Jangan Asal! 6 Kesalahan Keramas yang Harus Dihindari, Bisa Bikin Rambut Rontok

Selasa 24 Januari 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi. Ada beberapa kesalahan keramas yang harus dihindari agar tidak menyebabkan rambut rontok dan rusak | Foto: Unplash/Erick Larregui

Ilustrasi. Ada beberapa kesalahan keramas yang harus dihindari agar tidak menyebabkan rambut rontok dan rusak | Foto: Unplash/Erick Larregui

SUKABUMIUPDATE.com - Keramas menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan hampir semua orang dengan tujuan membersihkan kotoran yang ada di rambut kepala.

Rambut dan kulit kepala yang dibersihkan saat keramas tidak hanya menghasilkan rambut yang bagus tetapi juga membuat rambut terlihat sehat, mudah diatur, dan berkilau.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat keramas dan jangan sampai melakukan kesalahan yang justru bisa membuat rambut rusak bahkan rontok.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Jadi, meskipun keramas itu sangat mudah dilakukan, ada beberapa hal yang dapat merusak kesehatan rambut jika dilakukan dengan cara yang salah.

Melansir dari Tempo.co, berikut adalah beberapa kesalahan keramas yang harus dihindari menurut Sonia Tekchandani, Dermatolog Selebriti, Pendiri Tender Skin International.

1. Menerapkan shampo pada rambut kering

Salah satu kesalahannya adalah menggunakan shampo pada rambut kering. Rambut harus benar-benar basah sebelum menggunakan shampo. Saat rambut basah, sampo akan berbusa lebih baik dan juga mencuci rambut bisa menyeluruh.

Baca Juga: Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

Menerapkan sampo pada rambut kering hanya akan menyebabkan lebih banyak penumpukan kotoran di kulit kepala, dan lebih sulit untuk menghilangkan sisa-sisa sampo.

Oleh karena itu pastikan untuk membasahi rambut dengan benar dan biarkan setidaknya selama satu sampai dua menit untuk penyerapan sampo yang lebih baik.

2. Terlalu banyak menggunakan shampo dan kondisioner

Jumlah sampo dan kondisioner yang tepat sangat penting untuk mencuci rambut. Banyak yang salah paham bahwa penggunaan sampo yang berlebihan akan membuat rambut menjadi lebih bersih dan kondisioner yang berlebihan akan membuat rambut menjadi lebih halus.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Terlalu banyak sampo dapat menghilangkan kelembapan alami rambut, membuatnya lebih rentan terhadap kerontokan dan rambut kusut. Selain itu, terlalu banyak menggunakan kondisioner dapat membuat rambut terlihat berminyak dan berminyak.

3. Menggunakan shampo pada rambut yang kusut

Mengurai rambut sebelum mandi adalah suatu keharusan jika ingin menghindari rambut rontok. Rambut menjadi rentan patah saat mencoba mencuci rambut yang kusut dengan paksa.

Namun, saat dilepas, sampo akan meluncur dengan lancar, dan proses pencucian rambut akan lebih lancar. Gunakan sikat rambut untuk mengurai rambut sebelum masuk ke kamar mandi.

Baca Juga: Jadwal Persib Bandung Putaran Kedua Liga 1 Januari, Tak Bisa Main Lagi di GBLA?

4. Keramas setiap hari

Membersihkan rambut setiap hari tidak akan menghasilkan rambut yang sehat. Rambut kita mengandung minyak alami, yang berfungsi sebagai pelindung rambut.

Ini menjaga rambut dari kerusakan dan kerontokan rambut dan menjaga kilau rambut tetap utuh. Saat menggunakan sampo setiap hari, itu berarti menghilangkan kelembapan alami rambut, yang membuat rambut menjadi kering, kusam, dan kusut.

Gunakan sampo ringan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Pabrik Kicimpring Preman Pensiun 8 Didatangi Mas Pur dan Tisna TOP, Ada Apa?

5. Menekan kulit kepala dan rambut berlebihan

Menggosok kulit kepala dan rambut harus dilakukan dengan sangat lembut. Jika terlalu kuat maka itu akan menyebabkan kerusakan dan rambut rontok.

Selain itu, coba gunakan sampo di kulit kepala dan hindari yang terlalu banyak. Pijat ringan kulit kepala dengan ujung jari saat menggunakan shampo.

6. Tidak menggunakan suhu air yang benar

Air panas yang berlebihan bisa langsung merusak batang rambut. Ini menyebabkan kerusakan dan rambut rontok.

Baca Juga: Luka Ringan hingga Berat, Update Korban Gempa Susulan ke 487 Cianjur

Rambut menjadi lebih kering saat menggunakan terlalu banyak panas pada rambut. Juga, panas langsung dari air tidak baik untuk kulit kepala karena dapat menyebabkan lebih banyak rambut rontok. Selalu pastikan menggunakan air hangat untuk keramas.

Sumber: Tempo.co (Times of India)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).