2023 Jadi Tahun Quarter Life Crisis? Simak 7 Cara Menghadapinya

Senin 23 Januari 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi. 2023 Jadi Tahun Quarter Life Crisis (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. 2023 Jadi Tahun Quarter Life Crisis (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun 2023 jadi momen penting bagi para generasi 98, atau mereka yang lahir di tahun 1998. Generasi 98 ini akan, sedang atau bahkan telah menginjak usia 25 tahun tepat di 2023 ini.

Fase Quarter Life Crisis tak jarang jadi kekhawatiran tersendiri bagi generasi 98 ini. Sebuah penelitian yang dilakukan Linkedin pada 2017 menemukan sebanyak 56% membutuhkan saran untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya namun tidak tahu harus bertanya ke siapa atau ke mana.

Mengutip dari akun instagram @attarischa via yoursay.id portal suara.com, berikut tujuh hal yang bisa dilakukan saat berada di quarter life crisis. Yuk, Simak!

1. Melakukan hal yang membuat happy

Masa depan itu adalah hal yang masih abstrak, makanya jangan terlalu pusing untuk memikirkannya. Tetapi perlu kamu butuh persiapan untuk menyambutnya dengan tindakan yang positif. Tak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu yang membuatmu bahagia, mulailah untuk atur waktu untuk tetap melakukan hobi. Melalui itu juga tentu dapat mendorong untuk meraih impian yang kamu inginkan.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh Wanita Jatuh Cinta, Salah Satunya Selalu Tersenyum Padamu

2. Keluar dari zona nyaman

Janganlah terlalu lama di zona nyaman karena itu gak akan mampu mendorong kamu untuk meraih kesuksesan di masa depan, beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman. Kelihatannya mungkin menakutkan, tetapi hanya karena hal tersebut gak familiar ya, bukan karena kamu gak mampu untuk melakukannya. Selama ada usaha secara konsisten untuk keluar dari zona nyaman, tentu nantinya juga akan bisa.

3. Belajar untuk manage keuangan

Mungkin gak sedikit masalah di quarter life crisis itu disebabkan karena financial dan ketidakmampuan mengelola keuangan, jadi mulailah belajar sedini mungkin. Manage keuangan ini sangat penting diperhatikan agar tetap bisa menjalani kehidupan dengan gak terlalu kekurangan, lagian pula itu sebagai investasi untuk masa depan.

4. Menjaga waktu dan energi untuk hal yang bermanfaat

Mulailah untuk meninggalkan hal-hal yang sudah gak gak relevan dengan value kamu. Waktu dan energi sangat berharga dimiliki tiap orang, maka dari itu pergunakanlah sebaik mungkin waktu dengan melakukan hal yang bermanfaat demi kebaikan pada kehidupan kamu.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

5. Jangan biarkan opini orang lain mengacaukan emosi dan kehidupan kamu

Saran dan kritik dari orang lain memang penting, selama saran itu bisa membangun dan mendorong diri bisa berkembang. Tetapi apabila omongan itu hanya menjadi racun pada kehidupan kamu, tentu harus dan wajib dihindari. Tetaplah fokus pada hal yang bisa kamu kontrol dan raih kesuksesan menurut kamu sendiri.

6. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Kesuksesan itu bukan hanya soal gaji dan jabatan, tetapi juga soal kesehatan, baik fisik maupun mental. Ketika fisik dan mental kuat, tentu akan lebih mudah pula dalam beraktivitas, termasuk mudah melakukan sesuatu yang produktif yang bisa mendorong diri berkembang dan tumbuh.

Baca Juga: Asa Helper Merajut Mimpi, Lakon Berkeringat Pemuda Cibadak Sukabumi

7. Investasi pada pengetahuan dan skill

Mempersiapkan masa depan yang cerah sangat penting dilakukan dan menambah pengetahuan dan skill. Apalagi di era sekarang ini, kita dituntut untuk bisa beradaptasi dengan zaman dan terus mengupgrade ilmu pengetahuan. Cara yang mungkin bisa dilakukan dengan investasi beli buku, ikut kelas, seminar, mengunjungi mentor, coach, psikolog, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tujuh hal yang bisa segera kamu lakukan saat berada di quarter life crisis. Janganlah biarkan dirimu untuk tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk meraih kesuksesanmu sendiri. Maka dari itu penting untuk selalu berusaha melakukan kegiatan produktif sejak dini.

Sumber : Yoursay.id (Portal Suara.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)