Inilah 6 Golongan yang Diperbolehkan Tidak Melaksanakan Puasa Ramadan

Jumat 03 Maret 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi. Golongan orang-orang ini diberi keringanan oleh Allah SWT untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan | Foto: nplash/Rauf Alvi

Ilustrasi. Golongan orang-orang ini diberi keringanan oleh Allah SWT untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan | Foto: nplash/Rauf Alvi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebentar lagu kalender hijriah akan memasuki bulan Ramadan yang menjadi salah satu bulan istimewa dalam Islam. Pasalnya pada bulan ini umat Islam di seluruh Dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Puasa Ramadan sendiri merupakan salah satu ibadah yang termasuk ke dalam rukun Islam, tepatnya rukun islam yang ke empat.

Bulan Ramadan juga diketahui memiliki banyak sekali keistimewaan, mulai dari penghapusan dosa-dosa, pahala dilipatgandakan, serta bulan yang di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni Lailatul Qadar.

Perintah berpuasa Ramadan Allah terangkan di dalam surah Al-Baqarah ayat 183:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn

Baca Juga: Kenapa Awal Bulan Ramadan Semakin Maju Setiap Tahunnya? Ternyata Ini Penyebabnya

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Namun, meski semua kaum Muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadan, ada beberapa golongan yang diberi keringanan oleh Allah SWT dan boleh tidak menjalankan puasa.

Melansir dari Akurat.co. berikut enam golongan yang boleh untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan.

1. Anak Belum Akil Baligh

Hukum dan Syariat Islam dibebankan kepada mereka yang Mukallaf. Seorang muslim yang belum Mukallaf (Dibebankan syariat) maka belum diwajibkan untuknya melaksanakan kewajiban-kewajiban yang ada dalam agama.

Baca Juga: 4 Amalan saat Sahur Selama Ramadan yang Dianjurkan untuk Dilakukan

Orang yang mukallaf dapat dipastikan mereka yang sudah baligh. Namun, pembiasaan berpuasa sedari kecil merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Di Indonesia sendiri mengenal puasa setengah hari sebagai latihan anak yang belum baligh untuk berpuasa.

Tanda baligh seorang anak ada tiga, yaitu: umur 15 tahun sempurna bagi lelaki maupun perempuan dalam kalender hijriah, mimpi basah bagi lelaki dan haid bagi perempuan.

2. Orang yang Mengalami Gangguan Jiwa

Orang dengan gangguan jiwa adalah seseorang yang memiliki masalah pada akalnya. Mereka yang mengalami ODGJ tidak dibebankan untuk menjalankan syariat, termasuk salat. Hal ini merupakan salah satu dari banyaknya rahmat Allah SWT.

Baca Juga: 35 Link Twibbon Ramadan 2023 Gratis dengan Desain Unik dan Beragam

Diriwayatkan dari sahabat Ali bin Abi Thalib bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:


رُفعَ القلَمُ عن ثلاثةٍ : عنِ الصَّبيِّ حتَّى يبلغَ ، وعن المجنونِ حتَّى يُفيق ، وعنِ النَّائمِ حتَّى يستيقظَ

“Pena catatan amal diangkat dari tiga orang: dari anak kecil sampai dia baligh, dari orang gila sampai ia waras, dari orang yang tidur sampai ia bangun.” (HR. Bukhari)

3. Sedang Sakit

Orang yang sedang sakit dan sakit tersebut dapat membahayakan dirinya jika ia tetap menjalankan ibadah puasa, maka ia dibolehkan untuk tidak berpuasa ramadhan lalu menggantinya pada hari yang lain. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam surah Al-Baqarah 185:

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Artinya: “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185).

Baca Juga: Bagaimana Hukum Telat Qadha Puasa Ramadan? Simak Penjelasannya di Sini

4. Wanita Haid

Wanita haid bukan hanya boleh untuk tidak berpuasa tetapi haram baginya berpuasa Ramadan. Bukan hanya puasa tetapi wanita yang haid juga tidak boleh mengerjakan salat. Namun, ia wajib mengganti jumlah puasa yang ditinggalkan karena haid dan tidak harus mengganti salat yang ditinggalkan karena haid.

Mu'adzah dia berkata: Saya bertanya kepada ‘Aisyah seraya berkata: “Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha' puasa dan tidak mengqadha' shalat?” Maka Aisyah menjawab: “Apakah kamu dari golongan Haruriyah ? “ Aku menjawab: “Aku bukan Haruriyah, akan tetapi aku hanya bertanya.” Dia menjawab,: “Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha shalat. (HR. Muslim).

Baca Juga: 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Indonesia, Penuh Makna dan Suka Cita

5. Musafir

Seorang musafir atau orang yang sedang melakukan perjalanan dibolehkan baginya untuk tidak melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Hal ini disebutkan dalam surah Al-Baqarah ayat 185

6. Orang Lanjut Usia

Lansia juga merupakan golongan yang boleh untuk tidak melakukan ibadah puasa Ramadan. Ia juga tidak wajib untuk menggantinya di bulan yang lain, akan tetapi ia diwajibkan untuk membayar fidyah.

Baca Juga: 10 Keistimewaan Bulan Ramadan yang Perlu Dipahami oleh Umat Muslim

Dilansir dari Laman resmi Nu, Fidyah yang harus dibayar lansia adalah berupa memberikan makanan sebanyak satu mud atau setara dengan tujuh ons kepada orang miskin. Satu mud itu berlaku untuk satu kali puasa yang ia tinggalkan.

Itulah enam golongan yang boleh tidak puasa pada bulan Ramadhan.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi