Bicara Gagasan di Kampus UGM: Anies Tampil Pertama, Disusul Ganjar dan Prabowo

Selasa 19 September 2023, 17:56 WIB
3 Bacapres bicara gagasan di UGM, Selasa (19/9/2023) | Foto : Capture youtube UGM

3 Bacapres bicara gagasan di UGM, Selasa (19/9/2023) | Foto : Capture youtube UGM

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga bakal calon presiden atau bacapres 2024 yang telah dideklarasikan koalisi partai politik akan bertemu di Universitas Gadjah Mada (UGM) hari ini, Selasa, 19 September 2023. Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto akan membagikan gagasannya di hadapan sivitas akademika UGM.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia dalam sambutannya yang ditayangkan secara live di youtube menyampaikan bahwa kegiatan "3 Bacapres Bicara Gagasan" ini dikemas dalam program kolaborasi UGM dengan Narasi Mata Najwa, ketiga bacapres akan berbincang bersama Najwa Shihab dan para panelis. 

"Kegiatan yang diselenggarakan di UGM ini merupakan bagian dari proses pendidikan politik yang sekaligus menjadi bagian dari perwujudan kontribusi kampus bagi proses pendewasaan dan penyelenggaran kualitas demokrasi," ujar Ova seperti dikutip sukabumiupdate.com, Selasa (19/9/2023). 

Baca Juga: DKUKM Fasilitasi Legalitas Usaha Bagi UKM di Sukabumi Expo 2023

Menurut Bu Rektor, untuk mewujudkan pemilu 2024 yang penuh nilai-nila kompetisi yang sehat dan adil, sarat etika politik, dan mengedepankan politik pragramatik, bukan sentimen politik identitas menjadi tanggung jawab kita semua; perguruan tinggi. penyelenggara pemilu, segenap aparatur negara terkait dan partai politik dan calon pemimpin dan juga segenap masyarakat. 

Dalam mendorong pemilu 2024 yang bermartabat, ujar Bu Rektor, UGM sebagai guru bangsa menyampaikan 5 pesan kebangsaan. "Menjaga Nilai-nilai kebangsaan,  Pentingnya kedaulatan dan ketahanan Indonesia di berbagai bidang, khususnya, pangan kesehatan dan energi, Strategi pembangunan ekonomi yang seimbang,  Pembangunan komprehensif dan mengakar kuat, dan Penguatan kepemimpinan Indonesia untuk isu-isu global," ungkapnya. 

Najwa Shihab dalam pembukanya menyebutkan agenda tersebut merupakan diskusi maha penting untuk mengenal lebih jauh mereka-mereka yang mengaku bisa menjadi memimpin negeri ini. 

Baca Juga: DPRD Sukabumi Sorot Program Pemkab yang Tidak Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat

"Setiap hari ini kita selalu disuguhkan dengan perbincangan elit terkait koalisi, kapan berbicara gagasan. Panggung di UGM ini spesial kita bicara gagasan bacapres," ucapnya.

Menurut Nana, panggilan akarab Najwa Shihab, karena tidak mudah mengumpulkan ketiga bacapres, maka acara tersebut dihadiri bergiliran ketiga bacapres dengan mengikuti abjad. 

"Urutan yang akan tampil sesuai urutan abjad, yang pertama Anies Baswedan, disusul Ganjar Pranowo dan ditutup Prabowo Subianto," imbuhnya. 

Saat berita ini diturunkan, bakal calon presiden yang mendapat bagian pertama tampil, yakni Anies Baswedan sudah menyampaikan gagasan-gagasannya tentang bagaimana Indonesia kedepan, jika ia terpilih menjadi Presiden RI. Berikutnya akan tampil Ganjar Pranowo dan terakhir Prabowo Subianto.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang