Makeup Bikin Wajah Terlihat Tua, Hindari Memakai BlushOn Berlebihan

Sabtu 25 Februari 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Memakai Makeup | Bikin Wajah Terlihat Tua, Hindari Memakai BlushOn Berlebihan (Sumber : Freepik/@cookie_studio)

Ilustrasi. Memakai Makeup | Bikin Wajah Terlihat Tua, Hindari Memakai BlushOn Berlebihan (Sumber : Freepik/@cookie_studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Makeup atau riasan wajah terkadang menjadi kebutuhan primer bagi perempuan. Manfaat memakai makeup ini cukup banyak mulai dari tampil cantik Lebih PD hingga menyamarkan noda dan jerawat.

Akan tetapi, memakai makeup yang sembarangan justru bisa menjadi bumerang. Alih-alih menjadi cantik, kesalahan makeup justru membuat wajah terkesan lebih tua.

Berbicara soal kesalahan makeup, seorang MUA atau makeup artist Mandie Brice, Natasha Moor, Victoria DiPietro, dan Mary Winkenwerder mengungkap beberapa kesalahan memakai makeup yang bisa bikin wajah terlihat lebih tua.

Baca Juga: Misteri Kuntilanak, Peneliti Jerman dan Indonesia Bongkar Asal Usul Mbak Kunti

Berikut informasi lengkapnya, seperti dikutip via Tempo.co:

Memakai Alas Bedak Matte

Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya dan menghasilkan lebih sedikit minyak. Brice menjelaskan, menggunakan alas bedak dengan efek matte atau pengeringan dapat menarik perhatian pada kerutan dan memiliki efek pengelupasan yang tidak diinginkan.

"Menurut saya, masalah utamanya adalah ketika orang menggunakan alas bedak yang mengering, seperti Bedak, atau bahkan cair," katanya, dikutip Jumat (24/2/2023). Kulit dengan tekstur (kerutan), paling baik memakai alas bedak krim atau serum karena pengeringan apa pun dapat menonjolkan kerutan.

Selain itu, membersihkan kulit sebelum menggunakannya dapat membantu alas bedak terlihat lebih baik. Brice mengatakan banyak orang yang terbiasa menggunakan bedak sebagai langkah terakhir, dan mungkin sebenarnya tidak perlu.

"Kulit kita menghasilkan lebih sedikit kelembaban seiring bertambahnya usia, jadi kita mungkin tidak membutuhkan bedak untuk membuat matte dan mengaturnya lagi, tetapi bisa saja tidak perlu mengaplikasikannya," kata dia.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Sedap Malam, Tanda Mahluk Halus hingga Kesukaan Nyi Roro Kidul

Terlalu Banyak BlushOn atau Perona Pipi

Terlalu banyak produk riasan tidak akan menciptakan tampilan yang diinginkan. Misalnya perona pipi atau BlushOn bisa terlihat tidak alami jika dipakai berlebihan, kata Winkenwerder.

BlushOn harus diaplikasikan dengan kuas "poofy" atau padat dengan banyak bulu lembut untuk aplikasi yang lembut (seperti kuas kabuki), jelas Winkenwerder.

"Ketika terlalu banyak pigmen warna berakhir di kuas dan kemudian di wajah, itu menciptakan aplikasi warna yang tidak rata," dia memperingatkan.

Untuk menghindari hal ini, dia menyarankan oleskan kuas dengan lembut ke perona pipi berpigmen, lalu ketuk kuas dengan lembut untuk menghilangkan warna berlebih. Jangan lupa membersihkan kuas setelahnya.

Kesalahan lain di sini bisa jadi menggunakan warna perona pipi yang salah atau terlalu tebal.

"Elemen kreatifnya bagus, tetapi kenyataannya memakai warna berpigmen tinggi di depan umum tidak begitu bagus," katanya.

Memakai Eyeliner Berlebihan

Dengan gaya Eyeliner yang salah, bagian bawah mata yang gelap dan kaki gagak di sekitar mata dapat tersorot secara tidak sengaja, kata DiPietro.

Untuk menghindari hal ini, dia menyarankan tidak menggunakan eyeliner di bawah bulu mata bawah dan sebaliknya, hanya menggunakan eyeliner di kelopak mata atas.

"Dengan menggunakan Eyeliner dengan benar, Anda bisa menciptakan ilusi pengangkatan pada mata," ujar dia.

Tips lain untuk menciptakan tampilan yang lebih muda dengan eyeliner adalah membuat sayap yang halus, saran DiPietro. Tarik garis dari ujungnya lalu berhenti tepat di bawah lipatan mata, sehingga sayap tidak menghilang dan membesar-besarkan lipatan.

Baca Juga: Lomba Melamun 2023 Digelar di Indonesia, Panitia: Jangan Takut Kesurupan

Highlighter atau Shimmer Berlebihan

Highlighter berkilauan dan Eyeshadow berkilauan telah menjadi produk makeup populer selama beberapa tahun terakhir. Sedikit kilau di beberapa tempat bikin, seperti bagian atas tulang pipi dan tulang alis, dapat membuat riasan terlihat memukau dan memberikan kilau yang sehat.

Terlalu banyak Shimmer, entah itu perona pipi berkilauan, bronzer, kontur, Highlighter, atau eyeshadow, akan menonjolkan garis dan kerutan, kata Moor, Moderasi adalah kuncinya.

"Sebaliknya, gunakan formula yang lembut dan melembabkan dengan hasil akhir yang lebih matte," saran Moor.

SUMBER: TEMPO.CO | SHE FINDS

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel22 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Perkedel Kentang, Makanan Rumahan yang Mudah Dibuat!

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat utama yang dikonsumsi di seluruh dunia dan memiliki banyak manfaat serta kegunaan dalam berbagai jenis masakan.
Ilustrasi. Resep Perkedel Kentang, Makanan Rumahan yang Mudah Dibuat! (Sumber : Freepik/@freepik)
Science22 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Awal pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi21 Juli 2024, 23:20 WIB

Aksi Maling Nekat Terekam CCTV di Sukabumi, Bawa Kabur Motor di Depan Korban

Terekam CCTV aksi nekat maling motor yang bawa kabur barang curiannya di depan korban di Cicurug Sukabumi.
Sosok pelaku pencurian motor di depan Toko Kosmetik di Jalan Cimelati, Cicurug Sukabumi. (Sumber : Tangkapan Layar CCTV/Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 22:34 WIB

RW 05 Kebon Manggu Kota Sukabumi Peringati 10 Muharram Dengan Santuni Anak Yatim dan Jompo

Pengurus RW 05 Kampung Kebon Manggu Kota Sukabumi peringati 10 muharram 1446 H dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo.
RW 05 Kampung Kebon Manggu, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi menggelar kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan jompo dalam rangka memperingati 10 Muharram 1446 H. (Sumber : Istimewa)
Life21 Juli 2024, 22:00 WIB

9 Tips Hidup Bahagia di Usia Tua, Yuk Rencanakan Masa Depan dengan Bijak!

Pastikan Anda merencanakan keuangan dengan baik untuk keamanan finansial di masa tua. Konsultasikan dengan penasihat keuangan jika diperlukan agar hidup bahagia di usia tua nanti.
Ilustrasi. Lansia. Jangan lupa untuk sering tertawa dan menikmati momen-momen ringan. Humor dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)