Menginspirasi, Pentalingual Pesantren Al Umanaa Sukabumi Dihadiri Ratusan Pelajar SD

Selasa 06 Desember 2022, 14:49 WIB
Tidak hanya menyelenggarakan perlombaan saja, Gema Al Umanaa menyuguhkan berbagai wahana demi menggelar edukasi para peserta. Wahana yang menarik, belajar menjadi menyenangkan

Tidak hanya menyelenggarakan perlombaan saja, Gema Al Umanaa menyuguhkan berbagai wahana demi menggelar edukasi para peserta. Wahana yang menarik, belajar menjadi menyenangkan

WARGANET - Karya - karya hebat pada setiap anak harus terintegrasikan dalam mewujudkan generasi yang lebih kuat untuk masa depan. Dalam hal ini, Pondok Pesantren Modern Al Umanaa menyelenggarakan Kompetisi Tingkat SD dengan wajah yang berbeda.

Perlombaan tingkat SD ini berbalut rangkaian acara edukasi yang menampilkan aksi karya anak anak hebat, juga menjadi wadah edukasi yang menyenangkan bagi mereka. [GEMA AL UMANAA] “Gelar Edukasi dan Aksi Al Umanaa” Itulah nama kompetisi ini disuarakan.

Menggemakan aksi berupa karya karya hebat yang ada pada diri setiap anak. Acara ini berlangsung pada Rabu, 30 November 2022, mengusung tema “Integrasi Karya Hebat untuk Generasi yang Lebih Kuat”. Nama acara ini, benar-benar bergema di berbagai wilayah yakni Sukabumi, Cianjur, Bogor bahkan memasuki kawasan Jakarta. Sehingga mampu mencapai 374 peserta dari 54 sekolah yang berpartisipasi dalam acara spektakuler ini.

Jenis-Jenis Perlombaan

Anak-anak SD dapat menyalurkan setiap potensinya dalam 4 rumpun dengan 14 cabang mata lomba. Rumpun Bahasa dengan lomba Menulis Cerpen, Mendongeng, Baca Puisi, dan Spelling Bee.

Rumpun Sains dengan lomba Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, dan Olimpiade Matematika. Rumpun Seni dengan lomba Gambar Bercerita, Menyanyi Islami. Kemudian Rumpun PAI dengan lomba LCC PAI, Da’i Cilik, MHQ Putra, MHQ Putri, Kaligrafi, Imla. Peserta lomba ialah siswa SD jenjang kelas 4 sampai dengan 6.

Wahana Edukasi

Tidak hanya menyelenggarakan perlombaan saja, Gema Al Umanaa menyuguhkan berbagai wahana demi menggelar edukasi para peserta. Wahana yang menarik, belajar menjadi menyenangkan.

Wahana tersebut meliputi Mini Agrowisata yang terdiri dari berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung, yakni terdiri dari 10 wahana berupa Ayam Mutiara, Ayam Kate, Ayam Kalkun, Ayam Kipas, Kura – Kura Sulcata, Ayam Brahma, Tanaman Stroberi, Hidroponik NFT dan DFT, Insektarium BSF, dan Green House Melon.

Perlombaan tingkat SD ini berbalut rangkaian acara edukasi yang menampilkan aksi karya anak anak hebat, juga menjadi wadah edukasi yang menyenangkan bagi mereka. [GEMA AL UMANAA] “Gelar Edukasi dan Aksi Al Umanaa” Itulah nama kompetisi ini disuarakan.Perlombaan tingkat SD ini berbalut rangkaian acara edukasi yang menampilkan aksi karya anak anak hebat, juga menjadi wadah edukasi yang menyenangkan bagi mereka. [GEMA AL UMANAA] “Gelar Edukasi dan Aksi Al Umanaa” Itulah nama kompetisi ini disuarakan.

Selain itu, terdapat Stand Sains Interaktif yang terdiri dari 7 stand yakni Buzz Wire Game (permainan listrik untuk melatih konsentrasi dan ketelitian), Eksperimen Kimia, Shoot The Target (Melatih ketelitian dan ketepatan), Sudoku (melatih logika dan matematika), Tetris “Problem Solving”, Memory Game (melatih daya ingat), Stand Pemilahan Sampah (bagaimana memilah sampah dengan baik). Tak hanya itu, para peserta juga dapat menjelajahi sudut prestasi Al Umanaa di Tunnel.

Prestasi bertujuan membangkitkan motivasi berprestasi dalam diri anak-anak. Pertunjukan Pentalingual Santri SMP & SMA Al Umanaa Boarding School Berkaitan dengan motivasi, saat Grand Opening dan Grand Closing. Gema Al Umanaa menampilkan Pertunjukan Pentalingual (Bahasa Arab, Inggris, Mandarin, Jerman dan Jepang) dari para santri kelas SMP & SMA Al Umanaa Boarding School.

Hal ini ditujukan untuk memicu siswa – siswi dalam pentingnya memiliki kemampuan berbagai bahasa. Dengan kegiatan Gema Al Umanaa ini, diharapkan siswa siswi dapat mengenali potensi yang dimilikinya untuk mengintegrasikan karya berupa prestasi demi mewujudkan generasi yang lebih kuat di masa mendatang.

Di samping acara yang spektakuler, ada satu hal yang menjadi perhatian utama dari para peserta dan tamu yang hadir dalam acara ini. Hal ini dirasakan sejak awal acara berlangsung hingga acara berakhir. “Hospitality” namanya.

Tanggapan yang diberikan dalam acara kompetisi ini berfokus pada kepuasan pelayanan Al Umanaa terhadap para pengunjung. Hal ini berdasar dari akhlakul karimah yang ditanamkan kepada para santri sedari berpondok di Al Umanaa, hingga pada akhirnya membentuk adab yang baik.

“Service yang memuaskan dan memuliakan tamu yang datang sungguh sangat baik.” Ucap Ibu Sri Purwaningsih, S.Pd., M.Pd, Ketua MGMP Bahasa Indonesia Wilayah Kabupaten Sukabumi yang diundang menjadi salah satu juri di mata lomba Gema Al Umanaa.

Hospitality dalam lingkup ini bukan sebagai sebuah bisnis, melainkan keramahtamahan menjadi modal utama yang Rasulullah ajarkan kepada umatnya untuk memuliakan tamu. Berkaitan dengan hal itu, Pondok Pesantren Modern Al Umanaa membuka kunjungan bagi para tamu setiap harinya.

Hal-hal yang berkaitan dengan Al Umanaa bisa ditanyakan melalui telepon 0813 – 1231 – 5943, atau berkunjung langsung ke Jl. Pelabuhan II Km. 10, Kp. Cikaret, RT 002/ RW 014, Kebonmanggu, Kec. Gunungguruh, Kab. Sukabumi 43156.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)