Bisa Bikin Depresi, Kenali 13 Penyebab Stres Setelah Menikah

Senin 23 Januari 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Ada banyak hal penyebab stres setelah menikah yang harus diwaspadai pasangan | Foto: Pixabay/Pexels

Ilustrasi. Ada banyak hal penyebab stres setelah menikah yang harus diwaspadai pasangan | Foto: Pixabay/Pexels

SUKABUMIUPDATE.com - Perlu disadari jika kehidupan pernikahan tidak akan selalu berjalan mudah dan indah seperti di film-film romantis.

Setelah menikah, akan ada banyak hal yang bisa membuat hubungan pernikahan tidak harmonis jika pasangan tidak menyikapinya dengan bijaksana.

Pasalnya menyatukan dua orang dengan karakter dan latar belakang berbeda tentu bukan hal yang mudah. Itulah mengapa banyak orang menjadi depresi setelah menikah.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh Wanita Jatuh Cinta, Salah Satunya Selalu Tersenyum Padamu

Beberapa orang bahkan mengalami stres setelah menikah. Masalah tersebut bisa jadi datang dari luar maupun dari dalam rumah tangga itu sendiri.

Melansir dari Akurat.co, berikut penyebab stres setelah menikah yang harus diwaspadai.

1. Sikap dominan pasangan

Menurut dokter Susan Heitler Ph.D yang sudah menangani banyak pasangan, interaksi di mana satu pasangan mengambil peran dominan, sedangkan yang lainnya mengambil peran patuh cenderung memicu depresi pada pasangan yang memiliki kekuatan yang lebih kecil tersebut atau peran korban.

Baca Juga: Pabrik Kicimpring Preman Pensiun 8 Didatangi Mas Pur dan Tisna TOP, Ada Apa?

2. Perselisihan dan pertengkaran

Sebuah artikel di jurnal Couple & Family Psychology (Maret 2013) mencatat suami atau istri yang berada dalam pernikahan dengan banyak ketegangan, ketidaksetujuan atau pertengkaran, 10–25 kali lebih mungkin mengalami depresi daripada orang-orang yang belum menikah atau dalam pernikahan yang kolaboratif.

Konflik antar-keluarga juga bisa menjadi penyebab stres setelah menikah. Selain menyatukan dua insan pernikahan juga menyatukan dua keluarga. Menyatukan tiap orang yang berbeda latar belakang, sifat dan pemikiran adalah hal yang susah.

Baca Juga: Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

Alasan inilah yang menjadi salah satu penyebab stres setelah menikah. Terkadang ada pihak keluarga yang ikut campur dalam urusan pasangan suami istri baru.

Sehingga tidak jarang hal tersebut menjadi konflik yang berkepanjangan yang bisa berdampak pada keutuhan rumah tangga hingga bisa berdampak kepada psikis masing-masing. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab stres setelah menikah.

3. Tantangan hidup

Tantangan-tantangan dalam kehidupan bisa membuat ikatan yang paling kuat sekalipun dapat menjadi goyah. Tantangan serta masalah yang serius dapat mengganggu kebahagiaan dalam pernikahan, sehingga menjadi pemicu penyebab stres setelah menikah.

Baca Juga: Roti Cane Tipar Sukabumi, Resep Warisan dari Kisah Pasar Pelita

4. Ketidaksetiaan

Perselingkuhan seringkali terjadi di antara pasangan yang sudah menikah dan menjadi penyebab ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

Pria atau wanita yang tidak setia juga akan membuat pasangannya merasakan sakit hati, kekecewaan dan kesedihan mendalam hingga tidak jarang berujung pada depresi.

Hilangnya kepercayaan pada pasangan mengakibatkan rasa cemas, gelisah dan takut yang berlarut-larut, bahkan memicu pertengkaran. Pikiran negatif akan terus muncul dan inilah yang bisa menimbulkan stres.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu You & I Oleh Diego Gonzales

5. Masalah keuangan

Masalah keuangan dalam rumah tangga bisa menjadi penyebab stres setelah menikah yang paling besar ketika pemasukan dari penghasilan tidak mencukupi berbagai kebutuhan sehari-hari dan tidak menemukan titik terang sebagai solusi.

6. Perbedaan pola asuh anak

Dalam mengasuh dan memberikan kasih sayang terhadap anak seringkali terjadi perbedaan. Perbedaan pola asuh tersebut bisa menimbulkan tekanan, ketegangan dan stres.

Baca Juga: Spesifikasi Motor Grand Filano Hybrid Skutik Baru Bergaya Klasik, Cek Harganya!

Tekanan untuk menjadi orang tua yang ideal saja sudah cukup berat, apalagi jika masing-masing belum sepaham dalam cara membesarkan anak.

7. Kehidupan seks yang buruk

Seks merupakan salah satu pilar pernikahan yang harus dijaga agar rumah tangga tetap langgeng dan hubungan tetap sehat. Masalah dalam kehidupan seks bisa menyebabkan stres setelah menikah.

Ketidakpuasan yang muncul pada pasangan dalam berhubungan intim, bisa jadi percikan api kecil yang jika tidak diatasi akan semakin membesar dan merusak hubungan.

Baca Juga: Tak Terkalahkan di 10 Laga Terakhir, Persib Tak Gentar Hadapi Madura United

8. Komunikasi tidak berjalan baik

Komunikasi adalah cara agar pasangan selalu terhubung satu sama lain, membangun kepercayaan, sekaligus dapat menemukan solusi jika ada permasalahan.

Jika tidak dapat mengutarakan emosi, pendapat, maupun keinginan maka komunikasi yang dibangun tidak berjalan dengan baik.

Kurangnya komunikasi membuat pasangan sering salah paham, sering bertengkar juga bisa menjadi penyebab stres setelah menikah.

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Indah di Jawa Barat versi Smiling West Java, Mana Pilihan Kamu?

9. Masalah kesehatan

Biasanya masalah kesehatan mengarah pada penyakit kronis karena akan mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari keuangan karena harus menjalani pengobatan dan kehidupan seks. Semua hal tersebut bisa menjadi penyebab stres setelah menikah.

10. Adanya ketidaksamaan visi dan misi

Menikah juga perlu menyelaraskan visi dan misi mereka dalam menjalankan kehidupan rumah tangga agar tidak mengalami stres setelah menikah. Ketika sudah menikah, sebuah pasangan harus saling bahu membahu menghadapi setiap masalah yang datang.

Di dalam sebuah rumah tangga pasti akan banyak sekali masalah dan ujian yang datang silih berganti. Untuk itu, pasangan suami istri harus memiliki bekal pondasi kepercayaan, kesamaan tujuan, kesamaan visi dan misi agar selalu selaras dalam menyelesaikan masalah yang datang.

Baca Juga: Perjalanan OM Mercy Sukabumi dan Kisah Mantan Model Fashion Indonesia

Biasanya ketika pasangan memiliki ketidaksamaan visi dan misi, mereka cenderung sering berdebat dan merasa paling benar dengan keegoisan yang masing-masing, tidak ada yang mengalah.

Hal inilah yang membuat pasangan suami istri sering mengalami stres setelah menikah kemudian memutuskan untuk bercerai karena merasa sudah tidak cocok satu sama lain.

11. Kurangnya quality time

Kebanyakan pasangan fokus pada kesibukan masing-masing sehingga lupa dengan pasangannya karena terlalu lelah dan sibuk.

Quality time tidak diukur dari seberapa banyak dan sering pasangan menghabiskan waktu bersama, tapi seberapa kualitas pertemuan dan kebersamaan satu sama lain.

Baca Juga: Imlek 2023: Inilah 8 Fakta Menarik Angpao, Kenapa Harus Menghindari Angka 4?

Kualitas dapat diukur dari hal-hal yang dibicarakan ketika menghabiskan waktu bersama, bagaimana saling introspeksi diri dan bagaimana mereka terus saling belajar membahagiakan satu sama lain.

12. Belum mempersiapkan kehadiran anak

Tidak semua pasangan menikah siap untuk hal tersebut terkadang justru jadi penyebab stres setelah menikah. Beberapa dari mereka memiliki alasan yang sangat beragam.

Di antaranya ada yang belum siap secara finansial, ada yang memiliki trauma di keluarga dahulu, belum siap merawat anak dan lain sebagainya.

Merawat seorang anak membutuhkan energi dan pikiran yang sangat besar. Untuk itu, harus dipersiapkan terlebih dahulu karena bisa berdampak buruk bagi diri sendiri, pasangan maupun anak.

Baca Juga: Tren Baju Thrift dan Preloved, Raline Shah Dukung Fashion Berkelanjutan Berbasis 3R

13. Usia masih muda

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali anak di bawah umur yang sudah menikah. Sebenarnya di Indonesia untuk bisa menikah ada batasan usia yang telah diatur undang-undang yang sudah berlaku yakni minimal 19 tahun.

Di usia itu seseorang dianggap sudah matang secara biologi maupun psikologi. Mereka dianggap sudah bisa mengurus diri sendiri, juga dianggap sudah bisa mengambil keputusan dan risiko.

Namun, banyak mereka yang usianya masih muda tersebut terlalu memaksakan diri untuk cepat-cepat menikah pada akhirnya mengalami stres setelah menikah karena belum siap dengan segala kondisi yang harus dihadapi dalam berumah tangga.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Sebenarnya masalah dalam pernikahan adalah hal yang wajar namun jangan dijadikan sebagai sebuah halangan. Maka dari itu persiapkan sebaik mungkin pernikahan kamu untuk menghindari stres akibat tekanan dan masalah yang bisa muncul kapan saja.

Selain itu, bekali pernikahanmu dengan sama-sama belajar dan mencari tahu apa saja kemungkinan yang akan terjadi ketika kita menjalani hidup berumah tangga.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 23:28 WIB

Raih Suara Signifikan di Dapil VI Sukabumi, Taopik Guntur Bakal Gelar Syukuran

Taopik Guntur, Caleg Dapil VI DPRD Kabupaten Sukabumi dari partai Gerindra bakal gelar syukuran dengan menghadirkan Ustaz Baharsyah Almunir.
Taopik Guntur, Caleg Dapil VI DPRD Kabupaten Sukabumi dari partai Gerindra. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Februari 2024, 22:43 WIB

Hak Pekerja Jadi Sorotan Pasca Kecelakaan Kerja di Pabrik Makanan Sukabumi

PT. Aneka Dasuib Jaya Pabrik Makanan Sukabumi ternyata belum mendaftarkan seluruh pegawainya di BPJS Ketenagakerjaan.
Pabrik produsen makanan PT. Aneka Dasuib Jaya, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment22 Februari 2024, 21:17 WIB

Buka Suara, Vincent Rompies Harap Kasus Anaknya Diselesaikan Kekeluargaan

Vincent Rompies Berharap Kasus Bullying di BINUS School Serpong yang diduga melibatkan Anaknya Diselesaikan Kekeluargaan dan berakhir damai.
Vincent Rompies akhirnya buka suara terkait kasus dugaan bullying yang diduga melibatkan anaknya. (Sumber : Instagram/vincentrompies)
Nasional22 Februari 2024, 21:00 WIB

Soroti Kecurangan Pemilu 2024, Rhoma Irama Minta Bawaslu-Elit Politik Bertindak

Rhoma Irama turuh gerah dengan isu kecurangan dalam Pemilu 2024 yang baru saja berlangsung.
Konferensi Rhoma Irama meminta kecurang Pemilu 2024 ditindak secara tegas | Foto : Capture Youtube KBA Talk
Life22 Februari 2024, 21:00 WIB

7 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong, Ini Ciri-cirinya!

Mengetahui tanda-tanda bahasa tubuh dapat membantu dalam mendeteksi kemungkinan kebohongan
Ilustrasi. 
Mengetahui tanda-tanda bahasa tubuh dapat membantu dalam mendeteksi kemungkinan kebohongan. (Sumber : pixabay.com/@10634669)
Sehat22 Februari 2024, 20:30 WIB

6 Obat Alami Masuk Angin dan Banyak Tersedia di Dapur

Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi gejala masuk angin
Ilustrasi - Berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi gejala masuk angin (Sumber : Freepik)
Gadget22 Februari 2024, 20:00 WIB

Nyari HP Baru Tapi Budget Terbatas? Ini 4 HP Murah dengan Harga Rp 1 Jutaan

HP murah dengan spesifikasi gahar kini sudah banyak tersedia di pasaran, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.
Samsung Galaxy A05 - HP murah dengan spesifikasi gahar kini sudah banyak tersedia di pasaran, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. (Sumber : samsung.com)
Food & Travel22 Februari 2024, 19:30 WIB

Cadas Gantung Tempat Camping di Sumedang dengan View Sunset Memukau

Cadas Gantung Sumedang bisa dijadikan lokasi melepas penat saat hari libur tiba
Cadas Gantung Sumedang bisa dijadikan lokasi melepas penat saat hari libur tiba (Sumber : Instagram/risma_sumyati)
Tips22 Februari 2024, 19:21 WIB

3 Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok buat Ibu Rumah Tangga dari Vina Vaulina

Ibu rumah tangga pada zaman sekarang ini bisa menambah penghasilan uang yang lumayan. Vina Muliana, seorang konten kreator membagikan 3 pekerjaan yang cocok buat Ibu rumah tangga
Ilustrasi Ibu Rumah Tangga sedang Melakukan Kerja Remote | Foto: Freepik/@freepik
Arena22 Februari 2024, 19:05 WIB

Momen Epic, Seungkwan Seventeen dan Megawati Bertemu untuk Pertama Kalinya

Seungkwan Seventeen dan Megawati terlihat berinteraksi dan foto bersama seusai laga antar GS Caltex melawan Red Sparks di Jangchung Gymnasium. Pertemuan keduanya merupakan pertemuan pertama kali yang ditunggu lama penggemar.
Seungkwan Seventeen Foto Bersama Pemain Red Sparks Seusai Melawan GS Caltex di Jangchung Gymnasium, Rabu (21/2/2024) | Foto: Instagram/@red__sparks