga, bahkan jika itu bisa berdampak negatif pada diri mereka atau orang lain.

6. Sulit mengikuti rencana

Mereka cenderung kesulitan mengikuti rencana atau jadwal karena dorongan untuk bertindak sesuai keinginan saat itu juga.

7. Cepat beraksi tanpa pertimbangan

Orang impulsif bisa langsung merespons rangsangan atau situasi tanpa mempertimbangkan secara menyeluruh.

Baca Juga: 7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Meski beberapa tingkat impulsivitas adalah normal dalam perilaku manusia, namun sifat impulsif dapat menjadi masalah jika sering menyebabkan tindakan merugikan atau konflik dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Updaters atau kerabat mengalami masalah akibat impulsivitas yang berlebihan, sebaiknya mencari dukungan profesional dari psikolog atau konselor untuk membantu mengatasi perilaku tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)