Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Senin 27 Mei 2024, 09:53 WIB
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay

Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.

Saat ini begitu banyak kampus berdiri dengan beragam jurusan yang ditawarkan. Namun, justru karena terlalu banyak, malah terkadang membuat bingung untuk memastikan jurusan dan kampus yang sesuai dengan orientasi karir Anda di masa depan.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam proses ini:

A. Memilih Jurusan

1. Minat dan Bakat: Pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Pikirkan tentang apa yang Anda nikmati dan kuasai selama sekolah.

2. Tujuan Karier: Pertimbangkan jurusan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan karier jangka panjang. Teliti peluang pekerjaan dan prospek karier di bidang yang Anda minati.

3. Konsultasi: Bicarakan pilihan Anda dengan guru, konselor sekolah, dan profesional di bidang yang Anda minati untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas.

4. Kurva Pembelajaran: Evaluasi kurikulum jurusan yang Anda minati. Pastikan Anda siap dengan tantangan akademis yang ada.

5. Kesempatan Magang: Cari tahu apakah jurusan tersebut menawarkan kesempatan magang atau kerja praktik yang dapat memberikan pengalaman kerja nyata.

Baca Juga: Menggugat Kebijakan PTN BH: Mewujudkan Pendidikan Tinggi Terjangkau bagi Semua?

Baca Juga: Pertama di Sukabumi dan Cianjur, Galeri Investasi Syariah Resmi Dibuka di Kampus UMMI

B. Memilih Kampus

1. Akreditasi dan Reputasi: Pilih kampus yang memiliki akreditasi yang baik dan reputasi yang kuat dalam bidang studi yang Anda pilih.

2. Lokasi: Pertimbangkan lokasi kampus, apakah Anda ingin kuliah dekat dengan rumah atau di luar kota/provinsi/negara. Pertimbangkan juga biaya hidup di lokasi tersebut.

3. Fasilitas:Periksa fasilitas yang ditawarkan kampus, seperti perpustakaan, laboratorium, fasilitas olahraga, dan akomodasi.

4. Kehidupan Kampus:Pertimbangkan kehidupan sosial dan kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di kampus. Kampus yang memiliki berbagai kegiatan dapat membantu Anda mengembangkan diri di luar akademis.

5. Beasiswa dan Bantuan Keuangan:Cari tahu tentang beasiswa dan bantuan keuangan yang ditawarkan oleh kampus. Ini bisa membantu meringankan beban biaya kuliah.

6. Jaringan Alumni: Kampus dengan jaringan alumni yang kuat dapat membantu Anda dalam membangun koneksi profesional setelah lulus.

7. Kunjungan Kampus: Jika memungkinkan, kunjungi kampus untuk merasakan suasana dan lingkungan belajar secara langsung. Hal ini bisa membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Mengambil waktu untuk melakukan penelitian dan mempertimbangkan pilihan dengan cermat adalah kunci dalam memilih jurusan dan kampus yang tepat.

Semoga tips ini membantu Anda dalam membuat keputusan yang terbaik untuk masa depan Anda!

Penulis : Mulyawan Safwandy Nugraha / Pengamat dan Praktisi Pendidikan Tinggi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel15 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Tongseng Rendah Kolesterol, Cara Memasaknya Simpel Cuma 7 Langkah!

Dengan Resep Tongseng Rendah Kolesterol, penderita kolesterol tinggi bisa menikmati tongseng yang lezat dan gurih tanpa khawatir akan kenaikan kadar kolesterol. Selamat mencoba!
Tongseng Sapi (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan)