Kenapa Masih Muda Sudah Beruban? Kenali 8 Penyebabnya Termasuk Kebiasaan Merokok

Kamis 02 Februari 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi. Tumbuh uban di usia muda mungkin dialami beberapa orang hingga sebagian dari mereka merasa kurang percaya diri | Foto: Pixabay/Pexels

Ilustrasi. Tumbuh uban di usia muda mungkin dialami beberapa orang hingga sebagian dari mereka merasa kurang percaya diri | Foto: Pixabay/Pexels

SUKABUMIUPDATE.com - Uban merupakan kondisi rambut yang tumbuh memiliki warna putih secara alami. Biasanya uban kerap dikaitkan dengan orang-orang lanjut usia.

Banyak orang yang menganggap jika uban hanya akan tumbuh pada orang lanjut usia saja. Padahal ada juga orang dengan usia yang masih tergolong muda tapi sudah ditumbuhi rambut uban.

Bagi sebagian orang uban dianggap sebagai hal yang memalukan maka tak sedikit orang mencoba menutupinya dengan melakukan pengecatan pada rambut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Model Rambut Pria Tahun 2023 Berdasarkan Bentuk Wajah

Menurut beberapa sumber, uban umumnya akan mulai muncul saat seseorang menginjak usia 30 tahun hingga 40 tahun.

Lalu bagaimana jika uban sudah muncul pada orang dengan usia di bawah itu, dan apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Mengutip dari Tempo.co, merujuk laman Healthline dan Drbatras, ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang memiliki uban di usia muda.

Berikut beberapa penyebab seseorang ditumbuhi uban meski masih berusia muda.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

1. Faktor Keturunan

Keturunan menjadi salah satu faktor penyebab muncul uban di usia muda. Biasanya mereka yang muncul uban pada usia muda akan sama kondisi yang dialami oleh orang tua atau kakek nenek pada usia yang sama. Jadi jangan khawatir ya.

2. Tanda Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebab tumbuh uban di usia muda. Salah satunya mereka biasa kekurangan vitamin B12. Vitamin ini berasal dari protein hewani seperti dari daging, telur, susu, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jadwal Persib Februari 2023, Tiga Big Match Termasuk Lawan PSM dan Bali United

Orang-orang vegetarian atau hanya mengkonsumsi sayur-sayuran tentu akan kekurangan vitamin B12 yang mengakibatkan sel rambut melemah sehingga akan memunculkan warna rambut yang lain.

3. Mengalami Stres Berlebihan

Penyebab munculnya uban di usia 30 tahun adalah karena stres berlebihan. Tingkat stres yang tinggi akan mempercepat proses pertumbuhan uban di kepala. Jadi, kalau bisa jangan stres-stres, ya.

Ilustrasi. Ilustrasi. Tumbuh uban di usia muda mungkin dialami beberapa orang hingga sebagian dari mereka merasa kurang percaya diri | Foto: Pixabay/RyanMcGuireIlustrasi. Rambut berwarna putih | Foto: Pixabay/RyanMcGuire

4. Merokok

Kebiasaan merokok akan menjadi penyebab uban muncul, loh. Bahkan banyak peneliti yang menjelaskan bahwa rambut perokok aktif jauh lebih cepat ditumbuhi uban dibandingkan yang tidak merokok. Jadi, jangan merokok lagi supaya uban tidak cepat muncul.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

5. Gangguan Tiroid

Penyebab lainnya adalah terkena tiroid. Tiroid adalah sebuah kelenjar yang mirip kupu-kupu di pangkal leher. Kelenjar ini berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh. Jika tiroid terganggu atau bermasalah, tentu akan mempengaruhi warna rambut. Namun, jika tiroid terlalu berlebih atau kekurangan akan menyebabkan lebih sedikit memproduksi melanin.

6. Produk Rambut yang Salah

Penyebab uban bisa juga karena salah menggunakan produk rambut. Bila selama ini Anda salah menggunakan produk rambut atau menggunakan produk rambut yang terlalu banyak mengandung bahan-bahan kimia sangat tinggi, akan membuat rambut Anda rusak. Kesehatan rambut juga akan terganggu seperti hormon melanin yang menurun.

Baca Juga: Dikdik dan Bos Jamal Preman Pensiun Kembali Berakting! Syuting Film Apa di Sukabumi?

7. Faktor Usia

Tidak hanya hal-hal di atas, penyebab uban di usia 40 tahun tentu karena faktor usia itu sendiri. Semakin lanjut usia tentu semakin menurun sel-sel atau kolagen. Hormon melanin juga akan ikut menurun dan lambat.

Bahkan semakin tua, hormon melanin akan mati sehingga zat warna rambut akan hilang. Biasanya untuk meminimalisir uban, banyak orang usia lanjut mewarnai rambut mereka.

8. Tanda Penyakit Tertentu

Ada penyebab lain uban di usia muda, yaitu terkena penyakit. Orang yang mengalami hal ini menderita sejumlah penyakit, seperti autoimun, vitiligo, maupun anemia yang muncul karena kekurangan zat besi.

Baca Juga: Orang Sunda Sebut Keueung, Mengapa Rumah Terkesan Angker? Ini Penjelasannya

Nantinya penyakit tersebut akan menurunkan produktivitas hormon melanin yang membuat rambut Anda berubah warna menjadi putih. Jadi hati-hati ya, kalau sekiranya merasa ada gejala segera konsultasikan ke dokter. Itulah beberapa penyebab muncul uban di usia muda yang mungkin belum Anda diketahui.

Sumber: Tempo.co/Meutia Murti/Dwi Lucy Susetiowati (Healthline | Drbatras)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang