10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 Versi Forbes, Nomor Satu Punya Rp 555 T

Selasa 14 Desember 2021, 21:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Forbes telah merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun ini. Siapakah 10 orang terkaya di Indonesia? Dilansir dari laman Forbes lewat Tempo, berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2021:

1. R Budi Hartono & Michael Hartono

Hartono bersaudara tercatat memiliki kekayaan sebesar USD 38,8 miliar atau Rp 555,8 triliun. Mereka mendapatkan sebagian besar kekayaan dari investasi di bank Central Asia (BCA).

Tetapi, akar kekayaan keluarga Hartono berasal dari usaha rokok Djarum yang dimulai oleh ayah mereka dan sekarang dijalankan oleh putra sulung Budi, Victor Hartono. Selain itu, kepemilikan keluarga ini juga termasuk merek elektronik populer, Polytron, dan real estate utama di Jakarta.

2. Keluarga Widjaja

Forbes mencatat kekayaan keluarga Wijaya mencapai USD 11,9 miliar atau setara dengan Rp 170,6 triliun.  Keluarga ini mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada 2019 lalu dalam usia 98 tahun. Eka, panggilannya, merupakan imigran tioghoa di Indonesia, ia memulai usahanya dengan menjual biskuit saat remaja.

Eka juga dikenal sebagai pendiri grup Sinar Mas yang bergerak di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis, dan telekomunikasi. Setelah ia meninggal, empat putra tertuanya mewarisi kerajaan bisnis yang ia bangun, sementara anak-anaknya yang lain membangun bisnis sendiri.

3. Prajogo Pangestu

Pria berumur 77 tahun ini tercatat memiliki harta sebanyak USD 6 miliar atau Rp 86 triliun dari usahanya di bidang petrokimia. Ia merupakan putra pedagang karet dan memulai bisnis kayu pada akhir 1970-an.

Perusahaannya, Barito Pacific Timber, diumumkan ke publik pada 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific pada 2007. Pada tahun itu pula, barito Pacific mengakuisisi 70 persen saham perusahaan petrokimia Chandra Asri. Pada 2011, Chandra Asri tercatat menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

4. Anthoni Salim

Anthoni Salim tercatat memiliki kekayaan sebesar USD 5,9 miliar atau Rp 84,6 triliun. Ia adalah kepala grup Salim yang melakukan investasi di berbagai bidang, termasuk perbankan, makanan, dan telekomunikasi.

Pria berusia 72 tahun ini juga merupakan CEO Indofood, perusahaan bernilai USD 5,4 miliar atau Rp 77,3 triliun. Indofood diketahui sebagai salah perusahaan pembuat mi instan terbesar di dunia.

photoIlustrasi uang rupiah. - (Pixabay)

5. Sri Prakash Lohia

Kekayaan pria berusia 69 tahun ini mencapai USD 5,6 miliar atau sekitar Rp 80,3 triliun. Ia menghasilkan banyak kekayaan dengan memproduksi PET dan petrokimia lainnya.

Pada 1970-an, ia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia dan mendirikan Indorama Corporation, perusahaan pembuat benang pintal. Prang terkaya kelima di indonesia itu mengembangkan Indorama Corporation menjadi perusahaan pembangkit tenaga listrik petrokimia, pembuat produk industri termasuk pupuk polyolefin, bahan baku tekstil, dan sarung tangan medis.

6. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo tercatat memiliki harta sebesar USD 5,3 atau sekitar Rp 76 triliun. Kekayaan ini ia peroleh dari perusahaan rokok Gudang Garam.

Ayahnya, Surya, mendirikan Gudang Garam pada 1958. Kakaknya, Rachman Halim, mengambil alih perusahaan itu seperempat abad kemudian. Susilo memimpin Gudang Garam pada 2009 setelah kakaknya meninggal.

7. Jogi Hendra Atmadja

Forbes mencatat kekayaan Jogi Hendra Atmadja mencapai USD 4,3 miliar atau Rp 61,7 triliun. Keluarganya mulai membuat biskuit di rumah pada 1948 dan secara resmi mendirikan Mayora pada 1977.

Ia merupakan kepala grup salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia, Mayora, yang menjual kopi, sereal, permen, biskuit, dan sebagainya. Grup Mayora diketahui menjual berbagai produknya di lebih dari 90 negara.

8. Boenjamin Setiawan

Pria yang akrab disapa Dr Boen ini memiliki kekayaan sebesar USD 4,1 miliar atau Rp 58,8 triliun. Ia disapa begitu karena memiliki gelar doktor di bidang farmakologi.

Pada 1966, ia dan kelima saudara kandungnya mendirikan Kalbe Farma. Dari perusahaan di garasi, kini Kalbe Farma menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Selain itu, pria berusia 88 tahun ini juga mengelola Mitra Keluarga yang mengoperasikan 25 rumah sakit.

9. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung mempunyai harta sebesar USD 3,9 miliar atau sekitar Rp 56 triliun. Ia memiliki CT Corp yang terkenal karena menjalankan stasiun TV, hypermarket, dan kartu kredit. Beberapa Trans Retail miliknya adalah Carrefour dan Transmart.

Ia juga menguasai waralaba Wendy’s di Indonesia, serta memiliki waralaba Versace, Mango, dan Jimmy Choo. Ia juga mempunyai saham di maskapai nasional Indonesia, Garuda.

10. Tahir

Tahir tercatat memiliki kekayaan sebesar USD 3,3 miliar atau Rp 47,3 triliun. Ia merupakan konglomerat di bidang perbankan, perawatan kesehatan, dan real estate.

Tahir juga dikenal sebagai pendiri grup Mayapada dan memiliki properti di Singapura. Ia juga pemegang lisensi penerbitan Forbes Indonesia.

SUMBER: TEMPO/AMELIA RAHIMA SARI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On